Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cek Email Habis Pulang Kerja, Kebiasaan Baik atau Buruk?

Cek Email Habis Pulang Kerja, Kebiasaan Baik atau Buruk? Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sudah pulang dari kantor tapi masih cek email ternyata punya risiko terhadap kesehatan, ini kesimpulan dari penelitian Universitas Virginia Tech.

Karyawan di universitas ini diteliti dan ternyata mereka memiliki tingkat kecemasan yang bisa membahayakan kesehatan. Gara-garanya, mereka masih suka mengecek email terkait pekerjaan meski sudah lewat jam kantor. Begitu juga mereka punya kebiasaan mengecek email ketika bangun di pagi hari.

"Tuntutan kerja dan kehidupan non-kerja yang bersaing menghadirkan dilema bagi karyawan yang memicu perasaan cemas dan membahayakan pekerjaan serta kehidupan pribadi," kata rekan penulis William Becker, profesor manajemen di Pamplin College of Business.

Temuan ini menambah semakin banyaknya bukti bahwa batasan kerja fleksibel sering berubah menjadi kerja tanpa batas, yaitu atasan menganggap staf tidak akan pernah istirahat. Kekhawatiran itu muncul dari jutaan karyawan yang membaca email sebelum mereka pergi tidur dan hal yang dilakukan pertama kali saat mereka bangun tidur.

Studi Becker menemukan kebiasaan itu menimbulkan ketegangan dan kecemasan, bagi karyawan, pasangannya, atau anak-anak mereka. Ini adalah makalah pertama yang mengidentifikasi fenomena yang memiliki implikasi bagi pekerja kantor di seluruh dunia.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan tekanan dari bertambahnya tuntutan pekerjaan menyebabkan ketegangan dan konflik dalam hubungan keluarga. Hal ini terjadi jika karyawan tidak dapat memenuhi peran di rumah yang non-kerja, "misalnya ketika seseorang membawa pekerjaan ke rumah untuk menyelesaikannya," kata Dr Becker.

Temuan terbaru menunjukkan karyawan bahkan tidak perlu terlibat dalam pekerjaan yang sebenarnya selama waktu non-kerja agar efeknya terlihat. Ini berbeda dengan tuntutan terkait pekerjaan yang menambah tekanan, baik fisik maupun psikologis, dengan mengharuskan waktu jauh dari rumah.

"Dampak berbahaya dari budaya organisasi yang harus selalu siap sedia sering tidak diketahui atau disamarkan sebagai manfaat - peningkatan kenyamanan, misalnya, atau otonomi yang lebih tinggi dan kontrol atas batas-batas kehidupan kerja. Penelitian kami mendapati bahwa batasan kerja fleksibel sering berubah menjadi kerja tanpa batas mengorbankan kesehatan dan kesejahteraan karyawan dan keluarga mereka," kata Dr Becker.

Dia mengatakan idealnya ada kebijakan mengurangi pantauan komunikasi elektronik di luar pekerjaan. Kalau hal itu tidak mungkin, opsi lain adalah menetapkan batas-batas komunikasi elektronik yang dapat diterima selama di luar jam kerja.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa mengecek email kerja di rumah atau menerima telepon dari bos saat akhir pekan dapat merusak kesehatan. Penelitian lain terhadap 57.000 orang menemukan bahwa lebih dari separuh orang bekerja di luar jam normal mereka.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang bekerja di malam hari dan akhir pekan lebih cenderung mengeluhkan insomnia, sakit kepala, kelelahan, kecemasan, dan masalah perut. Masalah otot dan masalah kardiovaskular juga terkait dengan bekerja di luar jam normal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: