Portal Berita Ekonomi Sabtu, 22 September 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:31 WIB. Sandiaga - Semua partai pengusung harus menerapkan teletubbies effect di Pilpres 2019.
  • 20:07 WIB. Khofifah - Menangkan Jokowi-Ma'ruf, semua jaringan dimaksimalkan.
  • 20:06 WIB. Khofifah - Sejauh ini NU terus berkoordinasi dengan Jokowi-Ma'ruf.
  • 20:06 WIB. Khofifah - Kita tidak bisa pastikan 100% masyarakat NU mendukung Jokowi-Ma'ruf.
  • 19:58 WIB. Iran - 11 tentara Iran tewas dalam serangan terhadap parade militer.
  • 19:57 WIB. Republik Dominika - China membuka kedutaan di Republik Dominika.
  • 19:56 WIB. Al Jazeera - Festival Film Dokumenter Al Jazeera Balkan dimulai.
  • 19:56 WIB. Palestina - Mahmoud Abbas: Palestina siap memasuki pembicaraan damai dengan Israel.
  • 19:55 WIB. Nigeria - PBB: Wabah kolera di Nigeria tewaskan 97 orang.
  • 19:54 WIB. KIK - Akan lebih mengandalkan cara kampanye dengan gotong royong dan bukan sekadar modal finansial.
  • 19:54 WIB. KIK - Sumber dana kampanye Jokowi-Ma'ruf yakni perusahaan dan partai politik.
  • 19:54 WIB. NAFTA - Meksiko akan mencari kesepakatan dengan Kanada jika perundingan NAFTA gagal.
  • 19:53 WIB. Australia - Kamboja berikan pengampunan kepada sutradara asal Australia.
  • 19:53 WIB. KIK - Dana¬† kampanye Jokowi-Ma'ruf sebanyak Rp11,9 miliar.
  • 19:52 WIB. Paus Francis - Paus tiba di Lithuania untuk memulai tur solidaritas negara-negara Baltik.

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR

Foto Berita 6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika Anda saat ini tidak berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada tingkat tertentu, maka Anda kehilangan kesempatan untuk membantu orang lain dan membangun merek Anda.

Bisnis ada untuk memecahkan titik sakit atau keinginan di pasar. Mereka juga ada untuk menghasilkan pendapatan, mempekerjakan orang, dan membuat pemiliknya untung.

Dengan begitu banyak diikat di pusat-pusat utama ini, kebanyakan bisnis melupakan tanggung jawab ketiga yang mereka miliki: untuk secara positif memengaruhi kebaikan masyarakat.

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil tahun ini untuk menjadi perusahaan yang peduli:

Pelajari Apa yang Dilakukan Merek Lain

Meskipun Anda tidak ingin menjadi seorang peniru, ada banyak yang harus diambil dari mempelajari apa yang dilakukan merek sukses lainnya dalam strategi CSR mereka. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Duracell, perusahaan manufaktur di Amerika benar-benar telah membuat dorongan yang signifikan untuk menjadi merek yang bertanggung jawab secara sosial yang memahami masalah pelanggan. Dalam kampanyenya, mereka fokus pada membangun kepercayaan dengan memasok listrik dalam situasi yang membutuhkan banyak hal—seperti badai baru-baru ini yang menghancurkan Puerto Rico.

Merek Anda jelas memiliki kekuatan unik sendiri, tetapi mendekati penyebab sosial dengan cara yang sama seperti merek ini dan pada akhirnya akan terbukti cukup bermanfaat.

Pilih Isu yang Relevan

Anda akan sering melihat perusahaan menyesuaikan diri dengan penyebab sosial dan kemudian gagal untuk menindaklanjuti rencana atau mencapai tujuannya. Dalam sebagian besar situasi ini, ada keterputusan antara keyakinan organisasi dan penyebab sosial.

Kunci keberhasilan strategi CSR adalah memilih masalah relevan yang penting bagi Anda dan tim Anda. Dalam kasus Duracell, mereka berkomitmen untuk menyediakan komunitas dengan kekuatan di tengah bencana alam. Ini adalah sesuatu yang dibangun ke dalam nilai-nilai inti perusahaan.

Masalah yang relevan akan menjadi sesuatu yang tidak hanya penting untuk bisnis Anda, tetapi juga dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Ini adalah bagaimana Anda memaksimalkan nilai investasi Anda.

Pekerjakan secara Strategis

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki hubungan positif dengan strategi CSR, generasi millenial menemukan penyebab sosial menjadi sangat menyegarkan dan penting di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil upaya Anda ke tingkat berikutnya, rekrut milenium lagi.

Berikan Lebih dari Uang

Banyak bisnis menanamkan modal untuk tujuan sosial, tetapi ini tidak banyak menggerakkan jarum - setidaknya dalam hal persepsi publik. Untuk benar-benar menyelaraskan bisnis Anda dengan penyebab positif, Anda perlu memberikan lebih dari sekadar uang.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan dalam menawarkan waktu relawan yang dibayar karyawan. Dengan kata lain, mereka dapat pergi menghabiskan satu hari secara sukarela dengan sebab yang didukung perusahaan Anda dan dibayar untuk waktu mereka.

Ini menciptakan rasa kepemilikan dalam perusahaan yang jelas bagi mereka yang berada di luar organisasi.

Jangan Malu Tentang Promosi

Meskipun ada banyak hal lain dalam CSR daripada publisitas, sulit untuk mengabaikan peran yang dimainkannya. Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosial yang positif, pastikan Anda juga datang dengan strategi promosi/branding.

Ini tidak hanya akan membawa publisitas positif, tetapi akan menyinari penyebab yang Anda dukung.

Jadilah Jujur dan Tidak Palsu

Anda tidak akan membuat semua orang bahagia. Bahkan jika Anda yakin bahwa penyebab sosial yang Anda investasikan adalah sempurna, akan selalu ada orang-orang yang akan mengeluh atau tidak setuju dengan ideologi Anda. Pada akhirnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah jujur ??dan tulus.

Penyebab sosial yang baik, ditambah dengan transparansi, akan membantu merek Anda mengatasi banyak kesalahan dan menjalin hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan basis pelanggan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Corporate Social Responsibility (CSR)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Outward Bound Indonesia (OBI)

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,972.48 3,932.70
British Pound GBP 1.00 19,766.67 19,568.83
China Yuan CNY 1.00 2,179.44 2,157.79
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,898.00 14,750.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,860.64 10,751.28
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,904.46 1,885.47
Dolar Singapura SGD 1.00 10,919.89 10,810.61
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,552.82 17,372.55
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,609.89 3,570.56
Yen Jepang JPY 100.00 13,234.43 13,099.47

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5957.744 26.478 602
2 Agriculture 1585.807 1.672 20
3 Mining 1954.048 17.971 46
4 Basic Industry and Chemicals 821.966 11.293 71
5 Miscellanous Industry 1239.096 -33.418 45
6 Consumer Goods 2491.409 13.779 47
7 Cons., Property & Real Estate 420.972 -0.966 68
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1027.263 -2.237 69
9 Finance 1075.740 7.879 91
10 Trade & Service 829.850 7.907 145
No Code Prev Close Change %
1 LPIN 900 1,125 225 25.00
2 PANI 306 382 76 24.84
3 LAND 1,155 1,440 285 24.68
4 DIGI 530 660 130 24.53
5 IIKP 236 280 44 18.64
6 FILM 1,135 1,285 150 13.22
7 RELI 234 260 26 11.11
8 PBSA 660 730 70 10.61
9 NIKL 2,060 2,270 210 10.19
10 ACES 1,420 1,560 140 9.86
No Code Prev Close Change %
1 AIMS 230 200 -30 -13.04
2 BIKA 200 175 -25 -12.50
3 TOPS 825 730 -95 -11.52
4 SIPD 1,065 955 -110 -10.33
5 MAPA 4,180 3,800 -380 -9.09
6 INTD 308 282 -26 -8.44
7 MMLP 575 530 -45 -7.83
8 WICO 645 595 -50 -7.75
9 LMSH 695 645 -50 -7.19
10 UNIT 290 270 -20 -6.90
No Code Prev Close Change %
1 KPIG 690 680 -10 -1.45
2 BBRI 3,090 3,120 30 0.97
3 TRAM 260 254 -6 -2.31
4 ADRO 1,805 1,880 75 4.16
5 CPRO 50 50 0 0.00
6 BBCA 23,950 23,700 -250 -1.04
7 PNLF 232 238 6 2.59
8 LAND 1,155 1,440 285 24.68
9 TLKM 3,600 3,600 0 0.00
10 FILM 1,135 1,285 150 13.22