Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Filipina Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030?

Filipina Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030? Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Filipina mempertimbangkan untuk mengikuti proses pemilihan tuan rumah Asian Games mengikuti langkah Indonesia yang saat ini menjadi penyelenggara Asian Games 2018.

"Kami sedang mempertimbangkannya dengan Komite Nasional Olimpiade Filipina untuk maju pada pemilihan sebagai tuan rumah Asian Games 2030, mengikuti Indonesia," kata salah satu pengurus Komite Nasional Olimpiade Filipina Ramon Suzara di Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Suzara menyampaikan bahwa pertimbangan Filipina tersebut didasari dorongan dari Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) Erick Thohir.

"Ketua Inasgoc Erick Thohir sudah mendorong kami sejak bulan lalu untuk mengikuti pemilihan sebagai tuan rumah Asian Games 2030," kata dia.

Menurut Suzara, Indonesia telah menjadi contoh bagi negara-negara ekonomi berkembang di Asia, khususnya di kawasan Asean, untuk percaya diri menjadi tuan rumah kompetisi olahraga multicabang tingkat internasional.

Suzara yang juga Direktur Eksekutif Komite Penyelenggara SEA Games Filipina 2019 menambahkan, pengalaman negara-negara Asean menyelenggarakan kompetisi olahraga multicabang di kawasan Asia Tenggara akan menjadi bekal yang memadai untuk maju sebagai tuan rumah Asian Games, dan bahkan Olimpiade.

"Indonesia sudah menjadi contoh, kami semua selalu berharap yang terbaik dan ingin berpartisipasi sebagai tuan rumah di tingkat Asia, dan bahkan Olimpiade, kenapa tidak," kata dia.

Sebagai tuan rumah SEA Games ke-30 pada 2019, Filipina tengah membangun dua stadion olahraga baru untuk atletik dan aquatik di New Clark City, wilayah utara Kota Manila, yang ditargetkan rampung pada awal 2019.

Hingga saat ini, Komite SEA Games telah menyetujui 30 cabang olahraga dari 40 cabang yang biasa dipertandingkan dalam ajang SEA Games.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: