Portal Berita Ekonomi Rabu, 19 September 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:52 WIB. Produsen Mobil - Renault, Nissan, dan Mitsubishi resmi gandeng Google untuk penggunaan Android pada sistem hiburan kabin.
  • 11:51 WIB. HMD - HMD Global tunda peluncuran Nokia 9 hingga tahun depan.
  • 11:49 WIB. BKN - Situs BKN tumbang menjelang pendaftaran CPNS 2018.
  • 11:35 WIB. Smartfren - Smartfren berencana menghentikan produksi ponsel Andromax pada pertengahan 2019.
  • 11:22 WIB. KPK - Melchias Markus Mekeng diperiksa atas kasus PLTU Riau-1.
  • 11:20 WIB. Farhat Abbas - Ulama yang ada di kubu Jokowi adalah ulama yang bersih dan lurus.
  • 11:20 WIB. Farhat Abbas - Jokowi-Ma'ruf lebih banyak didukung ulama ketimbang Prabowo-Sandi.
  • 11:20 WIB. Farhat Abbas - Jokowi sudah membuat Indonesia adil dan makmur.
  • 11:19 WIB. Farhat Abbas - Koalisi Indonesia Adil-Makmur bagi Prabowo-Sandi tidak cocok.
  • 10:59 WIB. CPNS - Portal SSCN.bkn.go.id bisa diakses pukul 13.00 WIB.
  • 10:58 WIB. Politik - Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah resmi jabat Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023.
  • 10:57 WIB. Politik - Zulkieflimansyah resmi mengantikan TGB sebagai Gubernur NTB.
  • 10:35 WIB. Rokok - Ditjen Bea Cukai menarget penerimaan cukai 2018 sebesar Rp149 triliun.
  • 10:33 WIB. Rokok - Cukai rokok jadi alternatif pemerintah untuk bayar defisit BPJS kesehatan.
  • 10:30 WIB. Pertamini - Membutuhkan modal puluhan juta rupiah guna membeli nozzle dan argo digital untuk usaha Pertamini.

Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!

Foto Berita Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Berinvestasi dalam anggaran pemasaran Anda adalah salah satu transaksi keuangan paling penting yang akan Anda buat, tetapi itu tidak harus mahal. Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan harga yang tidak perlu mahal dan cepat juga tentunya.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis Anda, maka langkah logis selanjutnya adalah memastikan Anda menjangkau audiens target melalui upaya pemasaran media sosial yang sukses. Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk strategi pemasaran media sosial yang efektif. Kuncinya adalah mengetahui apa yang berhasil dan bagaimana menerapkannya dengan benar.

 “Berinvestasi dalam pemasaran media sosial Anda adalah salah satu keputusan keuangan terpenting yang akan Anda buat sebagai wirausahawan,” kata Jonas delos Reyes, Kepala Digital BPI, “uang yang dialokasikan untuk itu karenanya harus digunakan dengan bijaksana, dengan saluran media sosial yang tepat.”

Berikut adalah beberapa petunjuk penting yang perlu Anda ketahui untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya melalui media sosial:

1. Kembangkan perencanaan

Media sosial membantu merek menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah, terutama dibandingkan dengan metode iklan yang lebih tradisional.

Selain itu, media sosial dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis dan tantangan pemasaran, tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda perlu menggunakan sasaran SMART: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound atau Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan, Berbatas waktu. Sasaran SMART mungkin terlihat seperti ini: "Tingkatkan keterlibatan Facebook dengan seribu likes baru pada akhir bulan dengan memposting konten baru tiga kali seminggu selama jam sibuk."

Tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu: Apa inti dari bisnis Anda? Siapa orang di belakangnya dan apa yang ingin mereka capai? Apa produk Anda dan jenis hubungan yang ingin Anda bangun dengan klien Anda? Lebih penting lagi, apa visi dan misi, serta tujuan jangka panjang dan jangka pendek? Sebelum Anda memasuki pertempuran, penting bagi Anda untuk menetapkan poin-poin ini terlebih dahulu karena mereka akan mendorong semua tindakan yang akan Anda lakukan ke depan.

“Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat identitas unik di media sosial. Ini akan mencerminkan konten yang Anda poskan atau bagikan, bagaimana Anda menanggapi pertanyaan klien, serta pesan yang diselaraskan oleh perusahaan, ”kata Delos Reyes.

Ambillah dari seseorang yang tahu nilai strategi, Sun Tzu, yang menulis di The Art of War: "Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran."

2. Investasikan dalam konten asli

Di antara prinsip-prinsip inti pemasaran media sosial yang efektif adalah produksi konten asli. Itu harus mewakili merek itu semua dan harus menangkap suara dan kepribadian perusahaan. Konten asli dibuat, dan akhirnya meningkat, lalu lintas situs web.

Memanfaatkan kekuatan penulis, produser video, seniman grafis, dan materi iklan lainnya di tim Anda. Lakukan brainstorming dengan mereka tentang cara terbaik untuk menghidupkan merek dengan artikel di Facebook, video di YouTube, atau foto di Instagram. Tidak ada yang terbaik untuk membuat konten untuk merek daripada orang yang membantu membangunnya.

3. Belajar untuk mengoptimalkan platform

Platform media sosial memiliki kekuatan yang berbeda dan target pasar yang berbeda. Untuk melaksanakan rencana media sosial yang efektif, Anda harus dapat menggunakan kekuatan ini untuk keuntungan Anda.

Untuk bisnis berbasis gambar, Instagram adalah taruhan terbaik mereka. Twitter sempurna untuk perusahaan yang perlu terlibat langsung dengan pelanggan dan segera memberikan dukungan pelanggan. Facebook adalah platform utama bagi bisnis pemula untuk mencapai target pasar mereka menggunakan berbagai bentuk konten, seperti video, karya seni, infografis, tautan ke situs web, dan sejenisnya, sementara Pinterest sempurna untuk menginspirasi konsumen Anda dan memanfaatkan minat mereka dengan baik.

Sama pentingnya adalah cara Anda terlibat dengan audiens Anda. Manfaatkan fungsi "retweet" dan "like". Gunakan tagar dan optimalkan kata kunci. Tandai akun dan lokasi yang relevan di pos Anda. Dan yang paling penting, terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar yang tersisa di posting Anda. Tidak hanya menunjukkan niat baik di pihak Anda, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja ekstra untuk mendapatkan kepercayaan klien.

4. Jadilah berpikiran mobile

Semakin banyak orang beralih ke perangkat seluler mereka untuk mengonsumsi konten. Menurut YouTube, lebih dari setengahnya berasal dari seluler. Oleh karena itu, masuk akal bahwa semua kehadiran media sosial Anda ramah seluler. Situs web Anda harus dapat dibaca di layar yang lebih kecil. Tata letaknya harus bersih dan kontennya harus singkat dan tajam. Dan itu harus kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Lagi pula, apa gunanya strategi yang efektif jika tidak ada yang bisa melihatnya dengan baik? Apabila digunakan secara efektif, alat media sosial dapat memberdayakan dengan sedikit biaya.

Tag: Tips Bisnis, Media Sosial (medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,991.68 3,951.90
British Pound GBP 1.00 19,685.55 19,482.04
China Yuan CNY 1.00 2,183.20 2,161.62
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,970.00 14,822.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,820.32 10,705.93
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,908.05 1,889.16
Dolar Singapura SGD 1.00 10,924.62 10,814.24
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,459.51 17,283.93
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,614.20 3,575.87
Yen Jepang JPY 100.00 13,327.99 13,192.70

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5811.790 -12.467 602
2 Agriculture 1591.302 -14.202 20
3 Mining 1906.982 13.144 46
4 Basic Industry and Chemicals 779.933 -0.140 71
5 Miscellanous Industry 1202.124 8.921 45
6 Consumer Goods 2412.224 -29.669 47
7 Cons., Property & Real Estate 420.063 -6.294 68
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1024.766 15.682 69
9 Finance 1049.012 -2.325 91
10 Trade & Service 813.453 -3.458 145
No Code Prev Close Change %
1 DIGI 200 340 140 70.00
2 PANI 108 183 75 69.44
3 SRSN 63 85 22 34.92
4 ABBA 145 195 50 34.48
5 TRIL 57 70 13 22.81
6 VIVA 139 163 24 17.27
7 MGNA 50 57 7 14.00
8 PNSE 765 850 85 11.11
9 MAMI 65 72 7 10.77
10 ALMI 320 350 30 9.38
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 252 189 -63 -25.00
2 COWL 630 515 -115 -18.25
3 GOLD 570 478 -92 -16.14
4 LCGP 140 119 -21 -15.00
5 PKPK 194 169 -25 -12.89
6 MOLI 1,265 1,105 -160 -12.65
7 CANI 204 180 -24 -11.76
8 KIOS 3,170 2,800 -370 -11.67
9 ERTX 140 124 -16 -11.43
10 FAST 1,745 1,555 -190 -10.89
No Code Prev Close Change %
1 PNLF 216 226 10 4.63
2 ABBA 145 195 50 34.48
3 BBRI 2,970 2,940 -30 -1.01
4 TLKM 3,470 3,570 100 2.88
5 KPIG 740 715 -25 -3.38
6 PTBA 3,930 4,130 200 5.09
7 BBCA 23,925 24,000 75 0.31
8 NUSA 252 189 -63 -25.00
9 PGAS 1,995 2,060 65 3.26
10 BMRI 6,450 6,375 -75 -1.16