Portal Berita Ekonomi Sabtu, 17 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:45 WIB. Energi - BPH Migas meresmikan SPBU BBM satu harga di Desa Empunak perbatasan Indonesia-Malaysia.
  • 12:35 WIB. PLN - Suplai listrik ke seluruh wilayah Sulbagsel berhasil pulih 100%.
  • 12:34 WIB. Pertamina - Pertamina telah menyalurkan 186 kiloliter solar ke PLN Timika.
  • 12:33 WIB. Pertamina - Pertamina memastikan penyaluran solar ke PLN Timika dan seluruh SPBU telah kembali normal.
  • 10:34 WIB. BUMN - Kementerian BUMN berharap pembentukan dua holding selesai di akhir tahun 2018.
  • 10:33 WIB. White House - Pengadilan AS memerintahkan Gedung Putih untuk membatalkan pencabutan izin liputan wartawan CNN.
  • 10:31 WIB. Go-Jek - Di Bandung, sedikitnya 500 mitra ojek online Grab migrasi ke Go-Jek.

Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!

Foto Berita Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Berinvestasi dalam anggaran pemasaran Anda adalah salah satu transaksi keuangan paling penting yang akan Anda buat, tetapi itu tidak harus mahal. Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan harga yang tidak perlu mahal dan cepat juga tentunya.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis Anda, maka langkah logis selanjutnya adalah memastikan Anda menjangkau audiens target melalui upaya pemasaran media sosial yang sukses. Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk strategi pemasaran media sosial yang efektif. Kuncinya adalah mengetahui apa yang berhasil dan bagaimana menerapkannya dengan benar.

 “Berinvestasi dalam pemasaran media sosial Anda adalah salah satu keputusan keuangan terpenting yang akan Anda buat sebagai wirausahawan,” kata Jonas delos Reyes, Kepala Digital BPI, “uang yang dialokasikan untuk itu karenanya harus digunakan dengan bijaksana, dengan saluran media sosial yang tepat.”

Berikut adalah beberapa petunjuk penting yang perlu Anda ketahui untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya melalui media sosial:

1. Kembangkan perencanaan

Media sosial membantu merek menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah, terutama dibandingkan dengan metode iklan yang lebih tradisional.

Selain itu, media sosial dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis dan tantangan pemasaran, tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda perlu menggunakan sasaran SMART: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound atau Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan, Berbatas waktu. Sasaran SMART mungkin terlihat seperti ini: "Tingkatkan keterlibatan Facebook dengan seribu likes baru pada akhir bulan dengan memposting konten baru tiga kali seminggu selama jam sibuk."

Tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu: Apa inti dari bisnis Anda? Siapa orang di belakangnya dan apa yang ingin mereka capai? Apa produk Anda dan jenis hubungan yang ingin Anda bangun dengan klien Anda? Lebih penting lagi, apa visi dan misi, serta tujuan jangka panjang dan jangka pendek? Sebelum Anda memasuki pertempuran, penting bagi Anda untuk menetapkan poin-poin ini terlebih dahulu karena mereka akan mendorong semua tindakan yang akan Anda lakukan ke depan.

“Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat identitas unik di media sosial. Ini akan mencerminkan konten yang Anda poskan atau bagikan, bagaimana Anda menanggapi pertanyaan klien, serta pesan yang diselaraskan oleh perusahaan, ”kata Delos Reyes.

Ambillah dari seseorang yang tahu nilai strategi, Sun Tzu, yang menulis di The Art of War: "Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran."

2. Investasikan dalam konten asli

Di antara prinsip-prinsip inti pemasaran media sosial yang efektif adalah produksi konten asli. Itu harus mewakili merek itu semua dan harus menangkap suara dan kepribadian perusahaan. Konten asli dibuat, dan akhirnya meningkat, lalu lintas situs web.

Memanfaatkan kekuatan penulis, produser video, seniman grafis, dan materi iklan lainnya di tim Anda. Lakukan brainstorming dengan mereka tentang cara terbaik untuk menghidupkan merek dengan artikel di Facebook, video di YouTube, atau foto di Instagram. Tidak ada yang terbaik untuk membuat konten untuk merek daripada orang yang membantu membangunnya.

3. Belajar untuk mengoptimalkan platform

Platform media sosial memiliki kekuatan yang berbeda dan target pasar yang berbeda. Untuk melaksanakan rencana media sosial yang efektif, Anda harus dapat menggunakan kekuatan ini untuk keuntungan Anda.

Untuk bisnis berbasis gambar, Instagram adalah taruhan terbaik mereka. Twitter sempurna untuk perusahaan yang perlu terlibat langsung dengan pelanggan dan segera memberikan dukungan pelanggan. Facebook adalah platform utama bagi bisnis pemula untuk mencapai target pasar mereka menggunakan berbagai bentuk konten, seperti video, karya seni, infografis, tautan ke situs web, dan sejenisnya, sementara Pinterest sempurna untuk menginspirasi konsumen Anda dan memanfaatkan minat mereka dengan baik.

Sama pentingnya adalah cara Anda terlibat dengan audiens Anda. Manfaatkan fungsi "retweet" dan "like". Gunakan tagar dan optimalkan kata kunci. Tandai akun dan lokasi yang relevan di pos Anda. Dan yang paling penting, terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar yang tersisa di posting Anda. Tidak hanya menunjukkan niat baik di pihak Anda, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja ekstra untuk mendapatkan kepercayaan klien.

4. Jadilah berpikiran mobile

Semakin banyak orang beralih ke perangkat seluler mereka untuk mengonsumsi konten. Menurut YouTube, lebih dari setengahnya berasal dari seluler. Oleh karena itu, masuk akal bahwa semua kehadiran media sosial Anda ramah seluler. Situs web Anda harus dapat dibaca di layar yang lebih kecil. Tata letaknya harus bersih dan kontennya harus singkat dan tajam. Dan itu harus kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Lagi pula, apa gunanya strategi yang efektif jika tidak ada yang bisa melihatnya dengan baik? Apabila digunakan secara efektif, alat media sosial dapat memberdayakan dengan sedikit biaya.

Tag: Tips Bisnis, Media Sosial (Medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35