Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sediakan Informasi Mudik dalam Format Digital, XL Gandeng Kemenhub

Sediakan Informasi Mudik dalam Format Digital, XL Gandeng Kemenhub Kredit Foto: XL Axiata
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus berupaya untuk meningkatkan layanannya kepada pelanggan. Kali ini XL menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lain, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Korlantas Polri.  

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan bahwa ide kerja sama ini berangkat dari kenyataan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet. Sementara itu, hingga tahun lalu, informasi seputar mudik masih banyak yang disebarkan melalui materi tercetak, berupa brosur maupun peta perjalanan. 

"Kami di XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah untuk mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan. Dengan senang hati akan membantu pemerintah dalam hal ini, apalagi semakin meluas penggunaan sarana digital untuk mengakses informasi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan, di tahun-tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dituangkan dalam bentuk hardcopy atau dalam kertas tercetak. Termasuk di antaranya peta mudik yang dibagikan kepada masyarakat. Untuk itu, Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik, di mana cakupan informasi bisa lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja. 

"Kami menilai, dalam hal ini XL Axiata memiliki kelebihan dan kemampuan untuk menyediakan dukungan berupa informasi digital sesuai dengan yang kami harapkan," jelasnya. 

Budi juga menambahkan bahwa proses digitalisasi informasi seputar mudik Lebaran 2018 ini merupakan inovasi bagi Pemerintah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung. Informasi dalam bentuk digital dan bisa diakses melalui smartphone diharapkan bisa menyajikan informasi yang lebih mudah dipahami bagi masyarakat pada umumnya, khusus pelanggan XL Axiata.  

Informasi seputar mudik yang tersebut antara lain meliputi informasi mengenai call center dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi pemudik terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, serta posko kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub. 

Selain itu, juga ada informasi mengenai persiapan sebelum melakukan perjalalan mudik, seperti seputar kesehatan sebelum dan selama mudik, imbauan menyiapkan e-money atau uang elektronik, hingga informasi mengenai objek wisata di sepanjang jalur mudik. 

Yessie menerangkan bahwa pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik tersebut melalui sejumlah layanan digital yang tersedia antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan. Dengan demikian, informasinya akan menjadi lebih efektif. Informasi mudik juga bisa pelanggan akses melalui website www.sisternet.co.id yang menjadi saluran komunitas perempuan binaan program Sisternet XL Axiata. 

"Lalu, bisa diakses melalui saluran MyXL yang merupakan akses layanan digital XL Axiata bagi semua pelanggan. Pelanggan XL Axiata mulai bisa mendapatkan informasi seputar mudik ini antara H-10 hingga H+10 lebaran," ucapnya. 

Masih seputar mudik, XL Axiata juga bekerja sama dengan kepolisian dan instansi terkait di sejumlah daerah yang dilintasi arus utama mudik di Jawa. Salah satunya adalah kerja sama dengan Polres Indramayu, Jawa Barat, dalam menyediakan papan-papan dan baliho penunjuk arah.

"Tidak kurang dari 44 papan penunjuk arah dan beberapa baliho besar bantuan dari XL Axiata telah mulai dipasang di sepanjang jalur Pantura yang menjangkau  17 kecamatan dari mulai perbatasan Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, sampai perbatasan Kabupaten Cirebon. Juga terpasang di jalan menuju Bandara Kertajati dari Kabupaten Indramayu, dan arah tol Cipali dari Kabupaten Indramayu. Pemasangan ditargetkan akan selesai H-10 sebelum hari raya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: