Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Asian Games, UMKM Siap Tembus Pasar Ekspor

Lewat Asian Games, UMKM Siap Tembus Pasar Ekspor Kredit Foto: KUKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perhelatan Akbar Asian Games 2018 akan segera di mulai pada 18 Agustus-2 September 2018. Ajang olahraga terbesar ini akan dipertandingkan di Jakarta dan Palembang. Indonesia yang menjadi tuan rumah ikut membantu peluang para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya sekaligus menembus pasar ekspor.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM, Emilia Suhaimi, mengatakan event Asian Games 2018 ini akan menjadi peluang bagi produk UMKM di tanah air untuk menembus pasar internasional. Selain itu, katanya Smesco Indonesia yang menjadi outlet resmi merchandise Asian Games akan didatangi para kontingen serta official dan atlet Asian Games.

"Momentum Asian Games akan menjadi kesempatan terbaik bagi produk UMKM agar bisa dikenal pasar yang lebih luas," katanya di acara Forum Group Discussion dengan tema "UKM Menangkap Peluang Asian Games 2018" di Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (15/8/2018). 

Lanjutnya, selama Asian Games ini, Smesco Indonesia akan didatangi kontingen, official, dan atlet yang akan berkunjung dengan menggunakan 6 bus tingkat dan 4 bus reguler setiap jam per hari selama 15 hari pelaksanaan.

"Kami sangat berharap ini bisa berimbas ke penjualan produk UKM di Indonesia," kata Emilia.

Sementara itu, Vice Director Revenue Inasgoc Mochtar Sarman mengatakan event Asian Games 2018 akan melibatkan sebanyak 23 perusahaan dengan 7 diantaranya perusahaan UMKM sebagai pemasok merchandise resmi Asian Games 2018.

"Produk yang diperlukan banyak sekali mulai dari sepatu, pakaian, souvenir, boneka, makanan dan minuman. Ini semua perlu diperhatikan dari berbagai sisi termasuk kualitas karena ini sebuah kesempatan kita untuk bisa mengekspor produk," katanya.

Selain itu, Ia menambahkan, Asian Games bisa menjadi kesempatan bagi UKM untuk belajar banyak hal termasuk soal tren. "Kita memberikan masukan-masukan soal tren karena target kita kan milenial, jadi kita harus membuat produk yang instagramable sebab sosial media itu juga berperan penting," katanya.

Ia berharap para pelaku UMKM mau belajar untuk memperhatikan kualitas dan kontinuitas produknya khususnya untuk event Asian Games 2018 dengan target pasar milenial yang menyukai produk-produk yang trendi.

"Ini event terbesar kedua setelah olimpiade, kalau dihitung dari jumlah peserta justru lebih besar," katanya.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: