Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Tren Pelanggaran Pilkada Malut Menurun

2018, Tren Pelanggaran Pilkada Malut Menurun Kredit Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warta Ekonomi, Ternate -

Badan Pengawas Pemilu Maluku Utara (Malut) menyatakan pelanggaran dalam Pilkada Malut 2018 menurun jika dibandingkan dengan Pilkada lima tahun lalu.

"Tentunya kesadaran masyarakat menjadi modal, sehingga Pilkada Malut 2018 bisa berjalan secara aman dan demokratis," kata Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin, di Ternate, Minggu (8/7/2018).

Menurut dia, hal itu ditandai dengan turun tren pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan tahapan pilkada, termasuk pada hari pemungutan suara dan penghitungan hingga pleno rekapitulasi Pilkada Malut.

Meskipun ada protes dari saksi paslon tertentu, tetapi dalam catatan Bawaslu Malut, sejumlah kasus seperti kasus politik uang juga mengalami penurunan.

Dia mengatakan, berbagai indikator di antaranya karena kesadaran masyarakat, juga karena upaya pencegahan dilakukan Bawaslu, Panwaslu, dan jajaran di seluruh kabupaten/kota.

Selain itu, sukses Pilkada Malut harus menjadi cacatan khusus jajaran pengawas dalam menghadapi Pemilu Legislatif 2019, mengingat tantangan yang akan dihadapi pengawas pada Pileg nanti sangat kompleks, karena jumlah peserta pemilu cukup banyak, termasuk mempertahankan pelaksanaan pemilu yang aman dan bermartabat.

"Memang terjadi kasus, hanya saja trennya menurun dibandingkan Pilkada sebelumnya, sehingga Rapat Kerja Teknis Konsolidasi Data Hasil Pengawasan Pilkada Malut 2018 akan menjadi ajang evaluasi," katanya pula.

Kendati demikian, kata Muksin Amrin lagi, masih saja terdapat beberapa kasus termasuk pencoblosan menggunakan hak pilih orang lain dan kasus lainnya, sehingga Bawaslu berharap agar pada Pemilu tidak ada lagi pelanggaran yang signifikan.

Karena itu, jajaran Bawaslu memberikan apresiasi terhadap Panwaslu kabupaten/kota beserta jajaran Panwascam, PPL, dan Pengawas TPS yang telah menjalankan tugas dengan baik selama pelaksanaan Pilkada Malut 2018.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: