Portal Berita Ekonomi Rabu, 24 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:54 WIB. WEGE - Hingga kuartal I-2019, WIKA Gedung telah mendapatkan kontrak baru senilai Rp644,66 miliar.
  • 12:52 WIB. PLN - PLN mengaku tidak akan terganggu atas masalah hukum yang menimpa pimpinannya.
  • 12:01 WIB. IHSG - IHSG ditutup amblas 0,40% di akhir sesi I.
  • 10:48 WIB. BTN - Penghimpunan dana BTN tumbuh 10,98% yoy menjadi Rp215,83 triliun.
  • 10:46 WIB. PGN - PGN menggelar BUMN Goes to Campus di universitas Katolik Santo Thomas Medan.
  • 10:45 WIB. WIKON - Wijaya Karya Industri & Konstruksi meresmikan produksi perdana gelagar baja untuk pasar Filipina.
  • 10:04 WIB. Perundingan Dagang - AS-China akan kembali melakukan perundingan dagang pada akhir April 2019 mendatang. 
  • 10:02 WIB. Perang Dagang - Trump perkuat sinyal perang dagang dengan Uni Eropa. 

6 Kebiasaan Bos Warunk Upnormal Optimalkan Instagram

6 Kebiasaan Bos Warunk Upnormal Optimalkan Instagram - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Melakukan trip entah itu liburan ataupun perjalanan dinas mungkin punya sisi asyik dan zonk-nya. Artinya, walaupun kekinian karena mengunjungi lokasi-lokasi baru dan bisa mencicipi kuliner-kuliner unik di setiap lokasi terkadang kita juga mendapati kebingungan untuk mendapatkan informasi kuliner-kuliner favorit yang sedang tren, hits, ataupun sedang booming di lokasi-lokasi tersebut. Atau, jangan-jangan kelihatan enak di medsos tapi ketika dicoba ternyata zonk. Rasa tidak seindah rupa.

Basically, hal paling umum yang saya lakukan adalah bertanya ke Mbah Google dan barulah dari sana bermunculan iklan, portal, blog, dan lain-lain yang tentunya tetap harus kita buka satu per satu. Atau, kalau yang sekarang sedang tren adalah membuka akun-akun Instagram milik foodies lokal.

Mungkin terasa simpel. Iya, simpel untuk yang paham dan mengetahui mekanisme search dan keyword di Google ataupun via IG. Namun bagi yang belum paham, mungkin hal ini cukup sulit dilakukan meski sebenarnya hal ini mudah untuk dipelajari ataupun dilakukan oleh pebisnis-pebisnis lokal yang ingin produk, kafe, tempat makan, atau lokasinya searchable atau mudah ditemukan oleh para pemburu kenikmatan (baca: pecinta kuliner) yang berkunjung di lokasi-lokasi baru.

Berikut beberapa pertimbangan/hal-hal yang bisa dicoba untuk bisa hadir dan eksis di Instagram, yakni

1. Use #Hastag

Membicarakan Instagram, pastinya tidak mungkin tidak akan membicarakan apa itu #hastag. Hal tersimpel yang sering dilakukan oleh pengguna IG untuk mencari sebuah topik adalah mencari hastag/tag. Mungkin hastag mirip seperti fungsi keyword pada Google.

Hastag bisa dituliskan di akhir, tengah, ataupun awal paragraf selama masih di dalam caption. (Note: caption: text/wording yang dicantumkan dalam setiap posting-an Instagram). Hanya saja untuk pencantuman hastag ada juga beberapa hal yang ingin saya rekomendasikan untuk selalu dicantumkan dalam setiap posting IG

a. Selalu gunakan hastag brand name setiap kali posting

Sebelum ada pihak lain yang menggunakan hastag dengan nama brand kita maka yang kita lakukan adalah claim the name first. Jadi, sebaiknya selalu cantumkan nama brand kita di semua posting-an. Contohnya: dalam setiap posting-an di akun @SambalKarmila selalu terdapat hastag #SambalKarmila jadi jika ada pihak lain yang menggunakan hastag #SambalKarmila maka posting-posting tersebut akan dengan sendirinya tertimbun oleh posting-an dari akun IG @SambalKarmila

b. Kategori

Hal penting lain yang selalu di-search oleh pencari informasi di IG adalah nama kategori, misal: saya ingin mencari coffee shop yang sedang hits maka yang akan saya ketik adalah #coffee di kolom search. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencantumkan nama kategori makanan/minuman/restoran yang dimiliki dalam setiap posting. Atau jika ingin mencari yamin atau mie kocok maka hal yang selalu harus dicantumkan adalah: #Yamin #YaminManis #Yamin #Asin #Bakmi #Mee, #MiKocok, dan lain-lain.

c. Kata umum yang berkaitan dengan kategori

Bagaimana maksudnya? Ha ha ha, begini, untuk mencari sebuah kategori terkadang kita seringkali mencari dengan kata yang mirip atau berhubungan dengan kategori yang kita cari, misal pada saat saya ingin mencari tempat kafe kopi mungkin yang saya coba search bukan hanya #coffee, tapi juga #kopi, #coffeeshop, #cafe, #ManualBrew, #Roaster, atau #CoffeeBean, karena semuanya masih memiliki hubungan dekat.

d. Kata umum yang berkaitan dengan bisnis

Hal ini wajib sifatnya. Kata paling umum seperti #kuliner (nama kota), #food, #Sambal, #Nasgor, juga harus tetap ditambahkan agar mempermudah pengguna media sosial untuk bisa menemukan kita.

e. Signature product

Pada saat memiliki bisnis kuliner tentunya kita selalu punya menu andalan. Nah, hal ini yang selalu harus dikomunikasikan bahwa bisnis kuliner kita memiliki sebuah menu yang menjadi signature. Hal ini harus selalu kita cantumkan agar jika ada yang search maka produk milik kita yang tampil.

2. Tag Location

Dalam setiap posting yang kita lakukan hal ini sebaiknya masuk ke check list. Ingat bahwa setiap orang yang mencari kuliner selalu ingin tahu di mana makanan/minuman tersebut bisa didapatkan. Maka tag location menjadi penting. Selain untuk memberi informasi, tag location juga berfungsi untuk memberikan arahan (direction) untuk bisa sampai tepat pada lokasi.

Tag location pada bio selain berfungi sebagai text/informasi alamat bisa juga untuk mengarahkan (direction) untuk mencapai lokasi karena biasanya terhubung langsung dengan Google Maps jika di-klik.

3. Lengkapi Bio

Bio adalah salah satu tools paling ampuh untuk bisa mendeskripsikan siapa kita, ingin dikenal seperti apa, dan apa yang kita jual. Lengkapi bio dengan kalimat-kalimat yang clear (tidak ambigu), signature product, jenis-jenis produk yang kita jual adalah keharusan.

Jika ada nomor telepon yang bisa dihubungi maka cantumkan juga, hanya saja patut diingat, pada saat kita sudah mencantumkan nomor telepon maka harus ada komitmen untuk selalu menerima panggilan. Jika tidak mampu komitmen 24 jam maka cantumkan jam operasional panggilan telepon, minimal sama dengan jam operasional toko. Dan tidak lupa cantumkan juga website (jika ada), dan tag location pada bio.

4. Do Good Photography

Bahasan tentang media sosial, tentunya tidak lepas dari hilangnya sentuhan fisik pada saat titik poin pertama. Artinya, setiap konsumen melihat kita berdasarkan apa yang kita tampilkan (tidak bisa dicicipi) maka menjadi penting untuk membuat foto makanan/minuman kita dengan susunan dan angle yang sempurna.

Kita bicara hanya melalui visual (utama) dan text. Kemudian visual tersebut akan memiliki pengaruh stopping power (artinya bagaimana caranya agar follower yang sedang scrool layar HP memiliki alasan untuk berhenti di foto kita).

5. Tentukan Signature Menu

Dalam berkomunikasi, target audience kita memiliki keterbatasan dan hal waktu dan visual maka sebaiknya kita men-simplify cara kita berkomunikasi. Salah satunya adalah dengan membuat menu signature yang memiliki porsi komunikasi paling banyak secara quantity sehingga lebih mudah dikenali oleh konsumen. SOP-kan admin untuk selalu mencantumkan hastag tertentu di setiap posting.

Bagi pemilik bisnis kuliner yang telah memiliki admin untuk meng-handle akun media sosial adalah penting untuk meng-SOP untuk mencantumkan hastag-hastag tertentu dalam setiap posting-an, misal: saat ingin mem-posting produk nasi selalu cantumkan hastag #(nama menu), #Nasi, #Makansiang, #Sarapan, dan lain-lain.

6. Take All Accounts Contains Brand Name

Ini juga yang tidak kalah penting. Nama-nama akun di media sosial memang bukan milik kita, tapi jika kita ingin membuka sebuah usaha kuliner maka sebelum segalanya dimulai usahakan untuk meng-aman-kan semua aset kita di digital, termasuk mengambil nama-nama akun yang memiliki kesamaan dengan brand name kita. So, make brand easy to find yuk.

Tag: Rex Marindo

Penulis: Rex Marindo, Founder Nasi Goreng Mafia dan Warunk Upnormal

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,782.13 3,743.97
British Pound GBP 1.00 18,347.13 18,157.82
China Yuan CNY 1.00 2,110.41 2,089.28
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,183.00 14,041.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,986.25 9,883.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,808.85 1,790.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.96 10,334.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,907.65 15,742.77
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,433.31 3,396.47
Yen Jepang JPY 100.00 12,678.11 12,548.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26