Portal Berita Ekonomi Minggu, 18 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:00 WIB. WeChat - WeChat butuh 7 tahun untuk jadi aplikasi super.
  • 20:58 WIB. Huawei - Huawei bikin asisten pintar penantang Amazon dan Google.
  • 20:49 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo resmi cabut izin frekuensi First Media, Bolt, dan Jasnita.
  • 16:25 WIB. Asus - Asus ZenBook Pro 15, laptop 2 layar seharga Rp36 juta.
  • 16:22 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo siap blokir aplikasi fintech pinjaman online nakal.
  • 16:20 WIB. Facebook - Facebook akui perintahkan karyawannya pakai Android, bukan iPhone.
  • 13:48 WIB. Firefox - Browser Firefox kembali tingkatkan keamanan data pengguna.
  • 13:47 WIB. Facebook - Investor kembali desak Zuckerberg mundur dari Facebook.
  • 13:43 WIB. Huawei - Lewati Apple, Huawei target kalahkan Samsung pada 2020. 

7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak

Foto Berita 7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Membangun merek yang efektif dan kuat adalah bagian yang berharga dari setiap strategi bisnis. Di dunia sekarang ini merek Anda sangat diperlukan untuk dapat dipercaya dan dikenang. Namun, membangun kekuatan merek bukanlah tugas yang mudah. Menciptakan keseimbangan antara memiliki merek yang dapat diandalkan sambil mengikuti tren adalah hal yang rumit.

Merek yang sukses mampu meyakinkan orang untuk setia dan rela membayar lebih untuk sesuatu hanya karena berasal dari merek itu. Inilah sebabnya mengapa Google dan Bounty memiliki kontrol besar atas konsumen mereka, dan mengapa mereka sangat berinvestasi dan memprioritaskan aset merek mereka.

Pada akhirnya, kekuatan merek berasal dari memiliki produk berkualitas tinggi. Memang membutuhkan perjalanan yang panjang bagi perusahaan startup untuk melahirkan merek besar, tetapi 7 tips yang dilansir dari Inc.com ini dapat memandu perjalanan Anda untuk membangun merek yang trendi namun tahan lama.

Kenali audiens Anda

Salah satu langkah awal untuk sebuah usaha adalah menentukan audiens yang tepat. Anda harus bisa menggambarkan selera dan preferensi mereka.  Hal ini dapat membantu Anda mengukur apa yang penting bagi mereka dan bagaimana Anda dapat mengajukan banding kepada mereka. Memahami audiens Anda menjadi hal yang penting sehingga Anda dapat menjaga mereka menjadi pertimbangan dalam setiap langkah.

Lakukan Sekali Dengan Benar

Lukas Kurzmann, pendiri Women Best berkata, "Anda hanya harus melakukannya dengan benar sekali." Ini berarti Anda harus terus-menerus bereksperimen dengan hal-hal baru sampai akhirnya berhasil.

Ketika Anda mencoba membangun merek Anda, fokuslah untuk mendekatinya dengan eksperimen dan inovasi. Ini dapat mencakup mencoba teknik pemasaran baru dan berpotensi merekrut konsultan untuk menawarkan perspektif merek baru. Membangun merek sampai unggul membutuhkan perjalanan, belajar dari pengalam serta kesalahan, dan kemudian lakukan dengan benar.

Jalin Hubungan dengan Influencer

Anda tidak dapat berbicara tentang branding tanpa mendiskusikan strategi media sosial perusahaan Anda. Cara yang sangat efektif untuk membangun merek Anda di media sosial adalah dengan berkolaborasi dengan influencer. Seperti misalnya, Kurzmann, ia membelanjakan lebih dari 60 persen dari anggaran iklannya untuk influencer dan telah membangun sejumlah besar hubungan dengan influencer. Pendekatan terbaik di sini adalah memulai dengan proyek kecil dan menumbuhkan peluang seiring dengan bertumbuhnya hubungan.

 

Berinteraksi dengan Konsumen Anda

Ketika membuat keputusan yang penting bagi konsumen Anda, Anda harus berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan masukan. Buat mereka tetap terlibat sebanyak mungkin.

Cara lain yang produktif untuk melakukan ini adalah mendasarkan keputusan dari data yang diperoleh dari konsumen Anda. Gunakan informasi yang sudah Anda ketahui tentang kebiasaan dan preferensi mereka. Misalnya, ketika memilih influencer, bekerjalah dengan orang yang konsumen Anda banyak sukai. Baik Anda menggunakan survei, polling media sosial, atau kartu saran yang disertakan dengan pembelian, Anda harus berinteraksi dengan konsumen Anda - dan memanfaatkan umpan balik mereka.

Terus Kembangkan

Anda adalah perusahaan yang baru atau yang sudah ada selama puluhan tahun tetap perlu mengembangkan cerita merek Anda secara terus menerus. Ini termasuk mencampurkan jenis materi pemasaran yang Anda keluarkan dan memperkenalkan konsumen tentang elemen baru dalam merek Anda.

Mengembangkan cerita Anda memupuk hubungan dengan konsumen Anda. Ketika Anda lalai untuk melakukan itu, konsumen Anda akan menjadi bosan dengan merek Anda dan memberikan perhatian mereka pada merek lain yang menurutnya lebih menarik.

Optimalkan Usaha dan Dampak Brand Anda

Cara yang paling hebat untuk mengoptimalkan usaha Anda adalah memastikan bahwa Anda bukan hanya dilihat. Anda juga harus memberikan dampak baik dari apa yang Anda usahakan. Misalnya, apabila Anda memilik merek sepatu, dan Anda sedang berada di kampanye merek sandal, pastikan ada konsumen yang juga membeli sandal. Anda harus memiliki respect yang tinggi.

Hadir Dalam Berbagai Acara

Ada berbagai acara yang menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang berharga merek Anda. Jika Anda memiliki produk konsumen, Anda dapat menghadiri pameran dagang dan menawarkan merek Anda di depan pembeli. Jika Anda memiliki produk teknologi, Anda dapat menghadiri kompetisi pitch untuk berbaur dengan pemodal ventura.

Membangun merek adalah proses yang luar biasa intens. Itu membutuhkan waktu, dedikasi, dan inovasi. Ketujuh taktik ini adalah awal yang baik untuk membangun merek yang tahan lama bagi perusahaan Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Idhad Zakaria

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35