Portal Berita Ekonomi Jum'at, 18 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:30 WIB. IHSG - Jeda siang, IHSG balik melemah 0,11% ke level 6.416,79. 
  • 11:13 WIB. Semen - Indocement resmikan pengoperasian terminal semen di Lampung dengan kapasitas produksi 1.000 ton semen curah per hari. 
  • 10:47 WIB. Rupiah - Pukul 10.45 WIB, rupiah melemah 0,04% ke level Rp14.185. 
  • 10:14 WIB. KA - Jokowi diagendakan meninjau panel reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.
  • 08:54 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast dan Wika Beton telah mengantongi pipeline sejumlah proyek baru.
  • 08:53 WIB. Pertamina - Produksi minyak dan gas dalam negeri tercatat mencapai 768 ribu MBOEPD.
  • 08:50 WIB. Pertamina - Pertamina resmi mengoperasikan DPPU KS Tubun di Maluku Tenggara.
  • 08:47 WIB. Pelindo IV - Pelindo IV dan Bea Cukai Sulawesi bersinergi di bidang pelabuhan.
  • 08:40 WIB. WSKT - Waskita memulai implementasi perencanaan sumber daya perusahaan dengan platform baru.
  • 08:39 WIB. WSKT - Tahun ini Waskita mengharapkan bisa menggenggam total kontrak senilai Rp116 triliun.
  • 08:35 WIB. Pelni - Pelni akan memangkas secara bertahap pendapatan dari kegiatan yang disubsidi pemerintah.
  • 08:20 WIB. SMF - SMF menetapkan target senilai Rp2,3 triliun untuk penyaluran KPR.

Ah, Ternyata 3 Hal Ini Hanya Mitos Bagi Pemasaran

Foto Berita Ah, Ternyata 3 Hal Ini Hanya Mitos Bagi Pemasaran
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sebagian besar pengusaha tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan pemasaran secara proaktif. Sebaliknya, mereka cenderung berpikir tentang promosi ketika mempersiapkan peluncuran produk besar.

Selain itu  mereka mencari pendanaan atau setelah melihat pesaing mendapatkan peningkatan yang signifikan dalam liputan pers. Sebagian besar sudah terprogram untuk memikirkan kecocokan antara produk dan pasar, tetapi cenderung meremehkan, dan umumnya menetapkan pemasaran sebagai prioritas yang lebih rendah.

Alih-alih merangkul media sosial, konten yang dimiliki, dan praktik pemasaran terbaik lainnya, para pendiri masih beralih ke perusahaan PR dan iklan berbayar untuk menyebarkan berita.

Di bawah ini adalah 3 mitos teratas yang dimiliki banyak pendiri usaha tentang pemasaran:

Media sosial adalah jaringan yang baik tetapi gagal memberikan hasil

Pendiri usaha sering menggunakan media sosial untuk mengikuti berita atau koneksi pribadi tetapi tidak percaya bahwa itu dapat berdampak pada bisnis dan merek mereka.

Tahun lalu, sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.000 pemasar menunjukkan bahwa media sosial menyumbang 14 persen dari total sumber utama mereka. Selain itu, 75 persen responden dalam Laporan Industri Pemasaran Sosial Media melihat peningkatan lalu lintas sebagai akibat dari media sosial.

Terlepas dari pengukuran seberapa suksesnya, dan prospek semuanya menggunakan media sosial. Jadi memiliki kehadiran aktif di setidaknya beberapa jaringan media sosial yang paling menonjol dari industri yang relevan dapat membantu merek dan garis dasar perusahaan.

Tidak yakin dengan apa yang harus diunggah? Munculkan 10 topik teratas yang paling bermanfaat bagi pelanggan dan tentukan konten yang membahas masalah tersebut dengan cara yang mengesankan.

Iklan bayar per klik adalah solusi terbaik

Iklan bayar per klik dapat menjadi senjata ampuh di gudang pemasaran, tetapi ini kebiasaan yang mahal dan yang sulit diperoleh dari waktu ke waktu.

Saran terbaik untuk hal ini: Daripada menginvestasikan sejumlah besar uang dalam iklan bayar per klik, investasikan waktu dan upaya untuk mengembangkan konten yang luar biasa. Setelah itu tercapai, pemasaran bayar per-klik dapat menjadi alat tambahan untuk senjata perusahaan menangkis pesaing. 

Saya tidak punya waktu untuk blog

Dalam lingkungan startup, waktu seringkali menjadi sumber daya yang paling langka. Tetapi seorang wirausahawan tahu bisnisnya, target pasar, dan pelanggannya lebih baik daripada orang lain. Itu sebabnya tidak ada yang lebih baik untuk menceritakan kisah perusahaan melalui blogging dari pemilik perusahaan itu sendiri.

Sebagai contohnya, yakni pendiri Virgin Group, Richard Branson, CEO Box Aaron Levie dan eksekutif media, Arianna Huffington, semuanya menemukan waktu untuk membuat konten secara rutin, dan telah melunasi secara besar-besaran baik untuk merek pribadi maupun profesional mereka. Jika mereka dapat menemukan waktu untuk blog, kemungkinan pengusaha yang lain juga.

Pada akhir hari, mitos terbesar dari semua tidak ada hubungannya dengan media sosial, membayar per klik pemasaran atau blogging. Para pengusaha yang membuat kesalahan utama sebenarnya ketika datang ke pemasaran adalah mengatakan kepada diri mereka sendiri, "Saya sudah siap."

Tag: strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Iprice

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6423.780 10.420 625
2 Agriculture 1585.056 4.391 21
3 Mining 1869.559 5.276 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.324 6.713 71
5 Miscellanous Industry 1416.122 3.773 46
6 Consumer Goods 2620.437 -2.533 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.732 -7.343 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1142.331 -2.336 71
9 Finance 1224.233 5.952 91
10 Trade & Service 792.311 2.820 153
No Code Prev Close Change %
1 PSDN 200 270 70 35.00
2 HOME 108 145 37 34.26
3 AGRS 374 466 92 24.60
4 SQMI 246 306 60 24.39
5 CANI 210 254 44 20.95
6 ASBI 252 300 48 19.05
7 PADI 780 920 140 17.95
8 TIRT 66 75 9 13.64
9 TNCA 183 206 23 12.57
10 CNTX 478 535 57 11.92
No Code Prev Close Change %
1 ABDA 4,480 3,360 -1,120 -25.00
2 NOBU 1,000 840 -160 -16.00
3 INCF 350 296 -54 -15.43
4 TIRA 312 270 -42 -13.46
5 BGTG 110 97 -13 -11.82
6 GLOB 545 482 -63 -11.56
7 VICO 119 107 -12 -10.08
8 SAFE 208 190 -18 -8.65
9 NIPS 398 364 -34 -8.54
10 APEX 1,295 1,190 -105 -8.11
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 VICO 119 107 -12 -10.08
3 INDY 1,935 2,090 155 8.01
4 UNTR 26,050 26,850 800 3.07
5 KPAS 224 210 -14 -6.25
6 ERAA 2,450 2,310 -140 -5.71
7 BBRI 3,780 3,810 30 0.79
8 ADRO 1,460 1,460 0 0.00
9 TLKM 3,990 3,990 0 0.00
10 BUMI 159 164 5 3.14