Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenperin Bidik 100 Perusahaan Raih 'Industri Hijau' pada 2018

Kemenperin Bidik 100 Perusahaan Raih 'Industri Hijau' pada 2018 Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perindustrian menargetkan 100 perusahaan mendapatkan penghargaan industri hijau pada 2018, yang pendaftarannya dilakukan secara sukarela.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau dan Lingkungan Hidup Kementerian Perindustrian, Teddy Caster Sianturi, menuturkan, saat ini sudah ada 50 industri yang mendaftar secara sukarela.

"Kami berharap ada hingga 100 tahun ini," kata Caster di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Setiap tahun, Kemenperin menyerahkan Penghargaan Industri Hijau 2017 kepada industri sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap manufaktur dalam negeri yang menerapkan prinsip industri hijau dalam proses produksinya.

Menurut Teddy, perusahaan yang telah mendaftarkan diri secara sukarela akan menjalani proses verifikasi dan peninjauan tentang berbagai data yang telah disampaikan.

"Nanti, kita lihat datanya. Kita cocokan dengan kondisi industri yang ada," ungkapnya.

Penerapan konsep industri hijau diyakini mampu mendorong perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi.

Pada 2017, ajang industri hijau diikuti 133 perusahaan yang terdiri atas 118 industri skala besar, 14 industri skala menengah, dan satu industri skala kecil.

Penghargaan tersebut diberikan kepada peserta dari berbagai sektor, antara lain industri gula, herbisida dan pestisida, otomotif, semen, baja, tekstil, pakaian jadi, crumb rubber, makanan dan minuman, pulp dan kertas, keramik, petrokimia, pupuk, crude palm oil (CPO), alas kaki, elektronika, penyamakan kulit, resin dan deterjen.

Adapun aspek-aspek penilaian terdiri atas proses produksi yang memiliki bobot terbesar 70%, kinerja pengelolaaan limbah atau emisi sekitar 20%, dan manajemen perusahaan 10%.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: