Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR

6 Cara Membangun Bisnis yang Berkomitmen terhadap CSR Kredit Foto: Outward Bound Indonesia (OBI)
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika Anda saat ini tidak berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada tingkat tertentu, maka Anda kehilangan kesempatan untuk membantu orang lain dan membangun merek Anda.

Bisnis ada untuk memecahkan titik sakit atau keinginan di pasar. Mereka juga ada untuk menghasilkan pendapatan, mempekerjakan orang, dan membuat pemiliknya untung.

Dengan begitu banyak diikat di pusat-pusat utama ini, kebanyakan bisnis melupakan tanggung jawab ketiga yang mereka miliki: untuk secara positif memengaruhi kebaikan masyarakat.

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil tahun ini untuk menjadi perusahaan yang peduli:

Pelajari Apa yang Dilakukan Merek Lain

Meskipun Anda tidak ingin menjadi seorang peniru, ada banyak yang harus diambil dari mempelajari apa yang dilakukan merek sukses lainnya dalam strategi CSR mereka. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Duracell, perusahaan manufaktur di Amerika benar-benar telah membuat dorongan yang signifikan untuk menjadi merek yang bertanggung jawab secara sosial yang memahami masalah pelanggan. Dalam kampanyenya, mereka fokus pada membangun kepercayaan dengan memasok listrik dalam situasi yang membutuhkan banyak hal—seperti badai baru-baru ini yang menghancurkan Puerto Rico.

Merek Anda jelas memiliki kekuatan unik sendiri, tetapi mendekati penyebab sosial dengan cara yang sama seperti merek ini dan pada akhirnya akan terbukti cukup bermanfaat.

Pilih Isu yang Relevan

Anda akan sering melihat perusahaan menyesuaikan diri dengan penyebab sosial dan kemudian gagal untuk menindaklanjuti rencana atau mencapai tujuannya. Dalam sebagian besar situasi ini, ada keterputusan antara keyakinan organisasi dan penyebab sosial.

Kunci keberhasilan strategi CSR adalah memilih masalah relevan yang penting bagi Anda dan tim Anda. Dalam kasus Duracell, mereka berkomitmen untuk menyediakan komunitas dengan kekuatan di tengah bencana alam. Ini adalah sesuatu yang dibangun ke dalam nilai-nilai inti perusahaan.

Masalah yang relevan akan menjadi sesuatu yang tidak hanya penting untuk bisnis Anda, tetapi juga dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Ini adalah bagaimana Anda memaksimalkan nilai investasi Anda.

Pekerjakan secara Strategis

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki hubungan positif dengan strategi CSR, generasi millenial menemukan penyebab sosial menjadi sangat menyegarkan dan penting di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil upaya Anda ke tingkat berikutnya, rekrut milenium lagi.

Berikan Lebih dari Uang

Banyak bisnis menanamkan modal untuk tujuan sosial, tetapi ini tidak banyak menggerakkan jarum - setidaknya dalam hal persepsi publik. Untuk benar-benar menyelaraskan bisnis Anda dengan penyebab positif, Anda perlu memberikan lebih dari sekadar uang.

Banyak bisnis menemukan kesuksesan dalam menawarkan waktu relawan yang dibayar karyawan. Dengan kata lain, mereka dapat pergi menghabiskan satu hari secara sukarela dengan sebab yang didukung perusahaan Anda dan dibayar untuk waktu mereka.

Ini menciptakan rasa kepemilikan dalam perusahaan yang jelas bagi mereka yang berada di luar organisasi.

Jangan Malu Tentang Promosi

Meskipun ada banyak hal lain dalam CSR daripada publisitas, sulit untuk mengabaikan peran yang dimainkannya. Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari tujuan sosial yang positif, pastikan Anda juga datang dengan strategi promosi/branding.

Ini tidak hanya akan membawa publisitas positif, tetapi akan menyinari penyebab yang Anda dukung.

Jadilah Jujur dan Tidak Palsu

Anda tidak akan membuat semua orang bahagia. Bahkan jika Anda yakin bahwa penyebab sosial yang Anda investasikan adalah sempurna, akan selalu ada orang-orang yang akan mengeluh atau tidak setuju dengan ideologi Anda. Pada akhirnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah jujur ??dan tulus.

Penyebab sosial yang baik, ditambah dengan transparansi, akan membantu merek Anda mengatasi banyak kesalahan dan menjalin hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan basis pelanggan Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: