Dukung Pengembang Game Lokal, Mfun Tawarkan Platform Reward Blockchain

Dukung Pengembang Game Lokal, Mfun Tawarkan Platform Reward Blockchain Kredit Foto: Mfun

Mfun, platform rewards blockchain, memperkenalkan kehadirannya di Indonesia. Platform Mfun akan memberikan reward atau imbalan atas waktu dan uang yang telah dikeluarkan pengguna untuk aplikasi game. Mfun akan meluncurkan platformnya secara progresif mulai kuartal IV 2018.

Co-Founder Mfun, Brian Fan, mengatakan pengembang game lokal sering harus menghabiskan sebagian besar modalnya untuk beriklan di berbagai platform media sosial tanpa mendapatkan imbal balik yang menguntungkan. Akibatnya, mereka kesulitan untuk dapat mengembangkan game baru dan bersaing dengan pengembang dari luar negeri.

“Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara untuk usual gaming, dengan nilai bisnis mencapai US$500 juta dolar. Namun, pengembang game lokal saat ini baru mampu berkontribusi sebesar 1,8% terhadap total nilai bisnis di industri ini. Ini disebabkan oleh ekosistem yang belum optimal dalam mendukung mereka untuk berkembang," tutur Brian dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Oleh karena itu, lanjut Brian, Mfun hadir menawarkan platform yang memungkinkan pengembang memangkas pengeluaran untuk promosi dan biaya-biaya pihak ketiga yang tidak efektif dan mengalihkannya menjadi reward bagi pemain game.

Manajer Operasional Asosiasi Game Indonesia (AGI), Jan Faris Majd, mengakui tingginya biaya sering menjadi tantangan bagi pengembang lokal untuk dapat memperoleh keuntungan dan mengembangkan game baru. Padahal, dengan keberadaan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pasar gaming tercepat di dunia, dibutuhkan beragam upaya strategis untuk makin mendukung pertumbuhan industri game lokal serta memberikan dukungan optimal bagi lebih dari 1000 jumlah pengembang game di negeri ini.

Ia berharap, hadirnya platform reward system seperti Mfun akan menjadikan pengembang game lokal makin mampu memetik manfaat dari booming-nya industri game Indonesia sekaligus menjadikan mereka kian mampu bersaing dengan para pengembang global.

“Menjadikan pengembang lokal makin berdaya, kompetitif, dan berhasil mengembangkan bisnisnya tidak saja akan menguatkan ekosistem game di Indonesia, tetapi juga menjadi kunci penting dalam turut menguatkan ekonomi digital yang oleh Pemerintah Republik Indonesia akan dijadikan tumpuan utama perekonomian nasional. Untuk itu, kami mengapresiasi setiap komitmen dan upaya strategis yang dirancang untuk mewujudkan tujuan pemberdayaan ini,” ungkap Jan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini