Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengetahuan Bagi Pengusaha: Mengenai Riset Pasar Utama

Pengetahuan Bagi Pengusaha: Mengenai Riset Pasar Utama Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Proses untuk pemasaran produk adalah hal yang sangat penting bagi kesuksesan seorang wirausahawan. Memasarkan produk ke dalam pasar akan mudah bagi Anda apabila Anda memiliki informasi yang akurat dan kuat tentang keadaan pasar.

Dalam kutipan ini dari Disciplined Entrepreneurship Workbook, pakar kewirausahaan MIT, Bill Aulet menjelaskan bagaimana melakukan penelitian untuk mendapatkan informasi penting ini yang akan membuat proses pengembangan produk Anda bekerja:

Tujuan dari riset pasar primer

Tujuan dari riset pasar primer yang baik adalah untuk memahami pelanggan Anda dalam semua dimensi: secara rasional, emosional, ekonomi, sosial, budaya dan masih banyak lagi. 

Bukan tugas pelanggan untuk mendesain produk baru Anda. Itu adalah pekerjaan seorang pengusaha. Sebagai veteran startup dan sesama anggota fakultas MIT Elaine Chen mengatakan, pelanggan hanya ahli dalam masalah mereka, dan pengusaha adalah ahli dalam menemukan solusi untuk masalah itu. 

Komunitas wirausaha tertinggal di belakang dalam menggabungkan riset pasar primer ke dalam pembentukan startup, yang merupakan peluang yang hilang signifikan. Perusahaan yang berfokus pada pelanggan seperti Procter and Gamble dan perusahaan desain produk terkemuka seperti IDEO telah lama mempraktikkan riset pasar primer dalam proses desain yang berpusat pada pengguna.

Pengusaha harus paham betul mengenai proses pemasaran produk. Setelah mengetahui tujuan dari riset pasar primer dan mulai mempraktikkannya, Anda sebagai pengusaha ada baiknya mengetahui tiga istilah yang akan muncul dalam proses pemasaran produk Anda tersebut. Berikut ulasannya:

Riset pasar utama, riset ini terjadi ketika Anda langsung berinteraksi dengan calon pelanggan untuk mendapatkan pengetahuan khusus untuk usaha baru Anda yang potensial. 

Penelitian sekunder, materi yang Anda dapatkan dari sumber selain pelanggan potensial. Materi yang dapatkan itu tidak secara langsung. 

Penelitian kualitatif vs. kuantitatif:  Penelitian kualitatif adalah penelitian eksploratif yang membantu Anda memahami suatu topik secara umum. Penelitian kuantitatif berfokus pada pengumpulan data spesifik untuk membuktikan atau menyanggah hipotesis yang dibuat dalam fase kualitatif.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: