Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo I Matangkan Persiapan di Pelabuhan Jelang Mudik Lebaran

Pelindo I Matangkan Persiapan di Pelabuhan Jelang Mudik Lebaran Kredit Foto: Antara/Septianda Perdana
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I telah melakukan berbagai macam persiapan guna memperlancar angkutan Lebaran 2018. 

Pelindo I melakukan pemantauan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang meliputi Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang memastikan siap melayani angkutan Lebaran. 

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami, menerangkan bahwa Pelindo I terus berupaya meningkatkan kesiapan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik. 

Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera ini mampu menampung 2.500 orang, dilengkapi dua unit garbarata yang memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya. 

Menurut hasil monitoring angkutan Lebaran 2017, Pelabuhan Belawan mengalami peningkatan yaitu 3,4% mencapai 34.216 penumpang naik dan turun jika dibandingkan pada Lebaran 2016 yang tercatat 33.036 penumpang.

"Terminal penumpang ini dilengkapi dengan alat dan fasilitas pelengkap seperti tanda bahaya (alarm), alat pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung), serta fasilitas automatic gate untuk menunjang faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang selama berada di terminal penumpang," jelas Fiona dalam keterangan yang diterima, Rabu (6/6/2018).

Selain Pelabuhan Belawan, Pelindo I juga telah melakukan pembenahan terminal penumpang di Terminal Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang yang merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia yang kini telah dilengkapi dengan layanan e-berthing atau layanan tambatan kapal secara online yang memudahkan dalam permintaan pelayanan tambatan kapal, Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Sibolga. 

Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen Pelindo I untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan laut.

Mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan barang di pelabuhan, Pelindo I telah mempersiapkan fasilitas pelabuhan di antaranya kesiapan dermaga, sistem dan prosedur pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan, serta kesiapan informasi dan teknologi (IT). 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: