Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian PUPR Targetkan 26 PSN Rampung Akhir 2018

Kementerian PUPR Targetkan 26 PSN Rampung Akhir 2018 Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan tambahan 26 pembangunan infrastruktur yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) bisa dirampungkan pada akhir 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, Kementerian PUPR akan fokus pada penyelesaian proyek infrastruktur. Tidak ada kegiatan pembangunan baru pada 2019 yang menggunakan anggaran multiyear, kecuali pembangunan bendungan dan irigasi.

"Kami harapkan tidak ada proyek yang mangkrak di tengah jalan, termasuk PSN. Seluruhnya terus dilanjutkan sesuai perencanaan dan bisa selesai melebihi tahun 2019," tegas Basuki dalam rilis yang diterima redaksi Warta Ekonomi, Kamis (6/9/2018).

Setelah 26 PSN yang terdiri dari 8 bendungan, 3 jaringan irigasi, 12 jalan tol, dan 3 perumahan selesai, akan dilanjutkan dengan 53 PSN yang ditarget rampung pada tahun mendatang. Rinciannya, 12 bendungan, 3 irigasi, 29 jalan tol, 4 jalan nasional, dan 1 sistem penyediaan air minum dan sanitasi. Sisanya akan selesai setelah 2019.

Adapun seluruh proyek dalam daftar PSN bidang PUPR yang telah selesai, di antaranya pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Nanga Badau dan Wini, Daerah Irigasi Umpu Sistem, ruas tol Soreang-Pasir Koja (11 km), Mojokerto-Surabaya (36,3 km), dan Akses Tanjung Priok (16,7 km). 

Dari 137 PSN infrastruktur PUPR, 2 proyek bendungan sudah selesai dan diresmikan pada 2018, yakni Bendungan Raknamo di NTT dan Tanju di NTB. Dua ruas tol juga sudah rampung dan diresmikan tahun 2018, yakni tol Kertosono-Mojokerto (40,5 km) dan Tol Pejagan-Pemalang (43 km).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rosmayanti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: