Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:00 WIB. Mandiri - Bank Mandiri masih menyalurkan KPR di beberapa daerah dengan jumlah terbatas.
  • 21:00 WIB. WeChat - WeChat butuh 7 tahun untuk jadi aplikasi super.
  • 20:58 WIB. Huawei - Huawei bikin asisten pintar penantang Amazon dan Google.
  • 20:49 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo resmi cabut izin frekuensi First Media, Bolt, dan Jasnita.

Moka Dukung UKM di Yogyakarta Lewat A Cup of Moka

Foto Berita Moka Dukung UKM di Yogyakarta Lewat A Cup of Moka
Warta Ekonomi.co.id, Sleman -

Moka mendukung pegiat UKM di Yogyakarta menjadi wirausaha kreatif melalui acara A Cup of Moka. Kegiatan ini berupa gelaran diskusi edukatif yang dikhususkan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Diadakan di Lantai Bumi, kedai kopi di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (25/8/2018), acara diisi dengan seminar mengenai strategi menjalankan bisnis dari sisi operasional sampai dengan pemasaran. Kemudian sharing session bersama dengan pemilik usaha untuk saling berbagi tips dan pengalaman.

Bertemakan strategi pemasaran digital, Moka berbagi tips kepada para pelaku usaha untuk mengiklankan produk dan jasa melalui platform digital. Strategi periklanan merupakan satu di antara berbagai jenis pemasaran yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha di mana iklan merupakan metode yang efektif untuk menyediakan informasi mengenai produk dan jasa usaha untuk para pelanggan yang mencari tahu produk yang akan mereka beli.

Head of Digital Moka, Ferdi Anggriawan, mengatakan tiga hal utama yang perlu diingat sebelum memasarkan produk dan jasa dari bisnis yang dijalani adalah menciptakan strategi retensi, mengatur pesan utama dalam pemasaran sebelum memilih media yang tepat, serta optimisasi pemasaran melalui channel digital.

"Di Amerika Serikat, misalnya satu orang melihat setidaknya 4.000 iklan dalam satu hari. Sudah menjadi tugas utama bagi para pelaku usaha untuk dapat mendefinisikan cara yang efektif untuk mengiklankan produk di era yang penuh distraksi ini," ujarnya.

Mengenai strategi mengiklankan bisnis di platform digital, Ferdi menyampaikan bahwa strategi retensi merupakan sekumpulan inisiatif untuk mengurangi jumlah pelanggan yang pindah atau berhenti menggunakan produk maupun jasa dari bisnis yang dimiliki. Strategi retensi dalam bisnis juga sangat berpengaruh untuk menjadikan bisnis, khususnya bagi UKM, menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Untuk eksekusinya, setelah menentukan strategi retensi yang tepat, penentuan pesan utama untuk iklan bisnis bisa didapatkan dengan cara segmentasi konsumen agar para pelaku bisnis dapat memberikan pesan yang tepat.

"Setelah menentukan pesan utama, pelaku usaha dapat manfaatkan channel digital karena lebih mudah dalam mengontrol budget, segmentasinya bisa diatur, dan mendapatkan manfaat yang bisa dikalkulasi dengan lebih efektif," lanjut Ferdi.

Tag: Moka POS

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35