Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pekan Mudik Lebaran, Angkasa Pura Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

Pekan Mudik Lebaran, Angkasa Pura Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I dan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II diminta terus berupaya memberikan pelayanan ekstra selama masa angkutan Lebaran 2018. 

Lonjakan jumlah penumpang yang signifikan harus selalu diimbangi dengan performa pelayanan yang lebih dari biasanya sehingga suasana aman, nyaman, dan lancar bisa dirasakan oleh para pemudik.

Tercatat, hingga hari ketiga masa angkutan Lebaran 2018 atau H-6 jelang Idul Fitri, AP telah melayani hampir dua juta penumpang, dengan rincian 867.660 penumpang terlayani pada 13 bandara yang dikelola AP I (naik 5,18% dibanding 2017) dan 1.036.166 penumpang terlayani di 15 bandara AP II (naik 14,5% dibanding 2017).

Pertumbuhan penumpang dengan persentase tertinggi di bandara kelolaan AP I adalah Bandara Frans Kaisiepo Biak sebesar 41%, diikuti oleh Bandara Ahmad Yani Semarang (27%), Bandara Adi Soemarmo Surakarta (23,7%), Bandara Adisutjipto Yogyakarta (18%), dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (13,7%).

Sementara di bandara kelolaan AP II ada Bandara Banyuwangi yang tumbuh 133,5%, diikuti oleh Bandara Silangit (39,5%), Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang (23,8%), Bandara Internasional Minangkabau Padang (20,4%), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (18,5%). 

"Sebagai BUMN yang menjadi operator layanan bandara dan telah berpengalaman, Angkasa Pura tentu sudah memiliki strategi dalam mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran. Diharapkan persiapan tersebut bisa memberi pelayanan yang baik bagi para penumpang pesawat," ujar Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo.

Sebagai upaya antisipatif, AP I telah melakukan penambahan kapasitas terminal penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Bandara Ahmad Yani Semarang, serta penambahan kapasitas parkir pesawat di apron timur (parking stand) Bandara Ngurah Rai Bali.

Adapun, penerapan Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar oleh AP I serta di Bandara Soekarno-Hatta oleh AP II. Tak hanya itu, AP I dan AP II pun telah melakukan penambahan tenaga pengamanan, tambahan fasilitas self check-in kiosk dan mobile assistance check-in hingga pemberian insentif kepada maskapai penerbangan.

Lonjakan penumpang akan terus berlanjut hingga menjelang hari H Lebaran atau tanggal 15 Juni 2018. "Untuk itu, Kementerian BUMN akan terus menyoroti dan berkoordinasi dengan Angkasa Pura guna memastikan lancarnya pelayanan angkutan Lebaran 2018," pungkas Gatot.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: