Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina: Konsumsi Avtur Musim Haji 2018 Naik 51,79%

Pertamina: Konsumsi Avtur Musim Haji 2018 Naik 51,79% Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq
Warta Ekonomi, Surabaya -

Konsumsi bahan bakar pesawat terbang atau Avtur pada musim haji 2018 di wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V diprediksi mengalami kenaikan, karena sejumlah pesawat yang ditumpangi jamaah tidak melakukan transit seperti tahun lalu.

Manager Communication dan CSR Unit Pertamina MOR V, Rifky Rakhman Yusuf, di Surabaya, Senin (16/7/2018) mengatakan, seperti keberangkatan haji melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) yang diprediksi mengalami peningkatan konsumsi Avtur sebesar 51,79% atau naik 853 Kilo Liter (KL), dibanding tahun lalu, karena konsumsi fase keberangkatan dari Lombok tidak transit di Bandara Minangkabau seperti tahun sebelumnya.

"Sedangkan di Bandara Juanda, konsumsi Avtur diperkirakan hanya naik 1.06 persen atau hanya 174 KL dibandingkan dengan penerbangan haji tahun 2017, sebab pemberangkatan melalui Juanda menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 100 KL/penerbangan," katanya.

Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) juga menggunakan pesawat jenis Boeing-747, dengan estimasi konsumsi Avtur sebanyak 125 KL/penerbangan. "Tahun ini, akan diberangkatkan sebanyak total 93 kloter penerbangan haji dari Surabaya dan Lombok dan kami prediksi ada peningkatan pada konsumsi Avtur," katanya.

Rifky mengaku, Pertamina MOR V siap memasok seluruh kebutuhan Avtur dan menjamin ketersediaannya untuk penerbangan haji tahun 2018 melalui Bandara Juanda Surabaya atau Bandara Internasional Lombok (BIL).

"Salah satu upaya kami adalah mengoptimalkan stok Avtur di Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Juanda, yang selama Juli sampai September dinaikan menjadi 1.310 KL/hari dari normal 1.078 KL/hari atau naik sebesar 22%," katanya.

Sedangkan pada DPPU Bandara Internasional Lombok (BIL), stok persediaan Avtur dinaikan menjadi 141 KL/hari dari normal 111 KL/hari atau naik sebesar 27%.

Ia mengatakan, DPPU Juanda memiliki sarana fasilitas berupa 14 unit Refueller, dan yang disiapkan untuk penerbangan haji sebanyak empat unit dengan kapasitas 40 KL, tujuh unit Hydrant Dispenser, serta 49 orang petugas pengisian.

Sedangkan untuk DPPU Lombok juga menyiapkan tujuh unit Refueller termasuk tambahan dari DPPU Adisutjipto dan DPPU Juanda, empat unit Bridger, serta enam orang petugas pengisian untuk optimalisasi penyaluran dan distribusi Avtur keperluan penerbangan haji.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura I Juanda guna menjaga kelancaran dan ketepatan pelayanan dengan baik, aman dan lancar," katanya.

Sebelumnya, pemberangkatan pertama Jemaah haji direncanakan pada tanggal 17 Juli 2018, baik dari Surabaya maupun Lombok.

Baca Juga: Pemprov Bali Bakal Sediakan Loket Pungutan Wisman di Terminal Domestik Bandara

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: