Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3.000 Orang Dievakuasi Imbas Kebakaran Lahan, California Tetapkan Status Darurat

3.000 Orang Dievakuasi Imbas Kebakaran Lahan, California Tetapkan Status Darurat Kredit Foto: Reuters/Robert Galbraith/Files
Warta Ekonomi, California -

Gubernur California Jerry Brown menyatakan keadaan darurat di dua wilayah di selatan California karena kebakaran yang bergerak cepat di negara bagian barat AS tersebut.

Brown mengeluarkan pernyataan darurat untuk wilayah Riverside dan Shasta karena efek dari kebakaran, yang dijuluki kebakaran Cranston dan Carr, yang telah menghancurkan rumah dan bangunan, serta mengancam infrastruktur dan menyebabkan evakuasi warga besar-besaran.

"Suhu tinggi, kelembaban rendah, dan angin yang tidak menentu telah meningkatkan penyebaran api," menurut pernyataan Brown.

"Karena besarnya penyebaran api berada di luar kendali layanan, personel, peralatan, dan fasilitas dari pemerintah lokal dan memerlukan kekuatan gabungan dari wilayah atau daerah yang saling membantu untuk memadamkan api," tuturnya, sebagaimana dikutip dari Xinhua, Jumat (27/7/2018).

The Cranston Fire menyebar sekitar tengah hari pada hari Rabu di Pegunungan San Jacinto di Riverside County, sekitar 90 mil timur Los Angeles. Kemudian menyebar menjadi sekitar 4.700 hektar dengan hanya 5 persen yang berhasil dipadamkan pada Kamis siang, menurut update terbaru dari Dinas Kehutanan AS.

Setidaknya 3.000 orang diminta untuk meninggalkan dari lebih dari 2.000 rumah di daerah tersebut.

Petugas penegak hukum mengatakan mereka menangkap Brandon N. McGlover, (32), dari Temecula karena diduga mengatur beberapa kebakaran, termasuk Fire Cranston, di barat daya Riverside County, Rabu.

Api liar lainnya, 'api Carr', telah membakar 20.000 hektar dengan hanya 10 persen di Shasta County pada Kamis siang yang berhasil dipadamkan. Api menjadi sangat liar dalam semalam dengan peningkatan ukuran yang signifikan. Petugas pemadam kebakaran akan bekerja sepanjang hari untuk memperkuat jalur penahanan dan membangun garis baru di sekitar api.

Peramal cuaca memprediksi suhu tinggi dan kelembaban rendah Minggu ini menyebabkan akan ada lebih banyak lagi kebakaran, serta menambah kesulitan petugas pemadam kebakaran di California Selatan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: