Portal Berita Ekonomi Kamis, 21 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:32 WIB. Bulog - Bulog berharap pelepasan cadangan beras pemerintah dicarikan saluran baru.
  • 20:31 WIB. AP Kargo - AP Kargo sedang mengalami penurunan volume kargo kelolaan hingga 20% pada Januari 2019.
  • 20:31 WIB. Pelni - Pelni menyediakan layanan Redpack untuk memudahkan penumpang hingga UMKM.
  • 20:31 WIB. BRI -  BRI mengincar dua perusahaan asuransi umum.
  • 20:30 WIB. ANTM - Antam berharap bisa meraih kuota ekspor bijih nikel kadar rendah hingga 5 juta ton per tahun.
  • 20:28 WIB. RAJA - Rukun Raharja memiliki peluang untuk melanjutkan kontrak dengan PLN di 2019.
  • 20:27 WIB. Pindad - Pindad mencapai laba bersih hingga 3 digit sepanjang 2018.
  • 20:27 WIB. Mandiri - Mandiri mampu menjual ST003 sebanyak Rp773 miliar.
  • 20:26 WIB. BTN - BTN meraup Rp80 miliar dari penjualan ST003 dari target Rp75 miliar.
  • 20:19 WIB. BRI - BRI meminta relaksasi aturan BMPK untuk menyalurkan kredit kepada BUMN.
  • 20:02 WIB. BNI - BNI berharap kelonggaran batas maksimum pemberian kredit khusus untuk kredit infrastruktur.
  • 20:01 WIB. Pelindo II - Pelindo II rencanakan lepas saham Pelabuhan Tanjung Priok ke publik lewat IPO.
  • 19:57 WIB. Pelindo II - Pelindo II catat laba bersih Rp 2,43 triliun pada 2018.
  • 19:55 WIB. Pelindo II - Saat ini seluruh transaksi di Pelindo II sudah cashless.
  • 19:51 WIB. Pelindo II - Pelindo II sedang menyiapkan aplikasi digital.

7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak

Foto Berita 7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Membangun merek yang efektif dan kuat adalah bagian yang berharga dari setiap strategi bisnis. Di dunia sekarang ini merek Anda sangat diperlukan untuk dapat dipercaya dan dikenang. Namun, membangun kekuatan merek bukanlah tugas yang mudah. Menciptakan keseimbangan antara memiliki merek yang dapat diandalkan sambil mengikuti tren adalah hal yang rumit.

Merek yang sukses mampu meyakinkan orang untuk setia dan rela membayar lebih untuk sesuatu hanya karena berasal dari merek itu. Inilah sebabnya mengapa Google dan Bounty memiliki kontrol besar atas konsumen mereka, dan mengapa mereka sangat berinvestasi dan memprioritaskan aset merek mereka.

Pada akhirnya, kekuatan merek berasal dari memiliki produk berkualitas tinggi. Memang membutuhkan perjalanan yang panjang bagi perusahaan startup untuk melahirkan merek besar, tetapi 7 tips yang dilansir dari Inc.com ini dapat memandu perjalanan Anda untuk membangun merek yang trendi namun tahan lama.

Kenali audiens Anda

Salah satu langkah awal untuk sebuah usaha adalah menentukan audiens yang tepat. Anda harus bisa menggambarkan selera dan preferensi mereka.  Hal ini dapat membantu Anda mengukur apa yang penting bagi mereka dan bagaimana Anda dapat mengajukan banding kepada mereka. Memahami audiens Anda menjadi hal yang penting sehingga Anda dapat menjaga mereka menjadi pertimbangan dalam setiap langkah.

Lakukan Sekali Dengan Benar

Lukas Kurzmann, pendiri Women Best berkata, "Anda hanya harus melakukannya dengan benar sekali." Ini berarti Anda harus terus-menerus bereksperimen dengan hal-hal baru sampai akhirnya berhasil.

Ketika Anda mencoba membangun merek Anda, fokuslah untuk mendekatinya dengan eksperimen dan inovasi. Ini dapat mencakup mencoba teknik pemasaran baru dan berpotensi merekrut konsultan untuk menawarkan perspektif merek baru. Membangun merek sampai unggul membutuhkan perjalanan, belajar dari pengalam serta kesalahan, dan kemudian lakukan dengan benar.

Jalin Hubungan dengan Influencer

Anda tidak dapat berbicara tentang branding tanpa mendiskusikan strategi media sosial perusahaan Anda. Cara yang sangat efektif untuk membangun merek Anda di media sosial adalah dengan berkolaborasi dengan influencer. Seperti misalnya, Kurzmann, ia membelanjakan lebih dari 60 persen dari anggaran iklannya untuk influencer dan telah membangun sejumlah besar hubungan dengan influencer. Pendekatan terbaik di sini adalah memulai dengan proyek kecil dan menumbuhkan peluang seiring dengan bertumbuhnya hubungan.

 

Berinteraksi dengan Konsumen Anda

Ketika membuat keputusan yang penting bagi konsumen Anda, Anda harus berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan masukan. Buat mereka tetap terlibat sebanyak mungkin.

Cara lain yang produktif untuk melakukan ini adalah mendasarkan keputusan dari data yang diperoleh dari konsumen Anda. Gunakan informasi yang sudah Anda ketahui tentang kebiasaan dan preferensi mereka. Misalnya, ketika memilih influencer, bekerjalah dengan orang yang konsumen Anda banyak sukai. Baik Anda menggunakan survei, polling media sosial, atau kartu saran yang disertakan dengan pembelian, Anda harus berinteraksi dengan konsumen Anda - dan memanfaatkan umpan balik mereka.

Terus Kembangkan

Anda adalah perusahaan yang baru atau yang sudah ada selama puluhan tahun tetap perlu mengembangkan cerita merek Anda secara terus menerus. Ini termasuk mencampurkan jenis materi pemasaran yang Anda keluarkan dan memperkenalkan konsumen tentang elemen baru dalam merek Anda.

Mengembangkan cerita Anda memupuk hubungan dengan konsumen Anda. Ketika Anda lalai untuk melakukan itu, konsumen Anda akan menjadi bosan dengan merek Anda dan memberikan perhatian mereka pada merek lain yang menurutnya lebih menarik.

Optimalkan Usaha dan Dampak Brand Anda

Cara yang paling hebat untuk mengoptimalkan usaha Anda adalah memastikan bahwa Anda bukan hanya dilihat. Anda juga harus memberikan dampak baik dari apa yang Anda usahakan. Misalnya, apabila Anda memilik merek sepatu, dan Anda sedang berada di kampanye merek sandal, pastikan ada konsumen yang juga membeli sandal. Anda harus memiliki respect yang tinggi.

Hadir Dalam Berbagai Acara

Ada berbagai acara yang menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang berharga merek Anda. Jika Anda memiliki produk konsumen, Anda dapat menghadiri pameran dagang dan menawarkan merek Anda di depan pembeli. Jika Anda memiliki produk teknologi, Anda dapat menghadiri kompetisi pitch untuk berbaur dengan pemodal ventura.

Membangun merek adalah proses yang luar biasa intens. Itu membutuhkan waktu, dedikasi, dan inovasi. Ketujuh taktik ini adalah awal yang baik untuk membangun merek yang tahan lama bagi perusahaan Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Idhad Zakaria

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,766.77 3,728.54
British Pound GBP 1.00 18,468.44 18,283.99
China Yuan CNY 1.00 2,090.80 2,070.07
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,125.00 13,985.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,136.10 10,034.24
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.66 1,781.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,456.77 10,349.29
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,040.35 15,877.17
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,474.78 3,436.12
Yen Jepang JPY 100.00 12,744.74 12,615.01

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6512.784 18.117 627
2 Agriculture 1601.214 -11.059 21
3 Mining 1907.000 12.070 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.650 14.153 71
5 Miscellanous Industry 1359.890 0.132 46
6 Consumer Goods 2660.281 3.855 51
7 Cons., Property & Real Estate 458.747 4.624 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1206.870 -9.689 71
9 Finance 1236.721 2.980 91
10 Trade & Service 825.628 2.708 155
No Code Prev Close Change %
1 LEAD 75 92 17 22.67
2 PSDN 222 260 38 17.12
3 MPPA 306 356 50 16.34
4 CSAP 520 600 80 15.38
5 NATO 515 590 75 14.56
6 AKSI 352 390 38 10.80
7 TALF 300 332 32 10.67
8 ARTA 890 980 90 10.11
9 INTP 18,000 19,500 1,500 8.33
10 SIPD 955 1,030 75 7.85
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 2,510 1,900 -610 -24.30
2 PUDP 442 356 -86 -19.46
3 SIMA 300 250 -50 -16.67
4 YULE 208 175 -33 -15.87
5 TRIO 250 214 -36 -14.40
6 RELI 236 206 -30 -12.71
7 KONI 438 386 -52 -11.87
8 INCF 360 322 -38 -10.56
9 SMDM 188 170 -18 -9.57
10 CLAY 1,700 1,540 -160 -9.41
No Code Prev Close Change %
1 BMRI 7,200 7,100 -100 -1.39
2 FREN 288 284 -4 -1.39
3 JPFA 2,440 2,310 -130 -5.33
4 ANTM 1,025 1,060 35 3.41
5 BBCA 26,900 27,500 600 2.23
6 LEAD 75 92 17 22.67
7 TLKM 3,920 3,870 -50 -1.28
8 ADRO 1,295 1,345 50 3.86
9 GIAA 474 482 8 1.69
10 BBRI 3,910 3,890 -20 -0.51