Alibaba Kenalkan Mesin Pintar untuk Pesan di Kafe

Alibaba Kenalkan Mesin Pintar untuk Pesan di Kafe Kredit Foto: Reuters/Chance Chan

Alibaba Machine Intelligence Technologies memperkenalkan teknologi pintar speech interaction terbarunya yang ditargetkan untuk sistem “pemesanan pintar” di kafe dan restoran.

Head of Intelligent Speech Interaction di Alibaba Machine Intelligence Technologies, Zhijie Yan, menuturkan solusi speech interaction multimodal ini didukung oleh kemampuan untuk memahami bahasa lisan. Solusi ini dapat digunakan di berbagai skenario, termasuk pemesanan makanan dan minuman, pelayanan konsumen, perintah suara untuk perangkat rumah dan mobil pintar, dan dapat menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio.

“Dengan mesin pemesan pintar sebagai contoh proyek, kami percaya solusi ini dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan membantu pengusaha mengelola bisnis dengan lebih efisien,” ujar Yan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Dengan teknologi ini, pelanggan dapat memesan kopi sesuai dengan selera hanya dengan berbicara kepada mesin pemesan pintar. Mesin tersebut akan memproses pesanan pelanggan dan menampilkan pesanan mereka di layar dalam hitungan detik. Pelanggan dapat mengubah pesanan mereka sebanyak yang mereka mau dan mesin akan menerima seluruh perubahan lalu memperbarui pesanan mereka.

Berikut adalah contoh pesanan yang disampaikan pelanggan, “Saya mau memesan dua gelas cappuccino ukuran besar. Oh, tolong kurangi gulanya dan tanpa kafein. Saya mau kopinya untuk dibawa pulang. Maaf, seharusnya tiga gelas cappuccino, dua ukuran besar dan satu ukuran kecil.” Mesin pemesan pintar tersebut akan menampilkan pesanan terbaru dengan keterangan lengkap yaitu dua gelas besar dan satu gelas kecil cappuccino tanpa kafein, semua dengan gula sedikit, dan untuk dibawa pulang.

Pemesanan pintar dapat terwujud berkat riset terbaru mengenai pemahaman bahasa lisan, sebuah bidang penelitian yang melibatkan pemrosesan ucapan dan pemrosesan bahasa alami. Pertama, tim riset mengembangkan solusi interaksi bicara multimodal yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah.

Kemudian, tim membangun model pembelajaran yang disempurnakan, yang mampu merevisi dan mendeteksi maksud dari kalimat yang diucapkan. Seluruh aspek ini sangat penting di bidang pemahaman bahasa lisan sehingga penerapan teknologi ini dapat diaplikasikan pada kebutuhan pemasaran.

Mesin pemesan pintar diharapkan akan beroperasi di pasaran dalam beberapa bulan ke depan. Solusi ini akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Solusi ini untuk sementara hanya tersedia untuk konsumen berbahasa Mandarin.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini