Portal Berita Ekonomi Jum'at, 16 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:06 WIB. PLN - PLN menyatakan sistem kelistrikan di Sulbagsel berangsur pulih.
  • 14:48 WIB. Saham - Hari pertama perdagangan, saham POLA terangkat naik 68,88% ke level Rp228. 
  • 14:45 WIB. IHSG - Sejak perdagangan sesi II, IHSG menghijau 1,10% ke level Rp6.021.33.
  • 14:45 WIB. IPO - BEI optimis tahun ini ada 65 perusahaan lakukan IPO. 
  • 14:14 WIB. Sandiaga - Kita berencana mendapatkan donatur untuk dana kampanye.
  • 14:14 WIB. Sandiaga - Akan ada revisi kebutuhan dana kampanye.
  • 14:13 WIB. Sandiaga - Sekitar 2-3 bulan ini, hampir Rp30 habis terpakai kampanye.
  • 14:11 WIB. Sandiaga - Formula dipakai agar bukan Gerindra saja  yang diuntungkan, tapi partai pendukung lain.
  • 14:11 WIB. Sandiaga - Kita sudah menemukan formula untuk kampanye bersama Demokrat.
  • 14:10 WIB. Sandiaga - Kritik SBY ke Prabowo adalah masukan kami.
  • 14:08 WIB. Arief Puyono - AHY dapat diproyeksikan untuk 2024 jika Prabowo-Sandi terpilih.
  • 14:08 WIB. Arief Puyono - Jika Prabowo terpilih, AHY bakal disiapkan untuk posisi menteri.
  • 14:07 WIB. Arief Puyono - Tak apa-apa jika kader Demokrat mendukung kubu sebelah.
  • 14:07 WIB. Arief Puyono - Seharusnya partai koalisi kampanyekan capres yang didukung.
  • 14:06 WIB. Arief Puyono - Kalau SBY  tak mau kampanye, jangan bicara aneh.

Contraflow Rekayasa Instan Namun Berisiko

Foto Berita Contraflow Rekayasa Instan Namun Berisiko
Warta Ekonomi.co.id, Bekasi -

Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi, Harun Al Rasyid, menilai kebijakan lawan arah atau contraflow dan satu jalur atau one way di Tol Jakarta-Cikampek adalah rekayasa lalu lintas yang instan namun berisiko tinggi.

"Selama arus balik dan arus mudik tahun ini, Jasa Marga sering kali melakukan rekayasa lalin contraflow maupun one way sebagai cara instan mengurai kemacetan tol. Namun, perlu diingat bahwa upaya tersebut selain memiliki manfaat juga ada risikonya bagi pengendara," katanya di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Menurut Harun, dua jenis rekayasan lalin tersebut saat ini tengah menjadi andalan para operator lalu lintas tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, namun juga kota kecil di Jawa karena hasilnya yang bersifat instan.

"Sekarang ini Jakarta sampai Surabaya sama-sama menggunakan contraflow dan one way. Kota kecil di Jawa juga sudah diberlakukan," katanya.

Kedua rekayasa lalin tersebut sama-sama memiliki risiko bila dalam implementasinya tidak dilakukan secara seksama dan matang. Harun mencontohkan contraflow adalah rekayasa lalin yang paling berisiko tinggi sebab pengendara akan digiring masuk ke jalur lawan arah pada lajur cepat dengan pembatas hanya berupa kerucut lalu lintas yang dipasang berjajar di sepanjang lintasannya.

"Kecepatan rata-rata kendaraan pada jalur contraflow sekitar 80 kilometer per jam lebih sangat berbahaya bila terjadi benturan dengan kendaraan dari arah berlawanan yang juga memiliki kecepatan tinggi," katanya.

Menurut Harun, kebijakan itu akan sangat berisiko kalau penempatan rambu maupun petugas siaganya kurang dari standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Akademisi Universitas Islam 45 Bekasi itu juga menilai rekayasa lalin one way yang sudah berulang kali dilaksanakan di Tol Jakarta Cikampek selama musim mudik dan arus balik juga memiliki risiko lain.

"Imbas dari pemberlakuan one way itu adalah pengalihan akses masuk tol menuju jalan arteri dalam kota sehingga dampaknya memicu kemacetan parah di dalam kota," katanya.

Harun mengatakan pemberlakuan dua skema rekayasa lalin tersebut mengindikasikan bahwa badan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebenarnya sudah tidak bisa lagi menampung volume kendaraan pemudik maupun arus balik.

"Volume kendaraan saat ini semakin tinggi. Kapasitas jalan tidak sebanding dengan jumlah kendaraan, sehingga diambil kebijakan ini. Justru tahun ini kita belajar dari situasi tahun lalu, sehingga relatif arus mudik kali ini lebih lancar dibandingkan tahun lalu," katanya.

Namun demikian, Harun optimistis aktivitas mudik Lebaran pada 2019 akan semakin lebih baik menyusul selesainya sejumlah pengerjaan proyek infrastruktur seperti Jakarta Elevated, kereta cepat Jakarta-Bandung dan Light Rail Transit (LRT).

"Kebijakan jangka panjangnya akan ada Elevated, LRT dan kereta cepat. Mudah-mudahan bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik di jalanan mulai tahun depan," katanya.

Tag: Contraflow

Penulis: Redaksi/Ant

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5955.736 97.443 615
2 Agriculture 1423.963 12.836 20
3 Mining 1853.228 -3.981 47
4 Basic Industry and Chemicals 779.183 6.043 71
5 Miscellanous Industry 1415.509 50.792 45
6 Consumer Goods 2347.142 47.921 49
7 Cons., Property & Real Estate 416.915 6.341 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1070.072 28.920 71
9 Finance 1123.151 17.207 90
10 Trade & Service 806.748 7.155 150
No Code Prev Close Change %
1 SURE 1,885 2,350 465 24.67
2 KPAS 470 585 115 24.47
3 GIAA 200 238 38 19.00
4 HDTX 166 197 31 18.67
5 RODA 330 390 60 18.18
6 YPAS 595 690 95 15.97
7 GLOB 178 204 26 14.61
8 NUSA 222 254 32 14.41
9 LION 600 680 80 13.33
10 CTTH 98 110 12 12.24
No Code Prev Close Change %
1 AKSI 300 254 -46 -15.33
2 APEX 1,730 1,520 -210 -12.14
3 LPLI 116 102 -14 -12.07
4 UNIC 3,890 3,520 -370 -9.51
5 PRIM 935 855 -80 -8.56
6 KONI 156 143 -13 -8.33
7 LCKM 326 300 -26 -7.98
8 BMSR 155 144 -11 -7.10
9 ALMI 344 320 -24 -6.98
10 MTSM 136 127 -9 -6.62
No Code Prev Close Change %
1 LPPS 108 103 -5 -4.63
2 PTBA 4,880 4,700 -180 -3.69
3 KPAS 470 585 115 24.47
4 DEAL 352 352 0 0.00
5 TKIM 12,325 12,050 -275 -2.23
6 WSKT 1,420 1,500 80 5.63
7 TLKM 3,750 3,910 160 4.27
8 ASII 8,175 8,525 350 4.28
9 BBRI 3,350 3,410 60 1.79
10 SMGR 10,000 10,300 300 3.00