Portal Berita Ekonomi Kamis, 17 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:07 WIB. LG - LG G8 ThinQ bakal punya dua layar dan touchless.
  • 20:07 WIB. Asus - Asus rilis ZenBook baru, disebut lebih kecil dari MacBook Air.
  • 20:06 WIB. IMEI - Asosiasi ponsel desak pemerintah segera terapkan regulasi IMEI.
  • 20:05 WIB. Huawei - Smartphone murah Huawei Y7 Pro 2019 masuk pasar Indonesia.
  • 20:04 WIB. Pajak - Menkominfo dan Menkeu mau uji pajak online di Pulau Perbatasan. 
  • 19:37 WIB. Meizu - Meizu garap 3 ponsel Snapdragon 855, salah satunya ponsel gaming.
  • 19:35 WIB. Huawei - Jaksa AS investigasi dugaan Huawei mencuri rahasia dagang.
  • 19:35 WIB. Xiaomi - Xiaomi rambah ekosistem AIoT.
  • 19:34 WIB. Huawei - Jerman ingin singkirkan Huawei dari proyek jaraingan 5G.
  • 19:33 WIB. Facebook - Facebook bantah main licik dalam 10 Years Challenge.

12 Cara Terapkan Proses Efisien untuk Lakukan Riset Pasar

Foto Berita 12 Cara Terapkan Proses Efisien untuk Lakukan Riset Pasar
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Riset pasar perlu dilakukan untuk pengusaha yang ingin mengembangkan produknya. Namun, seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, proses riset pasar itu tidak mudah dilakukan oleh semua pengusaha.

Agar proses riset pasar berjalan dengan efisien, coba terapkan jurus jitu berikut, hasil lansiran dari entrepreneur.com:

1. Buat rencana: Tanpa rencana, Anda akan membuang waktu pelanggan potensial Anda dan mereka akan berpikir ulang untuk tetap menjadi pelanggan Anda. Anda harus memperbarui rencana secara konstan.

2. Mulailah dengan penelitian sekunder. . . tetapi tidak terlalu banyak:  Sebelum memulai, kerjakan beberapa pekerjaan rumah agar Anda tahu dasar-dasar tentang pasar. Cari tahu tentang pasar dengan pengalaman mengerjakan apa-apa seorang diri.

3. Mulailah kualitatif sebelum kuantitatif:  Anda tidak dapat menempatkan kuesioner secara kuantitatif terfokus bersama-sama sampai Anda tahu pertanyaan apa yang ditanyakan. Dalam wawancara awal Anda, fokuslah pada diskusi terbuka dengan pelanggan. Anda kemudian akan mensintesis tanggapan mereka untuk membentuk survei kuantitatif Anda.

4. Tentukan sumber kandidat untuk terlibat dan gunakan mereka sebagai acuan untuk menemukan lebih banyak kandidat: tempat terbaik untuk menemukan kandidat berada di tempat-tempat di mana pelanggan target Anda berkumpul secara fisik atau digital. Proses sumber membutuhkan kreativitas. Anda harus kreatif membuat kandidat Anda tertarik dengan pertanyaan survey yang Anda ajukan, buat mereka merasa nyaman dan senang tentunya.

5. Kontak awal:  sekarang setelah Anda memiliki daftar awal orang-orang untuk dihubungi (daftar yang harus terus tumbuh), semuanya menjadi nyata. Anda harus membujuk setiap kontak untuk memberi Anda setidaknya 15 menit waktu mereka. Ketika menghubungi kandidat tersebut, referensi seseorang yang dia kenal. Jelaskan bahwa Anda melakukan penelitian untuk mencoba membantu membuat pekerjaan atau hidupnya menjadi lebih baik. Benar-benar dalam mode penyelidikan dan bukan mode penjualan.

6. Bertingkah seperti jurnalis hebat: Jurnalis hebat memiliki teknik mendengarkan aktif yang sangat baik untuk membuat orang berbicara. Mereka memiliki suara yang positif dan sikap fisik ketika terlibat. Mereka sangat tertarik dan berempati. Mereka menggelengkan kepala dan mengatakan "ya" banyak dan tidak menghakimi. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian. 

7. Jika Anda bisa, minta dua orang melakukan wawancara: Memiliki dua orang melakukan wawancara memungkinkan satu orang berkonsentrasi sepenuhnya untuk melibatkan orang yang diwawancarai sementara yang lain mengambil catatan rinci dan mengamati sinyal non-verbal yang diwawancara. 

8. Selalu pastikan Anda mewawancarai orang yang tepat: Kumpulkan kuesioner perekrutan pendek sebagai bagian dari rencana penelitian Anda yang menyaring orang-orang yang tidak ada dalam kelompok pelanggan target Anda.

9. Anda harus terkejut:  Titik riset pasar primer kualitatif adalah mengembangkan hipotesis baru, jadi jika Anda tidak terkejut, Anda tidak mempelajari apa pun. 

10. Pindah ke kuantitatif:  Setelah Anda mengembangkan hipotesis yang signifikan yang dapat diuji, pindah untuk mulai menguji mereka dengan cara yang lebih banyak data-driven.

11. Dirasakan sebagai lawan nilai nyata:  Ada kesenjangan antara nilai nyata dan yang dipersepsikan. Kedua hal, seperti halnya kesenjangan di antara mereka. Jelajahi mereka dalam riset kualitatif dan kuantitatif Anda. 

12. Jangan selalu percaya apa yang dikatakan: Seringkali orang mengatakan hal-hal dengan niat terbaik, tetapi apa yang mereka lakukan lebih penting daripada apa yang mereka katakan.

Riset pasar ini tidak ada kata selesai bagi pengusaha yang hebat. Mereka akan terus berinteraksi dengan pelanggan dan melihat peluang baru dan menyempurnakan penawaran mereka.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Ampelsa

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6423.780 10.420 625
2 Agriculture 1585.056 4.391 21
3 Mining 1869.559 5.276 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.324 6.713 71
5 Miscellanous Industry 1416.122 3.773 46
6 Consumer Goods 2620.437 -2.533 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.732 -7.343 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1142.331 -2.336 71
9 Finance 1224.233 5.952 91
10 Trade & Service 792.311 2.820 153
No Code Prev Close Change %
1 PSDN 200 270 70 35.00
2 HOME 108 145 37 34.26
3 AGRS 374 466 92 24.60
4 SQMI 246 306 60 24.39
5 CANI 210 254 44 20.95
6 ASBI 252 300 48 19.05
7 PADI 780 920 140 17.95
8 TIRT 66 75 9 13.64
9 TNCA 183 206 23 12.57
10 CNTX 478 535 57 11.92
No Code Prev Close Change %
1 ABDA 4,480 3,360 -1,120 -25.00
2 NOBU 1,000 840 -160 -16.00
3 INCF 350 296 -54 -15.43
4 TIRA 312 270 -42 -13.46
5 BGTG 110 97 -13 -11.82
6 GLOB 545 482 -63 -11.56
7 VICO 119 107 -12 -10.08
8 SAFE 208 190 -18 -8.65
9 NIPS 398 364 -34 -8.54
10 APEX 1,295 1,190 -105 -8.11
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 VICO 119 107 -12 -10.08
3 INDY 1,935 2,090 155 8.01
4 UNTR 26,050 26,850 800 3.07
5 KPAS 224 210 -14 -6.25
6 ERAA 2,450 2,310 -140 -5.71
7 BBRI 3,780 3,810 30 0.79
8 ADRO 1,460 1,460 0 0.00
9 TLKM 3,990 3,990 0 0.00
10 BUMI 159 164 5 3.14