Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga Agustus 2018, DPK Ritel BTN Tumbuh 12,55%

Hingga Agustus 2018, DPK Ritel BTN Tumbuh 12,55% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengungkapkan perseroan telah mengantongi Dana Pihak Ketiga (DPK) ritel yang terdiri dari tabungan dan deposito baik perorangan maupun lembaga, sebesar Rp 52,26 triliun hingga Agustus 2018. Jumlah ini tumbuh 12,55% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun salah satu pendorong dari pertumbuhan DPK ritel adalah tabungan. Per Agustus 2018, tabungan tercatat tumbuh sebesar Rp37,4 triliun, yaitu 10,93% dibandingkan Agustus tahun sebelumnya yang mencapai Rp33,72 triliun.

“Kami masih on track untuk mengejar target pertumbuhan DPK secara total di sekitar 19-22% tahun ini,” kata Direktur Bank BTN, Budi Satria, usai membuka rapat koordinasi bersama PT Pos Indonesia (Persero), akhir pekan kemarin di Solo.

Dia mengatakan, untuk mengejar target pertumbuhan DPK tersebut, BTN tengah mengejar pertumbuhan produk tabungan e’Batarapos, yakni produk tabungan hasil kolaborasi Bank BTN dengan PT Pos Indonesia (Persero) yang diluncurkan tahun 2005 lalu. Menurutnya kontribusi e’Batarapos sangat dibutuhkan untuk mendongkrak pundi-pundi DPK ritel Bank BTN.

Tahun ini, kedua BUMN tersebut bersinergi melakukan promosi dengan menggelar roadshow di sejumlah daerah, diantaranya Makassar (Sulawesi Selatan), Medan(Sumatera Utara), Banjarmasin(Kalimantan Selatan), Kediri(Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat) dan terakhir di Surakarta (Jawa Tengah).

“Tahun ini kami menargetkan ada 440 ribu rekening baru dengan fokus pada daerah-daerah tempat roadshow e’Batarapos digelar,” ucap Budi.

Adapun per Agustus ini jumlah rekening e’Batarapos telah mencapai lebih dari 1 juta rekening. Sementara jumlah dana yang sudah terkumpul dari eBatarapos per Agustus 2018 adalah sebesar Rp2,35 triliun, atau sekitar  54% dari target pencapaian tahun ini yang diperkirakan bisa menembus Rp4,37 triliun.

Untuk mengejar target tersebut, Bank BTN bersama PT Pos Indonesia (Persero) mengerahkan sejumlah program promosi diantaranya Pesta Sembako, Gratis Tabungan dan Kejutan Hadiah Tabungan e’Batarapos.

“Perlu ditekankan bahwa  tujuan utama e’Batarapos adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menabung itu mudah dan aman karena bisa dilakukan di 2.933 loket Kantor Pos yang sudah tersebar di seluruh Indonesia,” kata Budi.

Budi menambahkan, e’Batarapos memiliki fasilitas perbankan yang lengkap dan menguntungkan, diantaranya bisa menabung di hari Sabtu dan Minggu, dapat melakukan penyetoran dan penarikan di seluruh outlet Bank BTN, Kantor Pos maupun di mesin ATM yang tersebar luas, dapat melakukan transaksi di mobile banking, mendapatkan kartu ATM berlogo Visa  dan saldo di atas 1 Juta tidak dikenakan biaya administrasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: