Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei BI: Optimisme Konsumen Meningkat di Juni 2018

Survei BI: Optimisme Konsumen Meningkat di Juni 2018 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen meningkat pada Juni 2018. Hal tersebut tercermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2018 sebesar 128,1, lebih tinggi dibandingkan 125,1 pada bulan sebelumnya.

"Secara triwulanan, rata-rata IKK triwulan II 2018 sebesar 125,2, lebih tinggi dibandingkan dengan 123,4 pada triwulan sebelumnya dan 124,0 pada periode yang sama tahun lalu," tulis BI dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Meningkatnya keyakinan konsumen didorong oleh membaiknya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Hal tersebut terindikasi dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 4,7 poin, didorong oleh peningkatan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama seperti peralatan elektronik dan perabot rumah tangga.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) meningkat 1,3 poin, didorong oleh kenaikan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja.

Hasil survei mengindikasikan penurunan tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (September 2018) dibandingkan dengan bulan sebelumnya, sejalan dengan kembali normalnya permintaan setelah hari raya Idul Adha.

"Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 171,1, lebih rendah dibandingkan dengan 180,0 pada bulan sebelumnya," ungkap BI.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: