Portal Berita Ekonomi Rabu, 22 Agustus 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:30 WIB. APBN - Pembangunan SDM jadi prioritas APBN 2019.
  • 13:29 WIB. Laos - Banjir luas di Laos.
  • 13:27 WIB. Asian Games - Kayak puteri lolos ke final.
  • 13:25 WIB. Asian Games - Emas bagi Indonesia dari paralayang.
  • 13:24 WIB. Asian Games - Ramai asian games bukan berarti lupa gempa Lombok.
  • 10:59 WIB. Sanksi AS - Rusia tegaskan akan respons sanksi baru AS.
  • 10:58 WIB. Jerman - AS deportasi eks penjaga penjara Nazi ke Jerman.
  • 10:56 WIB. Donald Trump - Mantan pengacara akui Trump menyuap saat kampanye.
  • 10:55 WIB. United States - Microsoft kantongi bukti baru peretasan politikus AS.
  • 10:54 WIB. Kolombia - Kolombia tuduh militer Venezuela masuk perbatasan tanpa izin.
  • 10:54 WIB. Venezuela - Gempa 7,3 SR guncang pesisir pantai timur Venezuela.
  • 10:51 WIB. Rusia - AS memberlakukan sanksi baru untuk Rusia atas aktivitas terkait dengan 'cyber'.
  • 10:51 WIB. Rusia - AS memberlakukan sanksi baru untuk Rusia atas aktivitas terkait dengan 'cyber'.
  • 10:49 WIB. Nuklir - Rusia bersiap untuk mencari rudal bertenaga nuklir yang hilang di laut beberapa bulan lalu.
  • 10:48 WIB. Tarif Impor - Trump: AS akan menetapkan tarif 25% untuk setiap mobil dari Uni Eropa.

Kedekatan dengan Konsumen Jadi Kunci Sukses DataPrint

Foto Berita Kedekatan dengan Konsumen Jadi Kunci Sukses DataPrint
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Faktor kedekatan bisa memperkuat jalinan suatu hubungan. Ungkapan tersebut tidak hanya berlaku bagi hubungan antar manusia tapi juga berlaku bagi suatu merk. Merk yang dekat dengan masyarakat bisa dipastikan akan jauh lebih mudah dingat oleh masyarakat tersebut.

Dekat bagi suatu merk disini mengandung arti jangkauan pasar suatu merk dan juga engagement yang terjalin dengan konsumen. Salah satu merk yang berhasil membangun kedekatan dengan konsumen adalah DataPrint Indonesia dengan produk refill tinta printer. 

Refill tinta printer DataPrint dari segi kualitas sudah tidak diragukan lagi karena pengalamannya di pasar ini sudah selama 26 tahun. Eksistensi dari tahun 1992 silam bisa terus bertahan karena melakukan inovasi yang berkelanjutan. Ekstensifikasi produk juga diperhatikan DataPrint disesuaikan dengan keinginan dari konsumen.

Saat ini selain refill tinta printer, DataPrint juga menyediakan varian produk lain seperti berbagai jenis kertas foto dan compatible toner cartridge. Inovasi produk tersebut juga diperkuat dengan strategi lainnya yaitu mendekatkan produk mereka ke konsumen

Head of Marketing and Promotion, Siti Rahmayanti, mengungkapkan kunci dari keberhasilan ini adalah dengan memangkas jarak antara produknya dan konsumen, sehingga konsumen aware, lalu kemudian mengenal dan akhirnya menggunakan produknya. Untuk menjadi dekat dengan konsumen, DataPrint menggunakan strategi pemasarannya dengan memaksimalkan peran distributor. Diakuinya distributor DataPrint kini sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. 

"Konsumen tidak perlu khawatir untuk mencari produk kami karena gampang dicari dan ditemui dimana saja,” ungkap Siti. 

Keunggulan dalam luas jangkauan pasar tersebut juga diikuti dengan kedalamannya. Dalam disini mempunyai artian penetrasi pasar yang dilakukan oleh DataPrint.  Terlihat agresivitas Dataprint dalam penetrasi pasar karena sudah menggarap pasar modern dan tradisional secara maksimal.

Siti juga memahami bahwa kedekatan ini harus terus di maintence dan dijaga dengan baik. Untuk itu ia juga mulai memaksimalkan pemasaran melalui kanal digital. Perkembangan digital yang siginifikan di Indonesia mulai 'memaksa' merk-merk melakukan peralihan/shifting menggunakan kanal baru ini termasuk DataPrint.

Kanal digital, terutama media sosial dan situs sharing video seperti twitter, Instagram, Facebook dan YouTube menjadi arena bermain baru bagi DataPrint untuk pemasaran. Kanal digital diakui Siti memberikan kemudahan bagi merk miliknya karena tidak hanya untuk melakukan pemasaran saja.

Selain untuk pemasaran dengan fungsi awareness juga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan edukasi kepada konsumen. Di Media sosial, konsumen bisa memberikan kritik dan saran kepada DataPrint secara langsung. Sedangkan di YouTube menjadi saran edukasi kepada konsumen terhadap produk kami. Selain itu DataPrint juga sering mengadakan promo dan kuis-kuis kepada konsumen. 

Keberhasilan DataPrint sudah sering diganjar dengan sejumlah penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Top Brand Award. Bahkan untuk Top Brand Award, DataPrint mempunyai prestasi yang mentereng dengan meraih secara berturut-turut 10 kali penghargaan yang digagas oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing. DataPrint selalu berada di tempat teratas untuk kategori refill tinta printer.

Tag: strategi bisnis

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: DataPrint

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5944.301 52.109 599
2 Agriculture 1614.738 25.794 20
3 Mining 1998.786 -15.550 46
4 Basic Industry and Chemicals 823.432 20.382 70
5 Miscellanous Industry 1273.081 9.488 45
6 Consumer Goods 2419.918 56.708 46
7 Cons., Property & Real Estate 443.209 3.925 67
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1011.366 -1.421 70
9 Finance 1061.408 1.105 91
10 Trade & Service 853.400 6.553 144
No Code Prev Close Change %
1 ANDI 424 530 106 25.00
2 PGLI 199 248 49 24.62
3 FILM 1,360 1,545 185 13.60
4 PSDN 256 290 34 13.28
5 APLI 91 103 12 13.19
6 IPCM 392 440 48 12.24
7 ERAA 2,590 2,890 300 11.58
8 HERO 905 1,000 95 10.50
9 RELI 260 286 26 10.00
10 NICK 130 143 13 10.00
No Code Prev Close Change %
1 SDMU 103 87 -16 -15.53
2 LPIN 1,085 965 -120 -11.06
3 INCF 212 190 -22 -10.38
4 PYFA 189 170 -19 -10.05
5 PALM 398 360 -38 -9.55
6 GLOB 170 154 -16 -9.41
7 LMSH 655 600 -55 -8.40
8 TGKA 2,720 2,500 -220 -8.09
9 SIMA 139 128 -11 -7.91
10 PBSA 615 575 -40 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 TLKM 3,390 3,350 -40 -1.18
2 BBRI 3,180 3,150 -30 -0.94
3 FILM 1,360 1,545 185 13.60
4 PTBA 4,260 4,120 -140 -3.29
5 PGAS 1,860 1,930 70 3.76
6 TRAM 224 220 -4 -1.79
7 ERAA 2,590 2,890 300 11.58
8 TKIM 14,125 15,150 1,025 7.26
9 LPPS 108 106 -2 -1.85
10 ENRG 130 138 8 6.15

Recommended Reading