Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Facebook Naikkan Kelas UMKM di Indonesia

Facebook Naikkan Kelas UMKM di Indonesia Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia berdasarkan riset mencapai 59 juta yang telah memberi kontribusi 56% dari total perekonomian negara. Tentunya pelaku bisnis tersebut memerlukan dukungan layanan pemasaran digital mengingat banyak dari UMKM yang terdigitalisasi.

Karena itu, Facebook berupaya meningkatkan kemampuan UMKM dengan menyediakan program e-learning global dari Facebook berisi berbagai materi paket pelajaran 30 hari, 60 hari, dan 90 hari. Hal ini guna meningkatkan keterampilan digital yang diperlukan oleh UMKM dalam memajukan bisnisnya.

"Di Facebook, kami menghargai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka adalah penggerak mesin perekonomian Indonesia dan juga denyut jantung komunitas kami," ujar Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines, Ferdy Nandes, di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dikatakan Ferdy, 80% UMKM mengaku terbantukan penjualannya karena platform Facebook.

"Sebanyak 85% dari UMKM percaya bahwa Facebook memungkinkan mereka untuk menjual produk atau layanan di kota lain, negara bagian lain hingga negara lain," lanjutnya.

Hadir pada kesempatan yang sama  Founder Hijab Wanita Cantik, Fakhria Itmainati, yang mengaku mengandalkan platform Facebook sebagai penunjang bisnisnya. Selain di Facebook, ia juga memanfaatkan Instagram untuk menjualkan produknya yang berupa hijab instan.

"Facebook dan Instagram satu family kan, tapi kalau di Instagram kebanyakan calon pembeli yang sekadar melihat-melihat dan tanya harganya berapa, tapi kalau Facebook kebanyakan tanya tapi langsung transfer," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: