Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak

7 Cara Efektif untuk Membangun Branding yang Layak Kredit Foto: Antara/Idhad Zakaria
Warta Ekonomi, Jakarta -

Membangun merek yang efektif dan kuat adalah bagian yang berharga dari setiap strategi bisnis. Di dunia sekarang ini merek Anda sangat diperlukan untuk dapat dipercaya dan dikenang. Namun, membangun kekuatan merek bukanlah tugas yang mudah. Menciptakan keseimbangan antara memiliki merek yang dapat diandalkan sambil mengikuti tren adalah hal yang rumit.

Merek yang sukses mampu meyakinkan orang untuk setia dan rela membayar lebih untuk sesuatu hanya karena berasal dari merek itu. Inilah sebabnya mengapa Google dan Bounty memiliki kontrol besar atas konsumen mereka, dan mengapa mereka sangat berinvestasi dan memprioritaskan aset merek mereka.

Pada akhirnya, kekuatan merek berasal dari memiliki produk berkualitas tinggi. Memang membutuhkan perjalanan yang panjang bagi perusahaan startup untuk melahirkan merek besar, tetapi 7 tips yang dilansir dari Inc.com ini dapat memandu perjalanan Anda untuk membangun merek yang trendi namun tahan lama.

Kenali audiens Anda

Salah satu langkah awal untuk sebuah usaha adalah menentukan audiens yang tepat. Anda harus bisa menggambarkan selera dan preferensi mereka.  Hal ini dapat membantu Anda mengukur apa yang penting bagi mereka dan bagaimana Anda dapat mengajukan banding kepada mereka. Memahami audiens Anda menjadi hal yang penting sehingga Anda dapat menjaga mereka menjadi pertimbangan dalam setiap langkah.

Lakukan Sekali Dengan Benar

Lukas Kurzmann, pendiri Women Best berkata, "Anda hanya harus melakukannya dengan benar sekali." Ini berarti Anda harus terus-menerus bereksperimen dengan hal-hal baru sampai akhirnya berhasil.

Ketika Anda mencoba membangun merek Anda, fokuslah untuk mendekatinya dengan eksperimen dan inovasi. Ini dapat mencakup mencoba teknik pemasaran baru dan berpotensi merekrut konsultan untuk menawarkan perspektif merek baru. Membangun merek sampai unggul membutuhkan perjalanan, belajar dari pengalam serta kesalahan, dan kemudian lakukan dengan benar.

Jalin Hubungan dengan Influencer

Anda tidak dapat berbicara tentang branding tanpa mendiskusikan strategi media sosial perusahaan Anda. Cara yang sangat efektif untuk membangun merek Anda di media sosial adalah dengan berkolaborasi dengan influencer. Seperti misalnya, Kurzmann, ia membelanjakan lebih dari 60 persen dari anggaran iklannya untuk influencer dan telah membangun sejumlah besar hubungan dengan influencer. Pendekatan terbaik di sini adalah memulai dengan proyek kecil dan menumbuhkan peluang seiring dengan bertumbuhnya hubungan.

 

Berinteraksi dengan Konsumen Anda

Ketika membuat keputusan yang penting bagi konsumen Anda, Anda harus berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan masukan. Buat mereka tetap terlibat sebanyak mungkin.

Cara lain yang produktif untuk melakukan ini adalah mendasarkan keputusan dari data yang diperoleh dari konsumen Anda. Gunakan informasi yang sudah Anda ketahui tentang kebiasaan dan preferensi mereka. Misalnya, ketika memilih influencer, bekerjalah dengan orang yang konsumen Anda banyak sukai. Baik Anda menggunakan survei, polling media sosial, atau kartu saran yang disertakan dengan pembelian, Anda harus berinteraksi dengan konsumen Anda - dan memanfaatkan umpan balik mereka.

Terus Kembangkan

Anda adalah perusahaan yang baru atau yang sudah ada selama puluhan tahun tetap perlu mengembangkan cerita merek Anda secara terus menerus. Ini termasuk mencampurkan jenis materi pemasaran yang Anda keluarkan dan memperkenalkan konsumen tentang elemen baru dalam merek Anda.

Mengembangkan cerita Anda memupuk hubungan dengan konsumen Anda. Ketika Anda lalai untuk melakukan itu, konsumen Anda akan menjadi bosan dengan merek Anda dan memberikan perhatian mereka pada merek lain yang menurutnya lebih menarik.

Optimalkan Usaha dan Dampak Brand Anda

Cara yang paling hebat untuk mengoptimalkan usaha Anda adalah memastikan bahwa Anda bukan hanya dilihat. Anda juga harus memberikan dampak baik dari apa yang Anda usahakan. Misalnya, apabila Anda memilik merek sepatu, dan Anda sedang berada di kampanye merek sandal, pastikan ada konsumen yang juga membeli sandal. Anda harus memiliki respect yang tinggi.

Hadir Dalam Berbagai Acara

Ada berbagai acara yang menawarkan peluang untuk pertumbuhan yang berharga merek Anda. Jika Anda memiliki produk konsumen, Anda dapat menghadiri pameran dagang dan menawarkan merek Anda di depan pembeli. Jika Anda memiliki produk teknologi, Anda dapat menghadiri kompetisi pitch untuk berbaur dengan pemodal ventura.

Membangun merek adalah proses yang luar biasa intens. Itu membutuhkan waktu, dedikasi, dan inovasi. Ketujuh taktik ini adalah awal yang baik untuk membangun merek yang tahan lama bagi perusahaan Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: