Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2019, Pembangunan Palapa Ring Kelar

2019, Pembangunan Palapa Ring Kelar Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Latif, menuturkan, tahun 2019 seluruh pembangunan Palapa Ring dari barat, timur, dan Ttengah, bisa dirasakan oleh masyatarakat yang saat ini belum maksimal merasakan jaringan internet.

"Pembangunan fiber optik bawah laut ini berjalan sesuai rencana, bahkan untuk paket barat sudah beroperasi 100%, untuk paket tengah progres pembangunan sudah mencapai 75%, dan paket timur sudah mencapai 41%," tutur Anang dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (25/7/2018). 

Ia juga mengatakan, pembangunan Palapa Ring merupakan solusi dari permasalahan telekomunikasi yang masih belum merdeka sinyal saat ini. Maka dari itu, hadirnya Palapa Ring diharapkan memecahkan permasalahan tersebut.

Sementara menunggu pengoperasiannya, lanjut Anang, Bakti sudah mulai mengajak operator seluler untuk menggunakan fasilitas yang dibangun dengan menawarkan potongan harga khusus kepada operator yang mau membuka akses telekomunikasi menggunakan fasilitas yang telah dibangun.

Adapun untuk tarif yang ditetapkan haruslah yang terjangkau bagi masyarakat dengan mempertimbangkan kualitas pelayanan. Tarif layanan ini terdiri dari tarif penyediaan pita lebar atau bandwidth dan tarif penyediaan kabel serat optik atau dark fiber.

"Untuk menentukan tarif aktual harga sewa bulanan jaringan Palapa Ring, akan mempertimbangkan dua komponen utama yakni harga acuan dan jumlah operator yang akan menggunakan jaringan Palapa Ring. Semakin banyak operator yang masuk maka kami akan menaikkan potongan harga sewa," terang Anang.

Untuk diketahui, Bakti merupakan satuan kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika yang membangun prasarana telekomunikasi di wilayah tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: