Portal Berita Ekonomi Rabu, 08 April 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:18 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.650 USD/troy ounce.
  • 16:18 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 31,90 USD/barel.
  • 16:17 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 24,44 USD/barel.
  • 16:16 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,20% terhadap Poundsterling pada level 1,2307 USD/GBP.
  • 16:15 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,36% terhadap Euro pada level 1,0853 USD/EUR.
  • 16:14 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,34% terhadap Yuan pada level 7,0695 CNY/USD.
  • 16:12 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,09% terhadap Yen pada level 108,86 JPY/USD.
  • 16:10 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 0,31% terhadap Dollar AS pada level 16.250 IDR/USD.
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup negatif 1,17% pada level 23.970.
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup negatif 0,19% pada level 2.815.
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup negatif 1,57% pada level 2.531.
  • 16:03 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 1,90% pada level 5.596.
  • 16:02 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 2,13% pada level 19.353.
  • 16:00 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup negatif 0,90% pada level 1.807.

5 Cara Rex Marindo Membangun Diferensiasi Brand

5 Cara Rex Marindo Membangun Diferensiasi Brand - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jadilah berbeda atau brand kita tidak akan bertahan hidup lebih lama.

Iya, dalam dunia bisnis diferensiasi adalah mantra penting yang betul-betul harus dipahami, dimengerti, dan dieksekusi dengan tepat oleh pemilik brand agar bisnis bisa bertahan dan terus berkembang. Nah, masalahnya adalah kebanyakan pebisnis khususnya UKM sering kali tidak paham tentang diferensiasi, Mereka hanya tahu menjadi beda, unik, to be the one, atau bahkan semua umat manusia di muka bumi ini sampai bingung dengan apa yang orang tersebut jual.

Jika diperhatikan, kebanyakan pebisnis juga sering tidak tepat dalam mengimplementasikan diferensiasi ke dalam brand. Alhasil, alih-alih menjadi faktor pembeda yang punya daya ungkit dan reason to buy justru diferensiasi malah menjadi backfire atau tidak punya impact sama sekali terhadap bisnis.

Membangun diferensiasi brand merupakan hal yang kompleks dan sulit terutama dalam situasi saat ini di mana arus informasi, teknologi, dan pengetahuan sangat mudah didapat dan dicari oleh banyak pihak khususnya kompetitor. Sesuatu yang menjadi diferensiasi hari ini bisa menjadi menjadi basi pada esok hari karena tiba-tiba kompetitor atau orang lain membuat hal yang sama bahkan lebih baik.

Jadi, ada beberapa pendekatan yang bisa dijadikan acuan untuk membangun diferensiasi yang kuat sehingga punya daya saing namun sekaligus tidak mudah ditiru oleh kompetitor tentunya.

1. Customer Intimacy Approach

Pendekatan dalam membangun diferensiasi yang fokus pada kekuatan layanan ke pelanggan merupakan hal yang cukup sulit ditiru setidaknya dalam jangka waktu pendek karena hal ini terkait dengan pola perusahaan dalam membangun budaya perusahaan.

Starbucks misalnya, kenapa mereka mengatakan: it's not about the coffee - we're in the people business serving coffee, not the coffee business serving people. Simpel, karena mereka ingin membangun diferensiasi yang kuat tentang kedekatan dengan konsumen melalui produk kopi. Hal ini terlihat dari sisi layanan setiap karyawan, fasilitas yang konsumen dapatkan, hingga suasana yang diciptakan sangat berorientasi dengan human touch spirit.

2. Cost Leadership Approach

Nah, ini pendekatan diferensiasi yang cukup kuat menjadi reason to buy konsumen dan juga menuntut perusahaan untuk sangat efisien sehingga margin profit masih bisa dijaga di angka yang menguntungkan. Air Asia contohnya, dengan moto Now Everyone Can Fly, maskapai penerbangan low cost seperti ini jelas mengedepankan harga murah yang menjadi diferensiasi brand.

Hanya saja yang sangat penting untuk dipahami adalah jangan muncul image "murah tidak berkualitas" secara brand karena ini tentu tidak baik kecuali konsumen tidak memiliki pilihan.

3. Spiritual Spirit Approach

Apa brand yang paling sukses di dunia? Jika boleh dibilang brand maka jelas agama yang dianut oleh hampir sebagian besar penduduk di bumi inilah brand terbesar yang pernah ada. Spiritual spirit merupakan salah satu pendekatan yang luar biasa kuat karena biasa akan memunculkan penganut dan pengikut yang bukan lagi berbicara soal transaksi tapi sudah soal yang more than the wolrd.

Dalam banyak studi brand mungkin Harley Davidson yang paling sering diangkat menjadi bahasan tentang bagaimana brand ini menjadi "spirit atau agama" bagi pengikutnya.

4. Technological Approach 

Pendekatan ini lebih mengedepankan kekuatan teknologi untuk membangun daya saing dan diferensiasi di pasar. Kenapa kita membeli Apple? Karena kita tahu bahwa Apple adalah perusahaan yang inovatif. Kenapa kita menggunakan Grab atau Gojek? Karena kita tahu semua kemudahan yang ditawarkan melalui aplikasi yang mereka berikan.

Kenapa kita memesan hotel di Traveloka? Simpel saja, gampang tinggal klak klik, klak klik, beres hotel ter-booking.

5. Internal Process Approach

Coba sebutkan apa diferensiasi McDonald sehingga menjadi valuable brand yang sangat luar biasa dan bisnis juga berkembang luar biasa di seluruh dunia? Sudah pasti 1.000% saya yakin hal ini sangat sulit dijawab dengan tepat, ayam? Lah, di Australia tidak menjual ayam. Burger? Kentang?

Menurut saya, diferensiasi yang mereka bangun adalah process dan system yang bisa diadaptasi secara global sehingga mereka berkembang menjadi brand global. Coba lihat layout, SOP, dapur, kitchen, peralatan, cara kerja dan semua hal yang ada sudah terstandar dengan jelas dan lengkap.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

Baca Juga

Tag: Rex Marindo

Penulis: Rex Marindo, Founder Nasi Goreng Mafia dan Warunk Upnormal

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,343.24 4,297.73
British Pound GBP 1.00 20,125.34 19,917.01
China Yuan CNY 1.00 2,311.19 2,286.57
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,326.23 16,163.78
Dolar Australia AUD 1.00 10,037.37 9,929.41
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,106.01 2,084.92
Dolar Singapura SGD 1.00 11,445.76 11,327.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,749.88 17,568.41
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,757.48 3,711.97
Yen Jepang JPY 100.00 15,012.63 14,859.15
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4626.695 -151.944 688
2 Agriculture 978.421 -34.066 22
3 Mining 1228.044 -34.552 49
4 Basic Industry and Chemicals 653.864 -23.079 78
5 Miscellanous Industry 727.043 -32.128 52
6 Consumer Goods 1697.996 -58.668 57
7 Cons., Property & Real Estate 334.365 -13.299 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 821.336 -31.949 78
9 Finance 991.588 -33.035 92
10 Trade & Service 600.535 -7.731 170
No Code Prev Close Change %
1 KBAG 100 135 35 35.00
2 VINS 96 129 33 34.38
3 SBAT 105 141 36 34.29
4 RUIS 171 220 49 28.65
5 PYFA 173 220 47 27.17
6 MTPS 336 420 84 25.00
7 DFAM 322 402 80 24.84
8 AMFG 2,250 2,690 440 19.56
9 TIRA 274 324 50 18.25
10 HDFA 131 153 22 16.79
No Code Prev Close Change %
1 ENVY 100 93 -7 -7.00
2 PANS 1,000 930 -70 -7.00
3 PNIN 715 665 -50 -6.99
4 TKIM 5,300 4,930 -370 -6.98
5 AKRA 2,150 2,000 -150 -6.98
6 BALI 645 600 -45 -6.98
7 ITIC 4,300 4,000 -300 -6.98
8 CSRA 344 320 -24 -6.98
9 DOID 129 120 -9 -6.98
10 LMPI 86 80 -6 -6.98
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,030 2,820 -210 -6.93
2 BTPS 2,780 2,660 -120 -4.32
3 BBCA 28,275 28,175 -100 -0.35
4 BBNI 4,310 4,010 -300 -6.96
5 REAL 72 67 -5 -6.94
6 TLKM 3,220 3,110 -110 -3.42
7 IPCC 298 322 24 8.05
8 PURA 75 72 -3 -4.00
9 KAEF 1,275 1,340 65 5.10
10 BMRI 5,125 4,770 -355 -6.93