Portal Berita Ekonomi Minggu, 18 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Ternyata, CEO Adalah Alat Pemasaran yang Penting

Foto Berita Ternyata, CEO Adalah Alat Pemasaran yang Penting
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sebagai pendiri bisnis, tentu saja, Anda memainkan peran penting dalam mengembangkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. 

Namun, menjalankan seluruh perusahaan adalah hal yang berbeda, dan tentu berurusan dengan masalah SDM, hukum, keuangan dan operasional lainnya tidak datang secara alami ke semua pengusaha.

Peran penting lainnya dari seorang pendiri adalah menjadi juru bicara untuk merek tersebut. Itu bukan hal yang mudah bagi semua orang. Namun, tidak seperti menjalankan perusahaan, jauh lebih sulit untuk melakukan outsourcing secara efektif.

Pendiri atau CEO perusahaan adalah alat pemasaran yang penting. Pemimpin bisnis apa pun sebaiknya ditempatkan sebagai promotor dan juru bicara utamanya, jadi tidak mengherankan jika seperempat CEO memiliki latar belakang pemasaran.

Anda mungkin tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang tepat untuk melakukannya dengan baik. Ini mungkin bukan peran yang Anda sukai, tetapi ada alasan utama mengapa sebagai pendiri atau CEO harus mampu menjadi wajah publik bisnis Anda sendiri.

Pelanggan terbaik Anda sebenarnya membeli visi Anda.

Mari kita ambil contoh pada 1990-an, Dyson memasuki pasar peralatan rumah tangga dengan vacuum cleaner baru yang kuat yang secara signifikan lebih mahal daripada merek lain. Pendiri perusahaan, James Dyson, ditampilkan dalam iklan televisi di mana ia dengan tekun menjelaskan teknologi yang membuat produknya lebih unggul dengan cara yang unik.

Saat ini, Dyson adalah bisnis bernilai miliaran dolar yang terus melambung menjadi perusahaan desain inovatif. Menjadi lebih dari sekadar produsen alat rumah tangga menarik bagi pelanggan yang bersedia membayar lebih untuk produk premium.

Bahkan ketika Dyson menyatakan bahwa kata “branding” dilarang di Dyson, itu adalah branding yang hebat. Dia menggunakan posisinya sebagai juru bicara merek untuk memberi tahu pelanggan bahwa perusahaan benar-benar berfokus pada produk.

Memanfaatkan pendiri sebagai juru bicara sangat berharga untuk mengkomunikasikan cerita dan misi merek dengan cara yang benar-benar terhubung dengan orang, tetapi itu tidak berarti Anda harus menjadi satu-satunya wajah yang terkait dengan merek Anda.

Setelah Anda menetapkan diri Anda sebagai suara utama, identifikasi orang lain di organisasi Anda yang dapat menambahkan perspektif mereka. Ketika bisnis Anda dapat menceritakan kisah yang lebih mendalam dan lebih kaya, semakin Anda memperluas jangkauan dan mendapatkan pelanggan baru.

Tag: Chief Executive Officer (CEO)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35