Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jack Ma Pensiun dari Alibaba pada 10 September 2019

Jack Ma Pensiun dari Alibaba pada 10 September 2019 Kredit Foto: Alibaba Foundation
Warta Ekonomi, Beijing -

Jack Ma, co-founder karismatik perusahaan e-commerce terbesar China Alibaba Group Holding Ltd, akan mundur sebagai ketua eksekutif tepat pada satu tahun pada 10 September 2019, Alibaba mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Direktur Utama Alibaba saat ini Daniel Zhang akan menggantikannya sebagai ketua, sementara Ma akan menyelesaikan masa jabatannya saat ini di dewan direksi Alibaba setelah rapat umum tahunan perusahaan pada 2020.

Ma melepaskan peran kepala eksekutif pada 2013 kepada Zhang, (46), yang telah bekerja sejak 2015 setelah menjabat sebagai chief operating officer perusahaan.

Ma, yang berusia 54 tahun pada hari Senin, akan terus membimbing manajemen senior sebagai bagian dari dewan penasehat yang disebut "Alibaba Partnership".

Zhang, (46), sebelumnya menjabat sebagai chief operating officer perusahaan. Ia dikenal sebagai arsitek kunci dari "Singles Day" Alibaba, acara 11 November yang telah menjadi acara belanja online terbesar di dunia.

"Saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses," ungkap Ma dalam surat yang dirilis oleh perusahaan, sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (10/9/2018).

Ma, yang mendirikan Alibaba pada tahun 1999, adalah salah satu orang terkaya di China dengan kekayaan bersih sebesar $36,6 miliar, menurut Forbes, sementara perusahaan telah berkembang dan memiliki lebih dari 66.000 karyawan tetap dan nilai pasar sekitar $420 miliar.

Seorang yang notabene mantan guru bahasa Inggris tanpa latar belakang ilu teknik, Ma memiliki banyak pengikut di China dan dipandang sebagai ikon berpengaruh di Negeri Tirai Bambu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: