Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan Eceran Menggeliat di Juli 2018

Penjualan Eceran Menggeliat di Juli 2018 Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei penjualan eceran yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 2,9% (yoy) pada Juli 2018, meningkat dibandingkan dengan 2,3% (yoy) pada Juni 2018.

"Berdasarkan kelompok komoditas, meningkatnya penjualan eceran terutama didorong kinerja penjualan kelompok komoditas sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor," kata BI dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Senin (10/9/2018).

BI memperkirakan penjualan eceran tetap tumbuh stabil pada Agustus 2018. Hal itu tercemin dari IPR yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,8% (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan 2,9% (yoy) pada Juli 2018. 

"Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lain, serta barang budaya dan rekreasi," kata BI.

Adapun hasil survei mengindikasikan peningkatan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Oktober 2018). Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang menjadi sebesar 140,2 dibandingkan dengan 135,8 pada bulan sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: