Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:48 WIB. Kereta - Pengaktifan rel ganda anatara Stasiun Kroya dan Stasiun Purwokerto akibatkan keterlambatan kedatangan ketera api di Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.
  • 09:28 WIB. CPNS - Berkas perkara penipuan CPNS 2013 telah siap disidangkan. 
  • 08:08 WIB. Honorer - Anggota DPRD Maluku Utara desak Pemprov bayarkan gaji 1.228 guru honorer.
  • 07:57 WIB. Avtur - Harga avtur Bandara Soetta turun 26% menjadi Rp7.960 per liter.
  • 07:55 WIB. CPO- Tahun 2018, produksi CPO AALI menigkat 18,5%. 
  • 06:16 WIB. Ligue 1 Prancis - Lyon 2 vs 1 Guingamp
  • 06:15 WIB. Ligue 1 Prancis - Nimes 2 vs 0 Dijon
  • 06:14 WIB. Eredivisie Belanda - ADO Den Haag 1 vs 0 PEC Zwolle
  • 06:13 WIB. Bundesliga Jerman - Augsburg 2 vs 3 FC Bayern München
  • 06:12 WIB. LaLiga Spanyol - Eibar 2 vs 2 Getafe
  • 06:10 WIB. Serie A Italia - Juventus 3 vs 0 Frosinone
  • 06:09 WIB. FA Cup - Queens Park Rangers 0 vs 1 Watford
  • 18:42 WIB. Jokowi - Usai Bukalapak, #UninstallJokowi kian menggema.

Rex Marindo: Bisnis Itu Tak Harus Unik

Foto Berita Rex Marindo: Bisnis Itu Tak Harus Unik
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pada tahun 2015 lalu ada seseorang yang berkomentar: Bro, enggak salah buat bisnis bakso? Sudah banyak banget yang jualan bakso, apalagi di Bandung. Mana sudah ada raja-rajanya yang terkenal sejak dulu. Coba buat bisnis yang lebih unik dan outstanding-lah sehingga pesaing belum banyak dan potensi market masih besar. Bakso mah berat dan peluang kecil.

Kemudian pada tahun 2017: Cabang ke-17 dan 18 Bakso Boedjangan Bintaro dan Bakso Boedjangan Bogor.

Butuh waktu sekitar dua tahun lebih bagi saya untuk mulai menulis dan memberikan jawaban dari komen salah satu kolega bisnis saya di atas. Tentu dalam konteks ini saya tidak bicara soal motivasi bagaimana ide bisnis kita disanksikan atau direndahkan, not that point at all. Pembukan di atas hanya sebuah gambaran bahwa kadang banyak orang yang tidak bisa melihat peluang bisnis/pasar yang punya potensi untuk digarap dan menjadi besar. Yuk, coba kita bahas satu-persatu dari beberapa penggalan kalimat kolega saya tersebut.

1. Bisnis yang Unik dan OutStanding

Apa definisi unik/outstanding dalam bisnis? Sesuatu yang belum pernah ada dijual? Atau sudah ada yang jual tapi masih sedikit kompetitor? Atau sesuatu yang tidak bisa ditiru sama sekali? Atau pas orang melihat lantas terbengong-bengong sampai bingung ini orang jualan apa yah?

Dalam melakukan bisnis adalah betul kita harus membangun keunikanan (diferensiasi) produk dan brand, namun pertanyaan paling mendasar yang harus dijawab adalah apakah diferensiasi ini dibutuhkan oleh konsumen? Apakah dengan diferensiasi tersebut konsumen akan membeli dan yang terpenting apakah konsumen akan terus membeli (repeat) produk tersebut? Artinya, yang paling penting adalah bisnis yang unik itu harus dibangun berdasarkan customer driven company.

Dalam membangun bisnis, soal menjadi unik atau punya kelebihan itu tentu poin penting, tapi berapa besar pasar, seberapa potensial yang bisa kita garap juga jauh sangat penting. Siapa yang tidak makan bakso? Artinya, pasar bakso sangatlah besar dan potensial untuk digarap, jadi penting sekali untuk dipahami jangan sampai kita terjebak menjalankan bisnis yang marketnya sendiri kita tidak tahu besar atau kecil karena uniknya produk kita.

2. Banyak Pesaing

Nah, kalau bisnis banyak pemain apa artinya? Tepat sekali, pasarnya cukup besar dan potensial untuk digarap. Tentu tidak akan mudah seperti halnya ketika saya masuk ke bisnis bakso. Saya masih ingat masa-masa di mana dua bulan awal sepi pengunjung (trial opening), paling hanya 3-5 konsumen datang dan itu sepertinya ragu-ragu buat masuk, tapi yah memang itu bagian dari strategi untuk membiasakan dulu kegiatan operasional biar jika nanti ramai sudah tidak shock.

Banyak pesaing artinya konsumen sudah sangat teredukasi dengn produk tersebut sehingga "pertarungannya" tidak lagi soal membentuk pasar yang belum ada tapi tentang bagaimana "memindahkan" pasar yang ada untuk mengonsumsi brand kita. Di sini peran kreativitas, marketing, dan strategi bisnis akan memegang peranan yang sangat besar, tapi sekali lagi, tidak pusing-pusing amat buat membentuk market baru.

Jadi, unik penting, tapi potensi jauh lebih penting untuk dipahami dari awal. Bukan berarti kita tidak boleh menggarap yang niche marketing tapi lihat dan hitung dulu apakah potensinya cukup besar untuk kita garap. Pesaing juga boleh banyak tapi jika potensi masih besar dan kita melihat ada celah untuk bisa menjadi besar tentu juga akan sangat menarik untuk digarap.

Tag: Rex Marindo

Penulis: Rex Marindo, Founder Nasi Goreng Mafia dan Warunk Upnormal

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,783.30 3,744.53
British Pound GBP 1.00 18,150.85 17,967.77
China Yuan CNY 1.00 2,097.95 2,076.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,187.00 14,045.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,058.58 9,952.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.88 1,789.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.06 10,334.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,015.70 15,848.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,472.95 3,433.99
Yen Jepang JPY 100.00 12,861.03 12,731.15

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31