GPEI Luncurkan Kontainer Halal, Wagub Sumut: Ini Peluang Besar

GPEI Luncurkan Kontainer Halal, Wagub Sumut: Ini Peluang Besar Kredit Foto: Khairunnisak Lubis

Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara (Sumut) dalam waktu dekat segera meluncurkan kontainer halal. Hal ini dilakukan agar produk produk terjamin dengan adanya kontainer halal dalam menembus pasar dunia. 

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah menilai bahwa produk halal memiliki peluang pasar yang sangat besar seiring dengan bertambahnya populasi umat Islam di dunia. Untuk menjamin kualitas dan daya saing produk halal di pasar global, kontainer merupakan salah satu logistik penting yang harus diperhatikan.

“Produk halal itu maksudnya proses pengelolaan produk dan aliran material di seluruh rantai pasok sesuai dengan standar halal. Termasuk memastikan kontainer yang membawa produk tersebut halal, artinya tidak terkontaminasi dengan produk atau material lain yang non halal, ” katanya, Jumat (1/6/2018). 

Selain itu, menurutnya, bahwa kontainer yang sudah bersertifikasi halal akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengkonsumsi produk halal. Selain daya beli yang juga menentukan, juga dapat memberikan pelayanan total yang menjadi kebutuhan konsumen muslim sesuai aturan Islam juga tidak boleh diabaikan.

Nurhajizah mengapresiasi GPEI Sumut atas inisiatifnya dalam meluncurkan kontainer halal tersebut.

“Saya berharap hal ini semakin dibahas mendalam dan universal cara-cara yang lebih baik dalam menyusun standar untuk menghasilkan produk-produk yang halal, sekaligus juga membahas bagaimana standar itu diterapkan tanpa memberatkan konsumen,” katanya.

Wagubsu juga mengimbau kepada para pengusaha ekspor untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumut memasarkan produk-produk lokal ke pasar global. Menurutnya, banyak produk-produk UKM lokal Sumut yang unggul, hanya saja pelaku-pelaku UKM masih perlu dibimbing untuk melakukan sertifikasi halal. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini