Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018

BI Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) kembali menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 yang merupakan media showcase untuk memperkenalkan karya kreatif UMKM binaan Bank Indonesia kepada masyarakat luas. Hal ini merupakan upaya BI untuk mendorong perluasan akses pasar bagi produk UMKM kreatif.

Pameran yang diresmikan oleh Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo, didampingi Mufidah Jusuf Kalla tersebut dihadiri oleh Anggota Dewan Gubernur BI, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif serta para tokoh pemerhati UMKM dan kerajinan Indonesia.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan, pameran ini diselenggarakan tidak saja untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan BI kepada masyarakat luas, tetapi juga mendorong perluasan akses mereka ke pasar nasional dan bahkan global.

"Karena itu, tema pameran Karya Kreatif Indonesia tahun 2018 mengambil tema 'Sinergitas Pengembangan Karya Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global'," kata Gubernur BI dalam sambutan pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Jumat (20/7/2018).

Dijelaskannya, BI menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong akses UMKM ke pasar global. Pertama, UMKM langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri; kedua, menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha lebih besar (eksportir); dan terakhir, menghubungkan UMKM dengan desainer yang telah memiliki pasar internasional.

"Tiga langkah ini berhasil membuka UMKM memiliki segmen pasar baru di pasar global. Hal ini menunjukkan besarnya potensi sektor ekonomi kreatif di Indonesia," ucap Perry.

Adapun pada pameran kali ini terdapat 75 booth yang menampilkan karya-karya kreatif nan indah dari berbagai daerah di Nusantara. Selain ditampilkan produk kain dan kerajinan juga disajikan kuliner Nusantara dan kopi unggulan Indonesia serta peragaan karya kreatif kain olahan UMKM binaan Bank Indonesia bekerja sama dengan desainer nasional.

Kegiatan talkshow/workshop mengenai strategi menembus pasar global dan pojok konsultasi UMKM juga turut mewarnai acara guna memberikan wawasan yang lebih luas bagi pelaku dan rintisan UMKM.

Dalam rangkaian kegiatan pameran, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk menyelenggarakan seminar internasional yang bertajuk "Women's Economic Empowerment". Kegiatan seminar ini menjadi rangkaian acara Voyage To Indonesia menyambut penyelenggaraan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group (WBG) Annual Meeting 2018.

Dengan berbagai kegiatan pada pameran KKI 2018 tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk UMKM kreatif Indonesia, meningkatkan potensi pasar industri kreatif dengan sasaran kaum muda dan wanita aktif dan dinamis, serta mendorong lahirnya pelaku usaha. 

"Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah pada industri kreatif yang berpotensi untuk memiliki akses ke pasar global. BI juga menjalin kerja sama dengan para desainer untuk lebih mendorong potensi UMKM, peningkatan nilai tambah, dan sekaligus perluasan pasar secara nasional dan global," jelasnya.

Masyarakat dapat mengunjungi pameran KKI 2018 mulai Jumat (20/7/2018) hingga Minggu (22/7/2018), di Jakarta Convention Center, tanpa dipungut biaya masuk area pameran.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: