Portal Berita Ekonomi Jum'at, 21 September 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:35 WIB. Israel - Iran minta PBB awasi kegiatan nuklir Israel.
  • 23:31 WIB. Najib Razak - Dikenakan 21 dakwaan, Najib Razak bersikukuh yakin bersih.
  • 23:24 WIB. Jepang - Shinzo Abe akan jadi pemimpin Jepang terlama di zaman modern.
  • 23:18 WIB. Spanyol - Donald Trump minta Spanyol bangun tembok halangi imigran.
  • 23:16 WIB. ASEAN - Indonesia-Malaysia dorong pantun jadi warisan budaya dunia.
  • 23:15 WIB. Donald Trump - Trump: invasi Timur Tengah lebih buruk daripada Perang Sipil.
  • 23:11 WIB. Afrika Selatan - Indonesia jajaki kerja sama pendidikan Islam dengan Afrika Selatan.
  • 23:10 WIB. Turki - Turki umumkan program ekonomi baru untuk 2019-2021.
  • 22:54 WIB. PEP - Melalui Asset 4 Donggi-Matindok Field membuktikan kinerjanya melalui pencapaian produksi gas sebesar 112,30 %.
  • 22:45 WIB. Garuda - Garuda meresmikan CargoService Center terbaru di Tanah Abang, Jakpus.
  • 22:44 WIB. KAI - KAI akan berkolaborasi dengan Progress Rail, perusahaan pemasok produk dan layanan kereta api yang terafiliasi dengan Caterpillar.
  • 22:42 WIB. INKA - INKA-SKODA berkomitmen untuk melakukan transfer teknologi pada Traction Motor dan Propulsi. 
  • 22:41 WIB. INKA - INKA akan berkolaborasi dengan SKODA, perusahaan asal Republik Ceko yang memproduksi sistem propulsi dan kontrol perkeretaapian.
  • 22:38 WIB. Len - Len Industri akan menyuplai Interlocking, LED Signal, Point Machine, CTC and Sistem Engineering kepada ALTPRO.
  • 22:35 WIB. LEN - Len Industri bekerja sama dengan perusahaan asal Kroasia, ALTPRO, akan berkolaborasi dalam hal pengembangan produk dan sertifikasi.

7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak

Foto Berita 7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Membangun merek yang efektif dan kuat adalah bagian yang berharga dari setiap strategi bisnis. Di dunia sekarang ini merek Anda sangat diperlukan untuk dapat dipercaya dan dikenang. Namun, membangun kekuatan merek bukanlah tugas yang mudah. Menciptakan keseimbangan antara memiliki merek yang dapat diandalkan sambil mengikuti tren adalah hal yang rumit.

Merek yang sukses mampu meyakinkan orang untuk setia dan rela membayar lebih untuk sesuatu hanya karena berasal dari merek itu. Inilah sebabnya mengapa Google dan Bounty memiliki kontrol besar atas konsumen mereka, dan mengapa mereka sangat berinvestasi dan memprioritaskan aset merek mereka.

Pada akhirnya, kekuatan merek berasal dari memiliki produk berkualitas tinggi. Memang membutuhkan perjalanan yang panjang bagi perusahaan startup untuk melahirkan merek besar, tetapi 7 tips yang dilansir dari Inc.com ini dapat memandu perjalanan Anda untuk membangun merek yang trendi namun tahan lama.

Kenali audiens Anda

Salah satu langkah awal untuk sebuah usaha adalah menentukan audiens yang tepat. Anda harus bisa menggambarkan selera dan preferensi mereka.  Hal ini dapat membantu Anda mengukur apa yang penting bagi mereka dan bagaimana Anda dapat mengajukan banding kepada mereka. Memahami audiens Anda menjadi hal yang penting sehingga Anda dapat menjaga mereka menjadi pertimbangan dalam setiap langkah.

Lakukan Sekali Dengan Benar

Lukas Kurzmann, pendiri Women Best berkata, "Anda hanya harus melakukannya dengan benar sekali." Ini berarti Anda harus terus-menerus bereksperimen dengan hal-hal baru sampai akhirnya berhasil.

Ketika Anda mencoba membangun merek Anda, fokuslah untuk mendekatinya dengan eksperimen dan inovasi. Ini dapat mencakup mencoba teknik pemasaran baru dan berpotensi merekrut konsultan untuk menawarkan perspektif merek baru. Membangun merek sampai unggul membutuhkan perjalanan, belajar dari pengalam serta kesalahan, dan kemudian lakukan dengan benar.

Jalin Hubungan dengan Influencer

Anda tidak dapat berbicara tentang branding tanpa mendiskusikan strategi media sosial perusahaan Anda. Cara yang sangat efektif untuk membangun merek Anda di media sosial adalah dengan berkolaborasi dengan influencer. Seperti misalnya, Kurzmann, ia membelanjakan lebih dari 60 persen dari anggaran iklannya untuk influencer dan telah membangun sejumlah besar hubungan dengan influencer. Pendekatan terbaik di sini adalah memulai dengan proyek kecil dan menumbuhkan peluang seiring dengan bertumbuhnya hubungan.

 

Berinteraksi dengan Konsumen Anda

Ketika membuat keputusan yang penting bagi konsumen Anda, Anda harus berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan masukan. Buat mereka tetap terlibat sebanyak mungkin.

Cara lain yang produktif untuk melakukan ini adalah mendasarkan keputusan dari data yang diperoleh dari konsumen Anda. Gunakan informasi yang sudah Anda ketahui tentang kebiasaan dan preferensi mereka. Misalnya, ketika memilih influencer, bekerjalah dengan orang yang konsumen Anda banyak sukai. Baik Anda menggunakan survei, polling media sosial, atau kartu saran yang disertakan dengan pembelian, Anda harus berinteraksi dengan konsumen Anda - dan memanfaatkan umpan balik mereka.

Terus Kembangkan

Anda adalah perusahaan yang baru atau yang sudah ada selama puluhan tahun tetap perlu mengembangkan cerita merek Anda secara terus menerus. Ini termasuk mencampurkan jenis materi pemasaran yang Anda keluarkan dan memperkenalkan konsumen tentang elemen baru dalam merek Anda.

Mengembangkan cerita Anda memupuk hubungan dengan konsumen Anda. Ketika Anda lalai untuk melakukan itu, konsumen Anda akan menjadi bosan dengan merek Anda dan memberikan perhatian mereka pada merek lain yang menurutnya lebih menarik.

Optimalkan Usaha dan Dampak Brand Anda

Cara yang paling hebat untuk mengoptimalkan usaha Anda adalah memastikan bahwa Anda bukan hanya dilihat. Anda juga harus memberikan dampak baik dari apa yang Anda usahakan. Misalnya, apabila Anda memilik merek sepatu, dan Anda sedang berada di kampanye merek sandal, pastikan ada konsumen yang juga membeli sandal. Anda harus memiliki respect yang tinggi.

Hadir Dalam Berbagai Acara

Ada berbagai acara yang menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang berharga merek Anda. Jika Anda memiliki produk konsumen, Anda dapat menghadiri pameran dagang dan menawarkan merek Anda di depan pembeli. Jika Anda memiliki produk teknologi, Anda dapat menghadiri kompetisi pitch untuk berbaur dengan pemodal ventura.

Membangun merek adalah proses yang luar biasa intens. Itu membutuhkan waktu, dedikasi, dan inovasi. Ketujuh taktik ini adalah awal yang baik untuk membangun merek yang tahan lama bagi perusahaan Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Idhad Zakaria

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,976.27 3,936.70
British Pound GBP 1.00 19,606.12 19,408.59
China Yuan CNY 1.00 2,176.13 2,154.53
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,913.00 14,765.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,826.84 10,716.44
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,901.17 1,882.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,897.33 10,787.61
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,422.86 17,245.52
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,606.53 3,566.43
Yen Jepang JPY 100.00 13,299.74 13,164.23

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5931.266 57.669 602
2 Agriculture 1584.135 11.004 20
3 Mining 1936.077 20.470 46
4 Basic Industry and Chemicals 810.673 14.455 71
5 Miscellanous Industry 1272.514 15.152 45
6 Consumer Goods 2477.630 29.722 47
7 Cons., Property & Real Estate 421.938 0.005 68
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1029.500 5.998 69
9 Finance 1067.861 11.961 91
10 Trade & Service 821.943 1.167 145
No Code Prev Close Change %
1 BKDP 62 83 21 33.87
2 HDTX 172 218 46 26.74
3 DIGI 424 530 106 25.00
4 PANI 246 306 60 24.39
5 KPAL 442 530 88 19.91
6 TRUS 170 200 30 17.65
7 OKAS 195 222 27 13.85
8 DYAN 88 100 12 13.64
9 MINA 464 525 61 13.15
10 ARTO 137 154 17 12.41
No Code Prev Close Change %
1 CNTX 680 580 -100 -14.71
2 DNAR 310 266 -44 -14.19
3 DSSA 16,300 14,000 -2,300 -14.11
4 GLOB 160 140 -20 -12.50
5 RELI 262 234 -28 -10.69
6 INPP 660 590 -70 -10.61
7 SRAJ 139 125 -14 -10.07
8 BULL 169 153 -16 -9.47
9 YPAS 700 635 -65 -9.29
10 ALMI 350 320 -30 -8.57
No Code Prev Close Change %
1 PNLF 238 232 -6 -2.52
2 BMTR 406 406 0 0.00
3 KPIG 710 690 -20 -2.82
4 BBRI 3,000 3,090 90 3.00
5 DYAN 88 100 12 13.64
6 BHIT 88 90 2 2.27
7 TLKM 3,550 3,600 50 1.41
8 INKP 17,850 18,300 450 2.52
9 ADRO 1,740 1,805 65 3.74
10 PGAS 2,020 2,080 60 2.97