Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhatikan 3 Tahapan Ini Agar Bisnis Kuliner Menjadi Sukses

Perhatikan 3 Tahapan Ini Agar Bisnis Kuliner Menjadi Sukses Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis kuliner adalah sesuatu yang lumrah di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.  Banyak pengusaha yang beralih ke bisnis kuliner. Ada pula beberapa artis yang turut terjun ke dunia tersebut. Sebut saja Ruben Onsu, Anji, Prilly Latuconsina, dan masih banyak lagi.

Bagi sebagian besar orang, bisnis kuliner adalah hal yang mudah. Tidak perlu banyak perhitungan, asal ahli dalam memasak, maka bisa terjun ke dunia itu. Padahal tidak demikian. Bisnis kuliner juga memerlukan tahapan yang harus diperhatikan.

Berikut tahapan yang perlu dilakukan dalam membuat bisnis kuliner menurut Yuyun Anwar, seorang konsultan bisnis yang sudah banyak menangani UKM bidang kuliner:

1. Membuat Konsep

Sebelum membuat produk, calon pengusaha kuliner harus lebih dulu mengetahui konsep bisnisnya seperti apa. Mulai dari menentukan target market, marketing, hingga value apa yang ingin disampaikan kepada customer. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya ke depan agar tidak asal dalam bertindak dan lebih ter-planning

2. Membuat Produk

Ketika pasar sudah dapat dilihat atau dipetakan, barulah melakukan langkah selanjutnya yaitu membuat produk. Jangan membuat produk hanya karena sedang tren. Utamakan kualitas dalam menciptakan produk. Produk yang berkualitas tentu akan menarik banyak market. Hanya sekadar enak pun belum cukup untuk membuat bisnis kuliner Anda sukses. Anda harus lebih kreatif dalam membuat produk.  Produk yang terus berkembang kreativitasnya tentu menjadi daya tarik bagi para konsumen.

3. Membuat Strategi Pemasaran

Konsep sudah dibuat, pasar sudah ditentukan, dan produk pun siap dipasarkan. Langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat strategi pemasaran. Dalam memasarkan produk, perlu dilakukan dengan hati-hati. Strategi yang digunakan haruslah terkonsep dengan baik dan sesuai dengan produk dan service yang ditawarkan kepada market. Pastikan pula produk yang Anda pasarkan akan disukai oleh kebanyakan konsumen.

Jadi, sebelum Anda terjun ke dunia bisnis kuliner, ada baiknya Anda mempertimbangkan serta melakukan ketiga hal tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: