Portal Berita Ekonomi Rabu, 19 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:45 WIB. Minyak -  Brent crude futures naik  $1.80, atau  3%, menjadi  $62.74 per barel pada 11:11 am EDT (1511 GMT)
  • 23:44 WIB. Minyak - U.S. West Texas Intermediate crude futures naik  $2.26, atau  4.4%, menjadi  $54.19 per barel pada  11:11 a.m. EDT (1511 GMT).
  • 23:35 WIB. Airbus - Airbus memenangkan order 100 pesawat, kalahkan Boeing.
  • 23:23 WIB. Libra - Visa, Mastercard, PayPal akan bergabung Facebook membangun uang kripto.
  • 23:13 WIB. Maskapai - Vietnam Airlines minta dukungan Pemerintah untuk membeli 100 pesawat baru.
  • 23:02 WIB. Uang Kripto - Menkeu Prancis mengajak bank sentral Eropa untuk me-review token Facebook.
  • 22:41 WIB. Libra - Facebook mengatakan Libra akan jadi saingan US$.
  • 21:48 WIB. Taiwan - Giant Mamufacturing akan memindahkan basis produksinya dari China ke Taiwan.
  • 21:27 WIB. Perang Dagang - Trump mengatakan akan ada "extended meeting" dengan Xi Jinping di G-20.
  • 20:58 WIB. Perbankan - BRI meluncurkan aplikasi BRI Credit Mobile.
  • 20:55 WIB. Delisting - Saham PT Borneo Lumbung Energi Tbk (BORN) dan PT Bara Jaya Internasional Tbk (ATPK) tahun ini terancam kena delisting.
  • 20:42 WIB. KA - Pemudik moda Kereta Api di Daop VI tumbuh 6%.
  • 20:42 WIB. Paris - Menkeu Prancis menjadikan aliansi Renault dengan Nissan sebagai prioritasnya.
  • 19:12 WIB. Pertamina - Pertamina dan Aramco sepakat melanjutkan kerja sama kilang Cilacap.
  • 18:36 WIB. Bekraf - Bekraf menargetkan 2.200 layar bioskop hingga tahun depan.

5 Cara Rex Marindo Membangun Diferensiasi Brand

5 Cara Rex Marindo Membangun Diferensiasi Brand - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jadilah berbeda atau brand kita tidak akan bertahan hidup lebih lama.

Iya, dalam dunia bisnis diferensiasi adalah mantra penting yang betul-betul harus dipahami, dimengerti, dan dieksekusi dengan tepat oleh pemilik brand agar bisnis bisa bertahan dan terus berkembang. Nah, masalahnya adalah kebanyakan pebisnis khususnya UKM sering kali tidak paham tentang diferensiasi, Mereka hanya tahu menjadi beda, unik, to be the one, atau bahkan semua umat manusia di muka bumi ini sampai bingung dengan apa yang orang tersebut jual.

Jika diperhatikan, kebanyakan pebisnis juga sering tidak tepat dalam mengimplementasikan diferensiasi ke dalam brand. Alhasil, alih-alih menjadi faktor pembeda yang punya daya ungkit dan reason to buy justru diferensiasi malah menjadi backfire atau tidak punya impact sama sekali terhadap bisnis.

Membangun diferensiasi brand merupakan hal yang kompleks dan sulit terutama dalam situasi saat ini di mana arus informasi, teknologi, dan pengetahuan sangat mudah didapat dan dicari oleh banyak pihak khususnya kompetitor. Sesuatu yang menjadi diferensiasi hari ini bisa menjadi menjadi basi pada esok hari karena tiba-tiba kompetitor atau orang lain membuat hal yang sama bahkan lebih baik.

Jadi, ada beberapa pendekatan yang bisa dijadikan acuan untuk membangun diferensiasi yang kuat sehingga punya daya saing namun sekaligus tidak mudah ditiru oleh kompetitor tentunya.

1. Customer Intimacy Approach

Pendekatan dalam membangun diferensiasi yang fokus pada kekuatan layanan ke pelanggan merupakan hal yang cukup sulit ditiru setidaknya dalam jangka waktu pendek karena hal ini terkait dengan pola perusahaan dalam membangun budaya perusahaan.

Starbucks misalnya, kenapa mereka mengatakan: it's not about the coffee - we're in the people business serving coffee, not the coffee business serving people. Simpel, karena mereka ingin membangun diferensiasi yang kuat tentang kedekatan dengan konsumen melalui produk kopi. Hal ini terlihat dari sisi layanan setiap karyawan, fasilitas yang konsumen dapatkan, hingga suasana yang diciptakan sangat berorientasi dengan human touch spirit.

2. Cost Leadership Approach

Nah, ini pendekatan diferensiasi yang cukup kuat menjadi reason to buy konsumen dan juga menuntut perusahaan untuk sangat efisien sehingga margin profit masih bisa dijaga di angka yang menguntungkan. Air Asia contohnya, dengan moto Now Everyone Can Fly, maskapai penerbangan low cost seperti ini jelas mengedepankan harga murah yang menjadi diferensiasi brand.

Hanya saja yang sangat penting untuk dipahami adalah jangan muncul image "murah tidak berkualitas" secara brand karena ini tentu tidak baik kecuali konsumen tidak memiliki pilihan.

3. Spiritual Spirit Approach

Apa brand yang paling sukses di dunia? Jika boleh dibilang brand maka jelas agama yang dianut oleh hampir sebagian besar penduduk di bumi inilah brand terbesar yang pernah ada. Spiritual spirit merupakan salah satu pendekatan yang luar biasa kuat karena biasa akan memunculkan penganut dan pengikut yang bukan lagi berbicara soal transaksi tapi sudah soal yang more than the wolrd.

Dalam banyak studi brand mungkin Harley Davidson yang paling sering diangkat menjadi bahasan tentang bagaimana brand ini menjadi "spirit atau agama" bagi pengikutnya.

4. Technological Approach 

Pendekatan ini lebih mengedepankan kekuatan teknologi untuk membangun daya saing dan diferensiasi di pasar. Kenapa kita membeli Apple? Karena kita tahu bahwa Apple adalah perusahaan yang inovatif. Kenapa kita menggunakan Grab atau Gojek? Karena kita tahu semua kemudahan yang ditawarkan melalui aplikasi yang mereka berikan.

Kenapa kita memesan hotel di Traveloka? Simpel saja, gampang tinggal klak klik, klak klik, beres hotel ter-booking.

5. Internal Process Approach

Coba sebutkan apa diferensiasi McDonald sehingga menjadi valuable brand yang sangat luar biasa dan bisnis juga berkembang luar biasa di seluruh dunia? Sudah pasti 1.000% saya yakin hal ini sangat sulit dijawab dengan tepat, ayam? Lah, di Australia tidak menjual ayam. Burger? Kentang?

Menurut saya, diferensiasi yang mereka bangun adalah process dan system yang bisa diadaptasi secara global sehingga mereka berkembang menjadi brand global. Coba lihat layout, SOP, dapur, kitchen, peralatan, cara kerja dan semua hal yang ada sudah terstandar dengan jelas dan lengkap.

Tag: Rex Marindo

Penulis: Rex Marindo, Founder Nasi Goreng Mafia dan Warunk Upnormal

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,841.29 3,802.19
British Pound GBP 1.00 18,047.84 17,861.73
China Yuan CNY 1.00 2,089.58 2,068.70
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,406.00 14,262.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,859.47 9,759.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,839.21 1,820.64
Dolar Singapura SGD 1.00 10,516.10 10,410.22
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.26 16,019.08
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,448.89 3,411.96
Yen Jepang JPY 100.00 13,300.71 13,164.11

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6257.330 66.805 635
2 Agriculture 1388.988 1.248 21
3 Mining 1588.662 -10.722 46
4 Basic Industry and Chemicals 739.579 -1.105 71
5 Miscellanous Industry 1295.411 16.430 47
6 Consumer Goods 2445.115 29.514 52
7 Cons., Property & Real Estate 483.431 15.801 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1172.946 11.538 74
9 Finance 1278.843 17.757 90
10 Trade & Service 802.333 2.985 158
No Code Prev Close Change %
1 BOLA 296 370 74 25.00
2 SMBR 785 980 195 24.84
3 DUTI 3,820 4,750 930 24.35
4 KONI 372 436 64 17.20
5 MKPI 13,600 15,925 2,325 17.10
6 HELI 167 195 28 16.77
7 MIDI 1,020 1,190 170 16.67
8 MNCN 975 1,130 155 15.90
9 BMTR 360 406 46 12.78
10 PICO 268 300 32 11.94
No Code Prev Close Change %
1 BLTZ 4,950 3,800 -1,150 -23.23
2 INPP 995 800 -195 -19.60
3 ARMY 268 220 -48 -17.91
4 FITT 173 143 -30 -17.34
5 NICK 278 236 -42 -15.11
6 SDMU 72 62 -10 -13.89
7 SOSS 430 378 -52 -12.09
8 SMRU 176 156 -20 -11.36
9 KBLV 410 364 -46 -11.22
10 BUVA 112 100 -12 -10.71
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 975 1,130 155 15.90
2 CCSI 250 246 -4 -1.60
3 BMTR 360 406 46 12.78
4 CENT 90 95 5 5.56
5 BBRI 4,200 4,260 60 1.43
6 TLKM 3,900 3,980 80 2.05
7 WEGE 314 332 18 5.73
8 BDMN 4,250 4,110 -140 -3.29
9 POLY 100 99 -1 -1.00
10 SMRU 176 156 -20 -11.36