Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya!

Meraup Keuntungan Bisnis dengan Murah dan Cepat Melalui Medsos? Begini Caranya! Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berinvestasi dalam anggaran pemasaran Anda adalah salah satu transaksi keuangan paling penting yang akan Anda buat, tetapi itu tidak harus mahal. Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan harga yang tidak perlu mahal dan cepat juga tentunya.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis Anda, maka langkah logis selanjutnya adalah memastikan Anda menjangkau audiens target melalui upaya pemasaran media sosial yang sukses. Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk strategi pemasaran media sosial yang efektif. Kuncinya adalah mengetahui apa yang berhasil dan bagaimana menerapkannya dengan benar.

 “Berinvestasi dalam pemasaran media sosial Anda adalah salah satu keputusan keuangan terpenting yang akan Anda buat sebagai wirausahawan,” kata Jonas delos Reyes, Kepala Digital BPI, “uang yang dialokasikan untuk itu karenanya harus digunakan dengan bijaksana, dengan saluran media sosial yang tepat.”

Berikut adalah beberapa petunjuk penting yang perlu Anda ketahui untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya melalui media sosial:

1. Kembangkan perencanaan

Media sosial membantu merek menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah, terutama dibandingkan dengan metode iklan yang lebih tradisional.

Selain itu, media sosial dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis dan tantangan pemasaran, tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda perlu menggunakan sasaran SMART: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound atau Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan, Berbatas waktu. Sasaran SMART mungkin terlihat seperti ini: "Tingkatkan keterlibatan Facebook dengan seribu likes baru pada akhir bulan dengan memposting konten baru tiga kali seminggu selama jam sibuk."

Tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu: Apa inti dari bisnis Anda? Siapa orang di belakangnya dan apa yang ingin mereka capai? Apa produk Anda dan jenis hubungan yang ingin Anda bangun dengan klien Anda? Lebih penting lagi, apa visi dan misi, serta tujuan jangka panjang dan jangka pendek? Sebelum Anda memasuki pertempuran, penting bagi Anda untuk menetapkan poin-poin ini terlebih dahulu karena mereka akan mendorong semua tindakan yang akan Anda lakukan ke depan.

“Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat identitas unik di media sosial. Ini akan mencerminkan konten yang Anda poskan atau bagikan, bagaimana Anda menanggapi pertanyaan klien, serta pesan yang diselaraskan oleh perusahaan, ”kata Delos Reyes.

Ambillah dari seseorang yang tahu nilai strategi, Sun Tzu, yang menulis di The Art of War: "Jika Anda tahu musuh dan mengenal diri sendiri, Anda tidak perlu takut hasil dari seratus pertempuran."

2. Investasikan dalam konten asli

Di antara prinsip-prinsip inti pemasaran media sosial yang efektif adalah produksi konten asli. Itu harus mewakili merek itu semua dan harus menangkap suara dan kepribadian perusahaan. Konten asli dibuat, dan akhirnya meningkat, lalu lintas situs web.

Memanfaatkan kekuatan penulis, produser video, seniman grafis, dan materi iklan lainnya di tim Anda. Lakukan brainstorming dengan mereka tentang cara terbaik untuk menghidupkan merek dengan artikel di Facebook, video di YouTube, atau foto di Instagram. Tidak ada yang terbaik untuk membuat konten untuk merek daripada orang yang membantu membangunnya.

3. Belajar untuk mengoptimalkan platform

Platform media sosial memiliki kekuatan yang berbeda dan target pasar yang berbeda. Untuk melaksanakan rencana media sosial yang efektif, Anda harus dapat menggunakan kekuatan ini untuk keuntungan Anda.

Untuk bisnis berbasis gambar, Instagram adalah taruhan terbaik mereka. Twitter sempurna untuk perusahaan yang perlu terlibat langsung dengan pelanggan dan segera memberikan dukungan pelanggan. Facebook adalah platform utama bagi bisnis pemula untuk mencapai target pasar mereka menggunakan berbagai bentuk konten, seperti video, karya seni, infografis, tautan ke situs web, dan sejenisnya, sementara Pinterest sempurna untuk menginspirasi konsumen Anda dan memanfaatkan minat mereka dengan baik.

Sama pentingnya adalah cara Anda terlibat dengan audiens Anda. Manfaatkan fungsi "retweet" dan "like". Gunakan tagar dan optimalkan kata kunci. Tandai akun dan lokasi yang relevan di pos Anda. Dan yang paling penting, terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar yang tersisa di posting Anda. Tidak hanya menunjukkan niat baik di pihak Anda, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja ekstra untuk mendapatkan kepercayaan klien.

4. Jadilah berpikiran mobile

Semakin banyak orang beralih ke perangkat seluler mereka untuk mengonsumsi konten. Menurut YouTube, lebih dari setengahnya berasal dari seluler. Oleh karena itu, masuk akal bahwa semua kehadiran media sosial Anda ramah seluler. Situs web Anda harus dapat dibaca di layar yang lebih kecil. Tata letaknya harus bersih dan kontennya harus singkat dan tajam. Dan itu harus kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Lagi pula, apa gunanya strategi yang efektif jika tidak ada yang bisa melihatnya dengan baik? Apabila digunakan secara efektif, alat media sosial dapat memberdayakan dengan sedikit biaya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: