Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Blibli.com Dukung Perkembangan UMKM Melalui The Big Start Indonesia

Blibli.com Dukung Perkembangan UMKM Melalui The Big Start Indonesia Kredit Foto: Blibli.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Blibli.com mendukung perkembangan UMKM Indonesia melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, The Big Start Indonesia (TBS) Season 3. Didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementrian Perindustrian.

TBS Indonesia Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dari tahun sebelumnya senilai Rp1,1 Miliar dan Jakarta menjadi kota ke-5 dan terakhir dalam rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 yang akan berlangsung antara 7 sampai 9 September 2018.

Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com, Lani Rahayu, mengungkapkan, tahun ini, The Big Start Indonesia Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, dan Jakarta menjadi kota ke-5 sekaligus penutup dalam rangkaian ini setelah sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya.

"Blibli.com melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang dibandingkan kota-kota lainnya, dan tentunya menghadirkan persaingan lebih ketat. Gelaran di Jakarta menutup rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 di lima kota yang mengajak para pengusaha kreatif muda lokal terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi," ujarnya sesuai keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (06/09/2018).

Ineu Mardiani, Founder Indhe Bags & Juara ke-4 TBS Indonesia Season 2 mengungkapkan bahwa sebagai pengusaha kreatif muda di Jakarta, pebisnis harus terus mengembangkan usaha supaya tidak hanya eksis secara nasional, tapi juga dapat diterima pasar internasional.

"Bagi saya, yang paling penting adalah dua hal. Pertama segmen pasar yang jelas, dan kedua adalah keunikan produk. Mengikuti TBS Indonesia Season 2 lalu, saya belajar banyak mengenai hal baru, termasuk branding, marketing, memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan berbisnis terutama cara untuk menuangkan cerita dan identitas bangsa kita yang unik dalam produk saya," ceritanya.

Senada dengan Nicholas Yudha, Founder Monstore sekaligus Merchant Blibli.com, dengan persaingan UMKM yang semakin ketat terutama di Jakarta yang semuanya serba cepat berubah, sangat penting bagi para pengusaha kreatif muda untuk terus berpikir dan menantang diri sendiri, terutama keunikan dan cerita produk yang ingin diangkat.

"Menurut saya salah satu hal yang penting adalah branding, karena di sinilah kita bisa menceritakan identitas usaha kita, membantu untuk upscalling bisnis dan meraih pasar lebih luas lagi, hingga ke luar Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan ini adalah melakukan penjualan melalui online atau e-commerce. Penting untuk mencari platform ­e-commerce yang memiliki misi dan visi yang sama dengan brand kita," cerita Nicholas.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Indonesia Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen mengembangkan usaha mereka, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia.

Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI dan pada akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke Grand Final.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: