Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Penjualan Produk Lewat Inovasi

Tingkatkan Penjualan Produk Lewat Inovasi Kredit Foto: Tras n Co Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Inovasi menjadi hal penting dalam sebuah produk. Inovasi akan membedakan antara leading atau pemimpin pasar dengan pengikut. Dengan inovasi sebuah merek akan lebih dapat diterima oleh pasar dan menangkap pasar dengan lebih mudah.

Founder dan Chairman Tras n Co Indonesia Tri Raharjo mengatakan, penghargaan yang telah digelar ke empat kali itu, setiap tahun akan menghasilkan pemenang yang berbeda dari inovasi-inovasi terbaru yang ditemukan sebuah brand. Dalam penghargaan kali ini, ada 100 brand, yang kemudian terseleksi 50 brand dan 11 brand join dalam penghargaan tersebut. 

Adapun metode survei yang dilakukan untuk memastikan inovasi yang dilakukan adalah yang pertama meliputi tiga aspek. Pertama The First Aspect, memenuhi untuk pertama di Indonesia minimal 1 tahun. Kedua Evidence Aspect, perusahaan mampu membuktikan bahwa inovasinya merupakan yang pertama, dapat dibuktikan dalam pemberitaan. Dan ketiga Validation Aspect, perusahaan menandatangani surat validation data atau disclaimer sebagai Pertama di Indonesia. 

Beberapa contoh inovasi Pertama di Indonesia yang memperoleh penghargaan tersebut antara lain, AQUA Japan (Kategori Mesin Cuci Khusus Hijab Pertama Di Indonesia). BTN (Kategori Ajang Kompetisi mortgage technology untuk KPR pertama di Indonesia). Mustika Ratu Beauty Queen (Kategori Inovasi make up series dengan brand Mustika Ratu Beauty Queen yang mengandung ekstrak (minyak) biji kelor (Moringa Seed Extract). Ammana.id (Kategori Fintech lending berbasis syariah pertama di Indonesia). Solusi Martha Tilaar (Kategori Rangkaian Produk Organic Skin Care Pertama Di Indonesia). 

Kemudian, Gery Saluut Malkist Matcha (Kategori Biskuit Malkist Matcha Pertama Di Indonesia). SANKEN (Kategori Dispenser Dua Galon Pertama Di Indonesia). CLEO (Kategori Galon Pertama Di Indonesia Yang Menggunakan Handle Serta Bebas Bisphenol-A (BPA Free) Dan Air Minumm Kemasan Botol Smart 220ml. Botol Kemasan Terkecil Dan Teringan Pertama Di Indonesia). KALSI JOINT COMPOUND (Kategori Kompon Fibersemen Anti Retak Pertama Di Indonesia). BLINK CHARM (Kategori Inovasi Precise Handmade Knitting Technology Pertama Di Indonesia Untuk Bulu Mata Bawah). Richoco Nabati Combo (Kategori Wafer Cokelat dan Serbuk Minuman Cokelat dalam satu kemasan Pertama Di Indonesia).

Tri Raharjo menambahkan, contoh keberhasilan yang dicapai dari inovasi Pertama di Indonesia, sebuah produk menjadi lebih positif direspon oleh pasar. Bagi perusahaan dengan produk atau jasa untuk perusahaan B2B langsung mendapat konsumen lebih banyak. Dan ada pula perusahaan yang tumbuh semakin besar dengan karyawan yang semakin banyak, hingga tumbuh di beberapa kota. 

“Melalui penghargaan seperti ini inovasi mereka dikampanyekan dan dipublikasikan, calon customer menjadi lebih percaya, sehingga penetrasi produk,” ujar Tri Raharjo dalam kesempatan pemeberian penghargaan Pertama di Indonesia yang digelar di Jakarta Rabu (30/5/2018). Penghargaan Pertama di Indonesia adalah sebuah penghargaan terhadap produk-produk yang berhasil

Itulah pentingnya inovasi. Tri Raharjo juga berpesan, dalam melakukan inovasi perusahaan sebaiknya melakukan riset agar dapat diterima oleh pasar. Tiga hal penting sebelum melakukan inovasi adalah, sesuai dengan kebutuhan pasar, bisa mendorong tingkat penjualan, dan menjadi competitive advantage dari sebuah merek akan produknya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: