Portal Berita Ekonomi Minggu, 18 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR

Foto Berita 6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika Anda saat ini tidak berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada tingkat tertentu, maka Anda kehilangan kesempatan untuk membantu orang lain dan membangun merek Anda.

Bisnis ada untuk memecahkan titik sakit atau keinginan di pasar. Mereka juga ada untuk menghasilkan pendapatan, mempekerjakan orang, dan membuat pemiliknya untung.

Dengan begitu banyak diikat di pusat-pusat utama ini, kebanyakan bisnis melupakan tanggung jawab ketiga yang mereka miliki: untuk secara positif memengaruhi kebaikan masyarakat.

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil tahun ini untuk menjadi perusahaan yang peduli:

Pelajari Apa yang Dilakukan Merek Lain

Meskipun Anda tidak ingin menjadi seorang peniru, ada banyak yang harus diambil dari mempelajari apa yang dilakukan merek sukses lainnya dalam strategi CSR mereka. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Duracell, perusahaan manufaktur di Amerika benar-benar telah membuat dorongan yang signifikan untuk menjadi merek yang bertanggung jawab secara sosial yang memahami masalah pelanggan. Dalam kampanyenya, mereka fokus pada membangun kepercayaan dengan memasok listrik dalam situasi yang membutuhkan banyak hal—seperti badai baru-baru ini yang menghancurkan Puerto Rico.

Merek Anda jelas memiliki kekuatan unik sendiri, tetapi mendekati penyebab sosial dengan cara yang sama seperti merek ini dan pada akhirnya akan terbukti cukup bermanfaat.

Pilih Isu yang Relevan

Anda akan sering melihat perusahaan menyesuaikan diri dengan penyebab sosial dan kemudian gagal untuk menindaklanjuti rencana atau mencapai tujuannya. Dalam sebagian besar situasi ini, ada keterputusan antara keyakinan organisasi dan penyebab sosial.

Kunci keberhasilan strategi CSR adalah memilih masalah relevan yang penting bagi Anda dan tim Anda. Dalam kasus Duracell, mereka berkomitmen untuk menyediakan komunitas dengan kekuatan di tengah bencana alam. Ini adalah sesuatu yang dibangun ke dalam nilai-nilai inti perusahaan.

Masalah yang relevan akan menjadi sesuatu yang tidak hanya penting untuk bisnis Anda, tetapi juga dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Ini adalah bagaimana Anda memaksimalkan nilai investasi Anda.

Pekerjakan secara Strategis

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki hubungan positif dengan strategi CSR, generasi millenial menemukan penyebab sosial menjadi sangat menyegarkan dan penting di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil upaya Anda ke tingkat berikutnya, rekrut milenium lagi.

Berikan Lebih dari Uang

Banyak bisnis menanamkan modal untuk tujuan sosial, tetapi ini tidak banyak menggerakkan jarum - setidaknya dalam hal persepsi publik. Untuk benar-benar menyelaraskan bisnis Anda dengan penyebab positif, Anda perlu memberikan lebih dari sekadar uang.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan dalam menawarkan waktu relawan yang dibayar karyawan. Dengan kata lain, mereka dapat pergi menghabiskan satu hari secara sukarela dengan sebab yang didukung perusahaan Anda dan dibayar untuk waktu mereka.

Ini menciptakan rasa kepemilikan dalam perusahaan yang jelas bagi mereka yang berada di luar organisasi.

Jangan Malu Tentang Promosi

Meskipun ada banyak hal lain dalam CSR daripada publisitas, sulit untuk mengabaikan peran yang dimainkannya. Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosial yang positif, pastikan Anda juga datang dengan strategi promosi/branding.

Ini tidak hanya akan membawa publisitas positif, tetapi akan menyinari penyebab yang Anda dukung.

Jadilah Jujur dan Tidak Palsu

Anda tidak akan membuat semua orang bahagia. Bahkan jika Anda yakin bahwa penyebab sosial yang Anda investasikan adalah sempurna, akan selalu ada orang-orang yang akan mengeluh atau tidak setuju dengan ideologi Anda. Pada akhirnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah jujur ??dan tulus.

Penyebab sosial yang baik, ditambah dengan transparansi, akan membantu merek Anda mengatasi banyak kesalahan dan menjalin hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan basis pelanggan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Corporate Social Responsibility (CSR)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Outward Bound Indonesia (OBI)

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35

Recommended Reading

Sabtu, 17/11/2018 18:25 WIB

B20 Diyakini Turunkan Impor Migas, Benarkah?

Jum'at, 16/11/2018 19:53 WIB

Melambat, ULN Indonesia Tumbuh 4,2%

Jum'at, 16/11/2018 18:21 WIB

Beginilah Proses Migrasi Mitra Grab ke Go-Jek

Jum'at, 16/11/2018 10:37 WIB

2018, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksikan 5,1%

Jum'at, 16/11/2018 07:24 WIB

Bank Mayapada Rombak Jajaran Direksi