Portal Berita Ekonomi Senin, 22 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:52 WIB. Samsung - Samsung siap rilis kembali Galaxy Fold.
  • 22:33 WIB. Huawei - Fokus utama Huawei masih Android, belum pikirkan rencana B.
  • 22:21 WIB. Asus - Asus rilis ROG Phone II, pakai layar 120Hz dan Snapdragon 855 Plus.
  • 21:30 WIB. Hong Kong - Beijing mengatakan bahwa para demonstran sedang menguji kesabarannya.
  • 20:21 WIB. Go-Jek - Go-jek resmi ganti logo perusahaan.
  • 19:01 WIB. Milenial - Menperin: Skill yang harus dikuasai milenial adalah penguasaan data, artificial intelligence, IoT (device, network, aplikasi)
  • 18:53 WIB. Stimulus - Menteri Perindustrian: Segera diterbitkan regulasi PPnBM untuk otomotif berbasis emisi dan tax holiday untuk electric battery
  • 18:04 WIB. Pertahanan - Rabu, China akan meluncurkan buku putih pertahanan nasional
  • 17:58 WIB. Turki - Pemerintah Turki akan balas AS karena dikeluarkan dari program Jet Tempur F35
  • 17:28 WIB. Korea - Setelah bir dan paket tour, boikot Korea terhadap Jepang bisa menyentuh mobil mewah (analis).

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jika Anda saat ini tidak berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada tingkat tertentu, maka Anda kehilangan kesempatan untuk membantu orang lain dan membangun merek Anda.

Bisnis ada untuk memecahkan titik sakit atau keinginan di pasar. Mereka juga ada untuk menghasilkan pendapatan, mempekerjakan orang, dan membuat pemiliknya untung.

Dengan begitu banyak diikat di pusat-pusat utama ini, kebanyakan bisnis melupakan tanggung jawab ketiga yang mereka miliki: untuk secara positif memengaruhi kebaikan masyarakat.

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil tahun ini untuk menjadi perusahaan yang peduli:

Pelajari Apa yang Dilakukan Merek Lain

Meskipun Anda tidak ingin menjadi seorang peniru, ada banyak yang harus diambil dari mempelajari apa yang dilakukan merek sukses lainnya dalam strategi CSR mereka. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Duracell, perusahaan manufaktur di Amerika benar-benar telah membuat dorongan yang signifikan untuk menjadi merek yang bertanggung jawab secara sosial yang memahami masalah pelanggan. Dalam kampanyenya, mereka fokus pada membangun kepercayaan dengan memasok listrik dalam situasi yang membutuhkan banyak hal—seperti badai baru-baru ini yang menghancurkan Puerto Rico.

Merek Anda jelas memiliki kekuatan unik sendiri, tetapi mendekati penyebab sosial dengan cara yang sama seperti merek ini dan pada akhirnya akan terbukti cukup bermanfaat.

Pilih Isu yang Relevan

Anda akan sering melihat perusahaan menyesuaikan diri dengan penyebab sosial dan kemudian gagal untuk menindaklanjuti rencana atau mencapai tujuannya. Dalam sebagian besar situasi ini, ada keterputusan antara keyakinan organisasi dan penyebab sosial.

Kunci keberhasilan strategi CSR adalah memilih masalah relevan yang penting bagi Anda dan tim Anda. Dalam kasus Duracell, mereka berkomitmen untuk menyediakan komunitas dengan kekuatan di tengah bencana alam. Ini adalah sesuatu yang dibangun ke dalam nilai-nilai inti perusahaan.

Masalah yang relevan akan menjadi sesuatu yang tidak hanya penting untuk bisnis Anda, tetapi juga dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Ini adalah bagaimana Anda memaksimalkan nilai investasi Anda.

Pekerjakan secara Strategis

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki hubungan positif dengan strategi CSR, generasi millenial menemukan penyebab sosial menjadi sangat menyegarkan dan penting di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil upaya Anda ke tingkat berikutnya, rekrut milenium lagi.

Berikan Lebih dari Uang

Banyak bisnis menanamkan modal untuk tujuan sosial, tetapi ini tidak banyak menggerakkan jarum - setidaknya dalam hal persepsi publik. Untuk benar-benar menyelaraskan bisnis Anda dengan penyebab positif, Anda perlu memberikan lebih dari sekadar uang.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan dalam menawarkan waktu relawan yang dibayar karyawan. Dengan kata lain, mereka dapat pergi menghabiskan satu hari secara sukarela dengan sebab yang didukung perusahaan Anda dan dibayar untuk waktu mereka.

Ini menciptakan rasa kepemilikan dalam perusahaan yang jelas bagi mereka yang berada di luar organisasi.

Jangan Malu Tentang Promosi

Meskipun ada banyak hal lain dalam CSR daripada publisitas, sulit untuk mengabaikan peran yang dimainkannya. Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosial yang positif, pastikan Anda juga datang dengan strategi promosi/branding.

Ini tidak hanya akan membawa publisitas positif, tetapi akan menyinari penyebab yang Anda dukung.

Jadilah Jujur dan Tidak Palsu

Anda tidak akan membuat semua orang bahagia. Bahkan jika Anda yakin bahwa penyebab sosial yang Anda investasikan adalah sempurna, akan selalu ada orang-orang yang akan mengeluh atau tidak setuju dengan ideologi Anda. Pada akhirnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah jujur ??dan tulus.

Penyebab sosial yang baik, ditambah dengan transparansi, akan membantu merek Anda mengatasi banyak kesalahan dan menjalin hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan basis pelanggan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Corporate Social Responsibility (CSR)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Outward Bound Indonesia (OBI)

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,741.34 3,703.91
British Pound GBP 1.00 17,552.48 17,370.42
China Yuan CNY 1.00 2,040.90 2,020.54
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,033.00 13,893.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,880.64 9,780.67
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,798.20 1,780.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,310.80 10,204.19
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,740.82 15,578.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,412.69 3,374.54
Yen Jepang JPY 100.00 12,998.33 12,865.08

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67