Portal Berita Ekonomi Jum'at, 21 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:41 WIB. KAEF - Kimia Farma berencana mengembangkan kosmetik dekoratif.
  • 22:27 WIB. PNM - Kebutuhan pendanaan PNM membesar menjadi Rp 12 triliun pada 2019.
  • 22:16 WIB. PNM - PNM menerbitkan sukuk senilai Rp300 miliar.
  • 22:04 WIB. ACP - Adhi Commuter Properti meraih marketing sales Rp700 miliar hingga Mei 2019.
  • 21:52 WIB. AP II - AP II siap menyesuaikan biaya jasa bandara agar tiket pesawat turun.
  • 21:39 WIB. WSKT - Waskita bekerja sama dengan Hyundai menggarap pasar kontruksi Indonesia.
  • 21:25 WIB. BRI - BRI resmi menjadi penyedia layanan kartu kredit pemerintah.
  • 21:15 WIB. BRI - BRI membuka ruang untuk menurunkan SBDK konsumsi.
  • 21:05 WIB. BRI - BRI meraih pendapatan Rp41,6 miliar dari bisnis remitansi.
  • 20:53 WIB. Telkomsel - Telkomsel fokus di 4 pilar CSR untuk membangun Indonesia digital.
  • 20:35 WIB. WSKT - Waskita Karya Realty melebarkan sayap usahanya bidang perhotelan.
  • 19:32 WIB. PGN - PGN dan Krakatau Steel teken MoU pengembangan energi.
  • 19:22 WIB. PTPP - PT PP meneken nota kesepahaman dengan PT Hyundai Engineering & Construction.
  • 19:04 WIB. Pelindo III - Pelindo III segera menerapkan gate in online di pelabuhan Tanjung Perak.
  • 18:48 WIB. Pelindo III - Pelindo III tambah fasilitas shore connection di pelabuhan Tanjung Emas.

Milenial Jadi Pendorong Transformasi Sistem Pembayaran di Indonesia

Milenial Jadi Pendorong Transformasi Sistem Pembayaran di Indonesia - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perkembangan dan disrupsi teknologi yang terjadi secara cepat dan menyeluruh menyebabkan masyarakat memiliki ekspektasi yang tinggi akan layanan teknologi pembayaran digital yang nyaman dan aman. Karenanya, teknologi pembayaran digital saat ini semakin diarahkan untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih mulus bagi pengguna, khususnya generasi milenial yang ingin mencari dan memperoleh kepuasan secara instan. 

Setiap generasi memiliki dampak kuat pada masyarakat. Baby Boomer, misalnya, yang dikaitkan dengan bagaimana mereka mendefinisikan kembali nilai-nilai tradisional, dan Generasi X yang memulai era baru teknologi. Generasi milenial yang lahir dalam rentang tahun 1984-2000 tumbuh besar di era digital yang mengubah cara hidup dan berkomunikasi. Sebagai digital native, generasi milenial memiliki peran penting dalam menentukan masa depan teknologi, termasuk dalam hal pembayaran digital. 

CEO Dana, Vincent Iswara, mengungkapkan bahwa revolusi pembayaran digital sudah terlihat di berbagai negara, termasuk Asia yang diawali di China dan India. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi sebagai negara kunci di Asia yang mampu mengakselerasi pembayaran digital nontunai dan nonkartu.

"Dengan infrastruktur telekomunikasi yang semakin membaik dan harapan atas rampungnya proyek Palapa Ring maka tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak semakin efisien dan tidak memiliki angka inklusi finansial tinggi," ujar Vincent di Jakarta, Rabu (23/5/2018). 

Menurut Vincent, booming-nya sistem pembayaran digital di Indonesia karena negara ini sudah memiliki modal yang solid seperti China dan India. Dengan jumlah milenial yang mencapai lebih dari 90 juta atau 34,45% dari jumlah penduduk dan jumlah pengguna ponsel pintar yang mencapai lebih dari 100 juta, peningkatan tren pembayaran digital merupakan sebuah keniscayaan. 

Senada dengan Vincent, pakar pemasaran dan pengamat gaya hidup milenial, Yuswohady mengatakan bahwa aplikasi dompet digital dan sistem pembayaran digital sangat cocok dengan gaya hidup generasi milenial yang sangat mengutamakan kecepatan dan kenyamanan. Oleh karena itu, Yuswohady yakin aplikasi mobile wallet yang dapat memberikan kedua hal tersebut, ditambah dengan tingkat keamanan yang terjamin, pasti akan berhasil menarik minat pengguna dari kalangan milenial. 

"Milenial adalah konsumen yang paling haus akan pengalaman dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Bagi milenial, brand bukan menjadi faktor utama ketika memilih produk atau layanan. Rating dan rekomendasi serta benefit apa yang ditawarkan lebih menjadi preferensi mereka. Selain itu, generasi ini cenderung lebih menyukai berbagai brand lokal yang unik dan dan berbeda," ujar Yuswohady, menerangkan ciri-ciri dari generasi milenial dalam acara Buka Puasa Bersama DANA, Rabu (23/5/2018).

Yuswohady mengatakan, sebagai generasi yang melek teknologi dan tidak ingin ketinggalan, dengan hasrat untuk memiliki pengalaman yang baru dan menarik, mMilenial akan menjadi tonggak utama dari transformasi sistem pembayaran di Indonesia, yakni dari sistem pembayaran konvensional menuju sistem pembayaran digital. 

Tag: Generasi Milenial, Dompet Digital

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,814.89 3,776.33
British Pound GBP 1.00 18,144.14 17,956.97
China Yuan CNY 1.00 2,079.35 2,058.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,307.00 14,165.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,856.09 9,751.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,829.80 1,811.57
Dolar Singapura SGD 1.00 10,506.72 10,400.91
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,112.54 15,946.96
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,439.18 3,401.78
Yen Jepang JPY 100.00 13,277.96 13,142.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6335.698 -3.564 636
2 Agriculture 1412.814 5.106 21
3 Mining 1618.711 2.675 46
4 Basic Industry and Chemicals 770.641 11.276 71
5 Miscellanous Industry 1309.244 -10.662 47
6 Consumer Goods 2443.659 -20.168 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.736 6.765 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1196.374 -1.489 74
9 Finance 1290.556 -2.124 90
10 Trade & Service 804.307 -0.238 159
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 189 254 65 34.39
2 MTPS 1,010 1,260 250 24.75
3 SFAN 318 396 78 24.53
4 GLOB 258 318 60 23.26
5 SRAJ 222 270 48 21.62
6 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
7 SIMA 87 104 17 19.54
8 POLL 1,560 1,850 290 18.59
9 CNTX 490 580 90 18.37
10 SDMU 58 68 10 17.24
No Code Prev Close Change %
1 BRAM 12,500 10,000 -2,500 -20.00
2 NICK 274 230 -44 -16.06
3 PNSE 600 525 -75 -12.50
4 BOLA 422 376 -46 -10.90
5 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
6 SIPD 890 805 -85 -9.55
7 SSTM 400 362 -38 -9.50
8 ZONE 600 550 -50 -8.33
9 TFCO 510 470 -40 -7.84
10 MFMI 525 486 -39 -7.43
No Code Prev Close Change %
1 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
2 CSIS 97 103 6 6.19
3 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
4 BMTR 400 376 -24 -6.00
5 TKIM 11,075 12,725 1,650 14.90
6 BBRI 4,290 4,310 20 0.47
7 TLKM 4,100 4,040 -60 -1.46
8 BTPS 3,050 2,860 -190 -6.23
9 BBCA 29,700 29,550 -150 -0.51
10 APLN 234 226 -8 -3.42