Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Moka Dukung UKM di Yogyakarta Lewat A Cup of Moka

Moka Dukung UKM di Yogyakarta Lewat A Cup of Moka Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Sleman -

Moka mendukung pegiat UKM di Yogyakarta menjadi wirausaha kreatif melalui acara A Cup of Moka. Kegiatan ini berupa gelaran diskusi edukatif yang dikhususkan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Diadakan di Lantai Bumi, kedai kopi di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (25/8/2018), acara diisi dengan seminar mengenai strategi menjalankan bisnis dari sisi operasional sampai dengan pemasaran. Kemudian sharing session bersama dengan pemilik usaha untuk saling berbagi tips dan pengalaman.

Bertemakan strategi pemasaran digital, Moka berbagi tips kepada para pelaku usaha untuk mengiklankan produk dan jasa melalui platform digital. Strategi periklanan merupakan satu di antara berbagai jenis pemasaran yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha di mana iklan merupakan metode yang efektif untuk menyediakan informasi mengenai produk dan jasa usaha untuk para pelanggan yang mencari tahu produk yang akan mereka beli.

Head of Digital Moka, Ferdi Anggriawan, mengatakan tiga hal utama yang perlu diingat sebelum memasarkan produk dan jasa dari bisnis yang dijalani adalah menciptakan strategi retensi, mengatur pesan utama dalam pemasaran sebelum memilih media yang tepat, serta optimisasi pemasaran melalui channel digital.

"Di Amerika Serikat, misalnya satu orang melihat setidaknya 4.000 iklan dalam satu hari. Sudah menjadi tugas utama bagi para pelaku usaha untuk dapat mendefinisikan cara yang efektif untuk mengiklankan produk di era yang penuh distraksi ini," ujarnya.

Mengenai strategi mengiklankan bisnis di platform digital, Ferdi menyampaikan bahwa strategi retensi merupakan sekumpulan inisiatif untuk mengurangi jumlah pelanggan yang pindah atau berhenti menggunakan produk maupun jasa dari bisnis yang dimiliki. Strategi retensi dalam bisnis juga sangat berpengaruh untuk menjadikan bisnis, khususnya bagi UKM, menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Untuk eksekusinya, setelah menentukan strategi retensi yang tepat, penentuan pesan utama untuk iklan bisnis bisa didapatkan dengan cara segmentasi konsumen agar para pelaku bisnis dapat memberikan pesan yang tepat.

"Setelah menentukan pesan utama, pelaku usaha dapat manfaatkan channel digital karena lebih mudah dalam mengontrol budget, segmentasinya bisa diatur, dan mendapatkan manfaat yang bisa dikalkulasi dengan lebih efektif," lanjut Ferdi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: