Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Pelayanan, Pelindo II Terapkan 6 Fitur Digital

Tingkatkan Pelayanan, Pelindo II Terapkan 6 Fitur Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC terus memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC Saptono R Irianto mengatakan, perseroan telah mengaktivasi enam fitur aplikasi digital Customer Relationship Management (CRM) di seluruh kantor cabang dan dua anak perusahaan IPC, yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT IPC Terminal Peti Kemas, kemarin, Selasa (31/7/2018).

Keenam fitur aplikasi Digital CRM yang merupakan bagian dari strategi dan proses pengelolaan interaksi dengan pelanggan ini resmi diaktivasi (go live).

"Keenam fitur tersebut, yaitu Master Customer Data, Costumer Profiling, Customer Service, Customer Visit Management, Customer Survey, dan Sales," jelas Saptono di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Saptono menjelaskan, sistem pengelolaan interaksi pelanggan IPC terus ditingkatkan demi memenuhi harapan pelanggan.

IPC memiliki nilai Customer Centric yang harus dibuktikan secara nyata dalam peningkatan pengelolaan pelanggan di wilayah IPC.

“Pembaruan dan peningkatan CRM kini memasuki fase ketiga, di mana seluruh kantor cabang dan dua anak perusahaan IPC menerapkan keenam fitur aplikasi digital itu. Pada fase pertama dan kedua, keenam fitur aplikasi digital itu digunakan sebatas di Pelabuhan Tanjung Priok," lanjutnya.

Dengan adanya aplikasi digital ini, pelanggan atau calon pelanggan memiliki akses khusus untuk menyampaikan pertanyaan, permintaan, atau keluhan melalui email yang akan direspons secara otomatis (auto reply). Sesuai standar ketentuan Service Level Agreement (SLA), saran atau keluhan tersebut kemudian akan direspons oleh IPC dalam waktu paling lambat satu jam.

"CRM memberikan manfaat besar bagi pelanggan. Salah satunya, IPC memiliki tools untuk memonitor dan menganalisis semua kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan fitur customer service misalnya, manajemen bisa mendapatkan gambaran tentang interaksi pelangggan di semua cabang serta memantau penyelesaian persoalannya secara real time," pungkas Saptono.

Penerapan CRM ini juga merupakan langkah nyata atas komitmen IPC yang terus meningkatkan kapabilitas sebagai Digital Port.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: