Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Jamin Tol dari Merak-Banyuwangi Selesai Akhir 2019

Jokowi Jamin Tol dari Merak-Banyuwangi Selesai Akhir 2019 Kredit Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Warta Ekonomi, Pasuruan -

Presiden Joko Widodo optimistis pembangunan jalan tol dari Merak, Banten, menuju Banyuwangi, Jawa Timur, akan selesai pada akhir 2019.

"Dengan adanya jalan tol, maka mobilitas orang dan barang, distribusi logistik, kemudian biaya logistik akan lebih murah dan cepat," katanya usai peresmian Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 20,5 kilometer, Jumat (22/6/2018).

Jokowi menegaskan pemerintah telah menyelesaikan secara bertahap atau satu per satu pembangunan jalan tol.

"Jalan tol sangat krusial bagi pertumbuhan ekonomi karena dapat mempercepat arus distribusi barang dan jasa," kata Presiden lagi.

Dalam peresmian itu, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hery Trisaputra Zuna, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.

Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut berperan dalam pembangunan jalan tol tersebut karena tergabung dalam sindikasi lembaga keuangan pemberi kredit pembangunan Proyek Jalan Tol Ruas Gempol-Pasuruan yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) atau dalam hal ini PT Transmarga Jatim Pasuruan (TJP).

Porsi BNI dalam pembiayaan sindikasi tersebut adalah sebesar Rp894 miliar atau setara 31,7 persen dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp2,82 triliun Pembiayaan sindikasi oleh BNI dan bank lain menutup sebagian dari kebutuhan pembiayaan proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang totalnya mencapai Rp4,03 triliun.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: