Portal Berita Ekonomi Senin, 21 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:51 WIB. PLN - PLN sedang mengupayakan pemenuhan daya listrik untuk kompor listrik.
  • 18:49 WIB. PLN - PLN masih mempunyai batas hutang 300% atau hingga Rp2.000 triliun.
  • 18:46 WIB. Kemenpupera - Kemenpupera menargetkan pembangunan 51.000 unit rumah untuk MBR melalui skema pembiayaan BP2BT.
  • 18:22 WIB. AFPI - AFPI menargetkan penyaluran pinjaman Rp40 triliun pada 2019.
  • 17:55 WIB. AP I - Bandara NYIA sudah mencapai 30% fisik pembangunan.
  • 17:54 WIB. AP I - AP I buka peluang rute penerbangan dari Asia dan Timur Tengah via Bandara NYIA.
  • 17:53 WIB. Telkomsel - Telkomsel melalui T-Cash jalin kerja sama strategis dengan CRP Group.

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR

Foto Berita 6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika Anda saat ini tidak berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada tingkat tertentu, maka Anda kehilangan kesempatan untuk membantu orang lain dan membangun merek Anda.

Bisnis ada untuk memecahkan titik sakit atau keinginan di pasar. Mereka juga ada untuk menghasilkan pendapatan, mempekerjakan orang, dan membuat pemiliknya untung.

Dengan begitu banyak diikat di pusat-pusat utama ini, kebanyakan bisnis melupakan tanggung jawab ketiga yang mereka miliki: untuk secara positif memengaruhi kebaikan masyarakat.

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil tahun ini untuk menjadi perusahaan yang peduli:

Pelajari Apa yang Dilakukan Merek Lain

Meskipun Anda tidak ingin menjadi seorang peniru, ada banyak yang harus diambil dari mempelajari apa yang dilakukan merek sukses lainnya dalam strategi CSR mereka. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Duracell, perusahaan manufaktur di Amerika benar-benar telah membuat dorongan yang signifikan untuk menjadi merek yang bertanggung jawab secara sosial yang memahami masalah pelanggan. Dalam kampanyenya, mereka fokus pada membangun kepercayaan dengan memasok listrik dalam situasi yang membutuhkan banyak hal—seperti badai baru-baru ini yang menghancurkan Puerto Rico.

Merek Anda jelas memiliki kekuatan unik sendiri, tetapi mendekati penyebab sosial dengan cara yang sama seperti merek ini dan pada akhirnya akan terbukti cukup bermanfaat.

Pilih Isu yang Relevan

Anda akan sering melihat perusahaan menyesuaikan diri dengan penyebab sosial dan kemudian gagal untuk menindaklanjuti rencana atau mencapai tujuannya. Dalam sebagian besar situasi ini, ada keterputusan antara keyakinan organisasi dan penyebab sosial.

Kunci keberhasilan strategi CSR adalah memilih masalah relevan yang penting bagi Anda dan tim Anda. Dalam kasus Duracell, mereka berkomitmen untuk menyediakan komunitas dengan kekuatan di tengah bencana alam. Ini adalah sesuatu yang dibangun ke dalam nilai-nilai inti perusahaan.

Masalah yang relevan akan menjadi sesuatu yang tidak hanya penting untuk bisnis Anda, tetapi juga dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Ini adalah bagaimana Anda memaksimalkan nilai investasi Anda.

Pekerjakan secara Strategis

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki hubungan positif dengan strategi CSR, generasi millenial menemukan penyebab sosial menjadi sangat menyegarkan dan penting di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil upaya Anda ke tingkat berikutnya, rekrut milenium lagi.

Berikan Lebih dari Uang

Banyak bisnis menanamkan modal untuk tujuan sosial, tetapi ini tidak banyak menggerakkan jarum - setidaknya dalam hal persepsi publik. Untuk benar-benar menyelaraskan bisnis Anda dengan penyebab positif, Anda perlu memberikan lebih dari sekadar uang.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan dalam menawarkan waktu relawan yang dibayar karyawan. Dengan kata lain, mereka dapat pergi menghabiskan satu hari secara sukarela dengan sebab yang didukung perusahaan Anda dan dibayar untuk waktu mereka.

Ini menciptakan rasa kepemilikan dalam perusahaan yang jelas bagi mereka yang berada di luar organisasi.

Jangan Malu Tentang Promosi

Meskipun ada banyak hal lain dalam CSR daripada publisitas, sulit untuk mengabaikan peran yang dimainkannya. Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosial yang positif, pastikan Anda juga datang dengan strategi promosi/branding.

Ini tidak hanya akan membawa publisitas positif, tetapi akan menyinari penyebab yang Anda dukung.

Jadilah Jujur dan Tidak Palsu

Anda tidak akan membuat semua orang bahagia. Bahkan jika Anda yakin bahwa penyebab sosial yang Anda investasikan adalah sempurna, akan selalu ada orang-orang yang akan mengeluh atau tidak setuju dengan ideologi Anda. Pada akhirnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah jujur ??dan tulus.

Penyebab sosial yang baik, ditambah dengan transparansi, akan membantu merek Anda mengatasi banyak kesalahan dan menjalin hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan basis pelanggan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Corporate Social Responsibility (CSR)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Outward Bound Indonesia (OBI)

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56