Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

McKinsey & Company Nilai E-Commerce Beri Keuntungan Financial bagi Indonesia

McKinsey & Company Nilai E-Commerce Beri Keuntungan Financial bagi Indonesia Kredit Foto: Sumber lain
Warta Ekonomi, Jakarta -

McKinsey & Company, “The digital archipelago: How online commerce is driving Indonesia’s economic development” menyatakan E-Commerce di Indonesia meningkat pesat. Pertumbuhan ini jelas membawa keuntungan finansial bagi ekonomi, meningkatkan kesetaraan sosial dan gender, sembari meningkatkan inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa.

Dalam lima tahun saja pemasukan diperkirakan meningkat delapan kali lipat hingga US$65 miliar (Rp910 triliun).

Presiden Direktur PT McKinsey Indonesia, Phillia Wibowo, mengatakan bahwa sudah ada berbagai riset mengenai dampak teknologi digital pada ekonomi Indonesia.

“Namun, yang kurang hingga saat ini, dan yang menjadi fokus laporan kami, adalah dampak pada sektor ril. Riset kami menunjukkan bahwa bukan hanya bagaimana penjualan online meningkat pesat, namun juga bagaimana ini menguntungkan bagi ekonomi, dan sekaligus mendorong kesetaraan sosial," kata Philia sesuai keterangan persnya di Jakarta, Jumat (31/08/2018).

McKinsey menilai penjualan offline bukan saja bergeser ke platform online; akan tetapi, perdagangan online mendorong penjualan menjadi lebih banyak.

"Riset kami menunjukkan bahwa sekitar 30% dari perdagangan online – dengan penjualan senilai US$3 miliar (Rp42 triliun) di 2017 – merupakan pembelanjaan tambahan. Proporsi ini kemungkinan akan meningkat ke US$22 miliar (Rp308 triliun) pada 2022 berkat meluasnya perdagangan online ke daerah-daerah dimana ada kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi," jelasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: