Portal Berita Ekonomi Minggu, 24 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:33 WIB. Messi - Messi panen sanjungan di media sosial.
  • 12:06 WIB. Apple - Bangkitkan penjualan iPhone, Apple beri cicilan tanpa bunga.
  • 09:55 WIB. Realme - Realme 3 meluncur perdana di India.
  • 09:54 WIB. Xiaomi - Xiaomi berambisi kuasai Eropa.
  • 05:53 WIB. EPL - Leicester City 1 vs 4 Crystal Palace
  • 05:51 WIB. EPL - Newcastle United 2 vs 0 Huddersfield Town
  • 05:50 WIB. EPL - AFC Bournemouth 1 vs 1 Wolverhampton Wanderers

Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!

Foto Berita Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Berinvestasi dalam anggaran pemasaran Anda adalah salah satu transaksi keuangan paling penting yang akan Anda buat, tetapi itu tidak harus mahal. Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan harga yang tidak perlu mahal dan cepat juga tentunya.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis Anda, maka langkah logis selanjutnya adalah memastikan Anda menjangkau audiens target melalui upaya pemasaran media sosial yang sukses. Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk strategi pemasaran media sosial yang efektif. Kuncinya adalah mengetahui apa yang berhasil dan bagaimana menerapkannya dengan benar.

 “Berinvestasi dalam pemasaran media sosial Anda adalah salah satu keputusan keuangan terpenting yang akan Anda buat sebagai wirausahawan,” kata Jonas delos Reyes, Kepala Digital BPI, “uang yang dialokasikan untuk itu karenanya harus digunakan dengan bijaksana, dengan saluran media sosial yang tepat.”

Berikut adalah beberapa petunjuk penting yang perlu Anda ketahui untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya melalui media sosial:

1. Kembangkan perencanaan

Media sosial membantu merek menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah, terutama dibandingkan dengan metode iklan yang lebih tradisional.

Selain itu, media sosial dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis dan tantangan pemasaran, tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda perlu menggunakan sasaran SMART: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound atau Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan, Berbatas waktu. Sasaran SMART mungkin terlihat seperti ini: "Tingkatkan keterlibatan Facebook dengan seribu likes baru pada akhir bulan dengan memposting konten baru tiga kali seminggu selama jam sibuk."

Tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu: Apa inti dari bisnis Anda? Siapa orang di belakangnya dan apa yang ingin mereka capai? Apa produk Anda dan jenis hubungan yang ingin Anda bangun dengan klien Anda? Lebih penting lagi, apa visi dan misi, serta tujuan jangka panjang dan jangka pendek? Sebelum Anda memasuki pertempuran, penting bagi Anda untuk menetapkan poin-poin ini terlebih dahulu karena mereka akan mendorong semua tindakan yang akan Anda lakukan ke depan.

“Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat identitas unik di media sosial. Ini akan mencerminkan konten yang Anda poskan atau bagikan, bagaimana Anda menanggapi pertanyaan klien, serta pesan yang diselaraskan oleh perusahaan, ”kata Delos Reyes.

Ambillah dari seseorang yang tahu nilai strategi, Sun Tzu, yang menulis di The Art of War: "Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran."

2. Investasikan dalam konten asli

Di antara prinsip-prinsip inti pemasaran media sosial yang efektif adalah produksi konten asli. Itu harus mewakili merek itu semua dan harus menangkap suara dan kepribadian perusahaan. Konten asli dibuat, dan akhirnya meningkat, lalu lintas situs web.

Memanfaatkan kekuatan penulis, produser video, seniman grafis, dan materi iklan lainnya di tim Anda. Lakukan brainstorming dengan mereka tentang cara terbaik untuk menghidupkan merek dengan artikel di Facebook, video di YouTube, atau foto di Instagram. Tidak ada yang terbaik untuk membuat konten untuk merek daripada orang yang membantu membangunnya.

3. Belajar untuk mengoptimalkan platform

Platform media sosial memiliki kekuatan yang berbeda dan target pasar yang berbeda. Untuk melaksanakan rencana media sosial yang efektif, Anda harus dapat menggunakan kekuatan ini untuk keuntungan Anda.

Untuk bisnis berbasis gambar, Instagram adalah taruhan terbaik mereka. Twitter sempurna untuk perusahaan yang perlu terlibat langsung dengan pelanggan dan segera memberikan dukungan pelanggan. Facebook adalah platform utama bagi bisnis pemula untuk mencapai target pasar mereka menggunakan berbagai bentuk konten, seperti video, karya seni, infografis, tautan ke situs web, dan sejenisnya, sementara Pinterest sempurna untuk menginspirasi konsumen Anda dan memanfaatkan minat mereka dengan baik.

Sama pentingnya adalah cara Anda terlibat dengan audiens Anda. Manfaatkan fungsi "retweet" dan "like". Gunakan tagar dan optimalkan kata kunci. Tandai akun dan lokasi yang relevan di pos Anda. Dan yang paling penting, terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar yang tersisa di posting Anda. Tidak hanya menunjukkan niat baik di pihak Anda, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja ekstra untuk mendapatkan kepercayaan klien.

4. Jadilah berpikiran mobile

Semakin banyak orang beralih ke perangkat seluler mereka untuk mengonsumsi konten. Menurut YouTube, lebih dari setengahnya berasal dari seluler. Oleh karena itu, masuk akal bahwa semua kehadiran media sosial Anda ramah seluler. Situs web Anda harus dapat dibaca di layar yang lebih kecil. Tata letaknya harus bersih dan kontennya harus singkat dan tajam. Dan itu harus kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Lagi pula, apa gunanya strategi yang efektif jika tidak ada yang bisa melihatnya dengan baik? Apabila digunakan secara efektif, alat media sosial dapat memberdayakan dengan sedikit biaya.

Tag: Tips Bisnis, Media Sosial (Medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.17 3,734.94
British Pound GBP 1.00 18,447.47 18,263.53
China Yuan CNY 1.00 2,107.04 2,086.19
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,149.00 14,009.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,042.96 9,942.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,802.90 1,785.04
Dolar Singapura SGD 1.00 10,446.69 10,342.56
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,044.97 15,882.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,467.04 3,430.22
Yen Jepang JPY 100.00 12,776.77 12,646.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6501.378 -36.388 628
2 Agriculture 1604.794 -11.878 21
3 Mining 1940.127 4.527 47
4 Basic Industry and Chemicals 888.309 -14.973 71
5 Miscellanous Industry 1338.979 -8.175 46
6 Consumer Goods 2638.097 -16.371 51
7 Cons., Property & Real Estate 455.949 -3.945 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1207.267 -6.802 72
9 Finance 1235.093 -8.628 91
10 Trade & Service 834.167 6.854 155
No Code Prev Close Change %
1 INTD 141 190 49 34.75
2 OCAP 72 97 25 34.72
3 JAYA 432 540 108 25.00
4 INPS 2,400 3,000 600 25.00
5 SIMA 258 322 64 24.81
6 BALI 895 1,115 220 24.58
7 PNSE 675 840 165 24.44
8 CLAY 1,395 1,725 330 23.66
9 SQMI 272 332 60 22.06
10 MFMI 650 790 140 21.54
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,425 1,095 -330 -23.16
2 TALF 332 260 -72 -21.69
3 IBFN 266 232 -34 -12.78
4 INCI 570 510 -60 -10.53
5 KOIN 302 272 -30 -9.93
6 POLI 1,160 1,055 -105 -9.05
7 PJAA 1,500 1,400 -100 -6.67
8 SMDM 178 168 -10 -5.62
9 SDPC 110 104 -6 -5.45
10 TBIG 4,440 4,200 -240 -5.41
No Code Prev Close Change %
1 UNTR 26,500 27,950 1,450 5.47
2 BMRI 7,325 7,100 -225 -3.07
3 ADRO 1,415 1,410 -5 -0.35
4 PGAS 2,640 2,650 10 0.38
5 BNLI 1,055 1,055 0 0.00
6 JPFA 2,330 2,340 10 0.43
7 INDY 2,180 2,170 -10 -0.46
8 BUMI 163 158 -5 -3.07
9 SQMI 272 332 60 22.06
10 ANTM 1,035 1,055 20 1.93