Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AirNav Gelar Java Baloon Festival 2018

AirNav Gelar Java Baloon Festival 2018 Kredit Foto: AirNav
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia melangsungkan page festival balon udara tambat di Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk "Java Baloon Festival Pekalongan 2018" pada Kamis-Jumat (21-22/6/2018).

Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto, menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan festival ini untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dan menjadikan tradisi masyarakat sebagai ajang festival pariwisata. 

"Kami melihat Java Baloon Festival Pekalongan 2018 sangat atraktif untuk pariwisata. Oleh karena itu, AirNav sangat mendukung acara ini agar dapat menjadi festival tahunan," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (22/6/2018).

Penyelenggaraan festival balon udara tambat, lanjut Novie, merupakan upaya menjaga keselamatan penerbangan yang mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pada Kegiatan Budaya Masyarakat.

Pelepasan balon udara tradisional yang tidak ditambatkan memang membahayakan keselamatan penerbangan. Pasalnya, balon udara tanpa awak dapat bertabrakan dengan pesawat udara dan mengakibatkan terganggunya fungsi primary flight control surfaces, ailerons, elevator, serta rudder pesawat. 

Hal tersebut dapat mengganggu fungsi aerodinamika dan kemudi pesawat. Selain itu, tabrakan dengan balon udara juga mengakibatkan kerusakan serius pada mesin pesawat.

Sebelum puncak acara pada Jumat (22/6/2018), AirNav sudah melakukan uji coba penerbangan balon tradisional dengan sistem tambat pada Selasa (5/6/2018). Bersama perwakilan masyarakat Pekalongan, panitia menerbangkan tiga balon udara dengan tambatan tali sepanjang 15 meter.

Selain itu, Novie menambahkan, untuk meningkatkan animo peserta dalam mengeluarkan kreativitas dan kemampuan terbaik, AirNav Indonesia telah menyiapkan hadiah menarik seperti uang tunai Rp70 juta, paket umroh, tiket pesawat, dan beragam doorprize

Acara Java Baloon Festival Pekalongan 2018 digelar di dua lokasi. Perlombaan dilangsungkan di Lapangan Kuripan Lor, Pekalongan, Jawa Tengah, yang diikuti oleh 36 tim. Sementara puncak acara dengan panggung hiburan diselenggarakan di Lapangan Jatayu, Pekalongan, Jawa Tengah.

Di samping kegiatan festival balon, rangkaian kegiatan lain adalah kegiatan pembinaan lingkungan atau CSR Perusahaan berupa distribusi dua ribu paket sembako. Selain itu, AirNav menyumbang karpet sholat dan jam dinding ke beberapa dusun di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, Pekalongan Selatan, Pekalongan Barat, dan Pekalongan Timur. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: