Garuda Indonesia Gandeng Taspen Kembangkan Pasar Pensiunan

Garuda Indonesia Gandeng Taspen Kembangkan Pasar Pensiunan Kredit Foto: Yosi Winosa

PT Garuda Indonesia Tbk dan PT Taspen Persero bekerja sama dalam menyediakan layanan manfaat kepada peserta PT Taspen Persero. Manfaat yang diberikan antara lain berupa diskon harga tiket, program poin 1.000 mileages yang bisa ditukar dengan tiket maupun dedicated sales person dan check-in counter

Direktur Utama PT Taspen Persero, Iqbal Latanro, menyatakan, sebelumnya kedua belah pihak sejak Agustus 2017 lalu sudah menjalankan kerja sama serupa bagi pegawai PT Taspen dengan manfaat berupa diskon harga hingga maksimal 17%, baik untuk perjalanan dinas pegawai maupun keluarga pegawai. Kerja sama kali ini menyasar pensiunan yang menjadi peserta Taspen yang jumlahnya mencapai 2,7 juta peserta.

Ditambahkan, penandatanganan MoU ini merupakan perpanjangan dari komitmen kerja sama yang telah dilaksanakan sejak 2017. Kerja sama tersebut meliputi kerja sama dalam kargo bidang udara, penyediaan jasa layanan penerbangan bagi karyawan dan peserta Taspen, baik rute domestik maupun internasional, loyalty program, penyediaan paket umroh dan haji, serta sinergi jasa layanan lainnya. Penyediaan jasa layanan tersebut juga akan diberikan bagi peserta pemegang Taspen Smart Card (pensiunan). 

"Kerja sama ini dalam rangka memberi benefit atau customer loyalty peserta nonaktif Taspen dengan harapan agar mereka bisa berkunjung, menengok cucu, atau keluarga dengan tiket yang murah. Kami tertarik karena lazimnya memang di negara mana pun ada istilah senior citizen yang tentu memperoleh kemudahan (diskon)," kata dia usai penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang sinergi jasa layanan Garuda Indonesia di Jakarta, Senin (30/7/2018). 

Saat ini PT Taspen memiliki 6,7 juta peserta, di mana 4 juta peserta merupakan Aparatur Sipil Negara aktif dan sisanya, yaitu  2,7 juta pensiunan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Pahala N. Mansuri, menambahkan, dengan kerja sama tersebut, pangsa pasar perusahaan bakal meluas ke peserta pensiunan yang notabene tidak terkait seasonal factor. Ini juga bisa dimaksimalkan untuk mengisi ceruk sepinya penerbangan di waktu-waktu tertentu. Pihaknya juga mengembangkan destinasi umroh bagi penumpang pensiunan melalui anak usaha PT Taspen, Bank Mantap.

"MoU hari ini ditujukan untuk para pensiunan yang nantinya akan menjadi pemegang kartu smartcard. Kami juga gandeng bank-bank penerbit kartu debit, termasuk bank Mantap. Jadi, nanti ada poin yang bisa ditukar dalam mileage program. Untuk pemilik Taspen Smart Card sudah given 1.000 mileage. Lalu juga ditambah senior citizen benefit. Jadi, kira-kira diskon harga tiket yang mereka dapatkan bisa sampai 13%. Kemudian juga, kami coba kembangkan pasar umrah untuk mereka, bersama-sama Bank Mantap, ini sudah jalan," kata dia. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini