Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia: Kreator Lokal Masih Berpeluang Besar untuk Kembangkan Bisnis

Tokopedia: Kreator Lokal Masih Berpeluang Besar untuk Kembangkan Bisnis Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berdasarkan data Tokopedia, pertumbuhan seller di Jakarta dan sekitarnya mencapai lebih dari 100% dibandingkan dengan tahun lalu. Produk kreatif seperti pakaian olahraga, mainan anak, dan peralatan rumah tangga masih menjadi produk yang paling banyak dijual dan dicari di Jakarta.

Data tersebut memperlihatkan bahwa masih terdapat peluang besar bagi kreator Jakarta untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform penjualan online dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sendiri memiliki peranan strategis sebagai penggerak perekonomian masyarakat Indonesia. Upaya-upaya dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi para pelaku UMKM pun terus digalakkan pemerintah. Namun, kompleksitas pengembangan UMKM Indonesia tidak dapat menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan perlu dukungan dari berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai ibu kota negara dengan pergerakan aktivitas perekonomian yang tinggi, Jakarta menawarkan peluang usaha yang sangat besar bagi kreator lokal. Perdagangan besar dan eceran merupakan sektor terbesar dalam perekonomian, mencapai 453.812 atau 36,73% dari total usaha yang ada di Jakarta (Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik, 2016).

Salah satu kolaborator dalam acara MakerFest 2018 yang digelar hari ini hingga besok, Minggu (8/7/2018), di Bintaro Jaya Exchange, yaitu owner NoonaKu Signature, Florentia Jeanne, mengatakan, jatuh bangun tentu dirasakan dalam merintis bisnis.

"Apalagi, dulu jual beli online masih dianggap pekerjaan yang kurang menjanjikan, namun kini ekosistem UMKM sudah jauh lebih kondusif," tutur Florentia Jeanne.

Menurutnya, banyak sekali kesempatan sekaligus dukungan yang diberikan untuk para pelaku UMKM. Untuk itu, anak muda Indonesia harus jeli memanfaatkan peluang tersebut.

"Semoga melalui MakerFest, semakin banyak kreator lokal yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan usahanya sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat," harapnya. 

NoonaKu Signature adalah bisnis fesyen wanita yang menyediakan produk dan jasa sandang murah berkualitas untuk rakyat Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: