Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soca Media Bidik Pelaku Industri Kreatif

Soca Media Bidik Pelaku Industri Kreatif Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Banda Aceh -

Keberadaan website socamedia.id sejak Januari 2018 memang terbilang baru. Situs edukasi bisnis ini memfokuskan pembaca bagi para pelaku industri kreatif.

Co-Founder Soca Media, Fina Silmi Febriani mengatakan situs tersebut baru bisa diakses pada April 2018.  namun jumlah pembacanya sudah mencapai 9.000 orang per bulan dengan rerata usia 25-30 tahun. 

"Kita belum mempromosikan keberadaan medianya karena konten yang terdapat di dalam website tersebut masih minim tapi jumlah pembacanya sudah lumayan," jelasnya kepada Warta Ekonomi di Bandung, Sabtu (30/6/2018).

Salah satu promosi Soca Media adalah hanya dengan menggunakan media sosial Instagram. Ia menambahkan untuk promosi secara besar-besaran akan dilakukan jika dalam website tersebut sudah ada 100 konten yang memfokuskan pada bisnis industri kreatif nasional.

Dalam mengahadapi persaingan bisnis, Soca Media meyakini bahwa pada dasarnya para pembaca menginginkan konten yang berkualitas. Oleh karena itu, sebelum menampilkasn sebuah informasi Soca Media selalu melakukan riset kepada para pembaca terhadap konten yang akan disajikan.

"Kita punya satu departemen riset sendiri. Jadi yang harus kita buat dan tampilkan adalah konten yang dibutuhkan oleh target pembaca kita," ujarnya.

Alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB ini mengungkapkan target pendapatan Soca Media tidak dari iklan. Jadi para pembaca Soca Media terutama para pelaku industri kreatif ini memiliki dana yang besar untuk membeli informasi edukasi bisnis yang berkualias sehingga ke depannya jika jumlah pembaca Soca Media sudah banyak akan dikenakan biaya tertentu dalam mengakses konten. 

"Rerata mereka menyiapkan dana Rp500 ribu-Rp7 juta per bulan, hanya untuk mendapatkan informasi edukasi yang berkualitas," ucapnya.

Bagi generasi muda, ia berpesan tidak memaksakan untuk terjun di dunia bisnis. Pada umumnya, ada yang memulai bisnis sebelumnya bekerja dulu di perusahaan setelah mendapatkan ilmu yang cukup maka terjun ke dunia bisnis. Hal itu pula yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

"Minat orang kan beda-beda. Yang terpenting geluti bidang apapun sesuai passionnya. Kalau kita sudah menemukan itu, tinggal konsisten dan disiplin maka kemukinan kesuksesan akan terbuka lebar," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: